Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

4 Manfaat Daun Beluntas yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

Rizki Indra
Rizki Indra
30 Sep 2021
Clock Icon
3 menit
Banyak manfaat daun beluntas yang penting untuk kesehatan tubuh.

Pernah mendengar daun beluntas? Ya, tanaman ini banyak digunakan sebagai obat herbal pada kawasan Asia Tenggara. Terutama negara Thailand, Malaysia, dan juga Indonesia. Hal ini karena beragam kandungan bioaktif yang ada di dalamnya. Bahkan, manfaat daun beluntas sudah dikenal luas bahkan sejak ratusan tahun yang lalu. Daun dengan nama latin Pluchea indica (L.) Less ini disebut-sebut dapat bantu mengatasi berbagai penyakit yang terbilang kronis. Inilah berbagai manfaat dari dari beluntas:

1. Mengontrol Kadar Gula Darah


Manfaat daun beluntas yang pertama adalah bisa menurunkan kadar gula darah dan menjadikannya tetap stabil. Pasalnya, daun beluntas dikenal mampu meningkatkan produksi serta fungsi dari hormon insulin juga menghambat pemecahan dan penyerapan gula pada usus. Meski hingga saat ini, manfaat beluntas yang satu ini masih harus dilakukan penelitian atau dikaji lebih lanjut agar benar-benar diketahui efektivitas daun beluntas untuk kadar gula darah dalam tubuh.

2. Menurunkan Kadar Kolesterol


Tak hanya dapat mengontrol kadar gula saja, jenis daun beluntas juga dikenal mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh kita. Dengan turunnya kadar kolesterol, maka tubuh bisa mampu menghindari atau meminimalisir terjadinya risiko penyakit lain seperti, hipertensi atau penyakit kardiovaskular (stroke dan jantung).


Meski demikian, untuk mendapat hasil optimal kita harus tetap menerapkan pola hidup dan asupan makanan yang sehat. Selain itu, juga sebisa mungkin menghindari kebiasaan buruk seperti merokok dan menjaga berat badan tetap dalam keadaan sehat, bugar, dan ideal.

3. Mencegah Paparan Radikal Bebas


Manfaat daun beluntas selanjutnya adalah mampu mencegah terjadinya kerusakan sel yang diakibatkan oleh paparan radikal bebas juga menghindari adanya stres oksidatif. Hal ini tentu karena pada tanaman satu ini banyak terkandung antioksidan.


Dengan mencegah kerusakan sel akibat paparan radikal bebas tersebut, kamu dapat terhindar dari berbagai risiko penyakit lainnya, seperti: kanker, jantung maupun diabetes. Tak hanya itu, kamu bisa mendapatkan manfaat daun yang satu ini dengan mengonsumsinya sebagai jamu, suplemen, atau obat herbal.

4. Mempercepat Proses Penyembuhan Luka


Manfaat daun beluntas juga dikenal mampu mempercepat proses penyembuhan luka karena bersifat antiradang dan antibakteri. Untuk itu, daun yang satu ini sudah cukup lama digunakan untuk pengobatan nyeri.


Sebetulnya, selain poin-poin di atas, masih ada banyak manfaat lain dari daun beluntas. Daun ini dikenal mampu memperbaiki sistem pencernaan, mengatasi keputihan serta nyeri juga kram pada otot. Masyarakat Indonesia sendiri lebih senang mengonsumsi daun beluntas sebagai jamu tradisional.


Perlu kamu tahu juga, bahwa dampak baik bagi tubuh yang didapat dari ekstrak daun beluntas adalah karena adanya kandungan serat, kalsium, beta karoten, antioksidan (asam klorogenat, asam kafeat, quercetin, dan flavonoid),  anti radang, antibakteri, antikanker, juga pereda nyeri alami yang terdapat didalamnya.


Itulah berbagai manfaat daun beluntas yang harus kamu tahu. Meski memiliki banyak manfaat untuk tubuh, tetap harus dilakukan penelitian lanjutan untuk membuktikan sejauh mana manfaat dari daun beluntas ini. Sehingga sebaiknya kamu berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter. Terutama sebelum mengonsumsi daun beluntas dan untuk mengetahui manfaat, dosis pasti serta disesuaikan dengan kondisi yang sedang kamu keluhkan. Dengan begitu, kamu bisa terhindar dari potensi efek samping dan bisa melakukan pengobatan herbal dengan lebih aman.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.