Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

4 Manfaat Daun Saga Bagi Kesehatan yang Belum Kamu Ketahui

Rizki Indra
Rizki Indra
04 Aug 2021
Clock Icon
4 menit
Manfaat daun saga sangat penting untuk kesehatan.
Pernah mendengar nama daun saga? Di zaman sekarang, nama daun saga memang masih sedikit asing. Dulu, daun saga sering dimanfaatkan sebagai obat tradisional yang ampuh mengobati banyak penyakit seperti demam, sakit perut, batuk, pilek, dan masih banyak lagi. Sejak tahun 1994, daun saga tercatat sebagai Inventaris Tanaman Obat Indonesia.

Tidak hanya populer di Indonesia, khasiat daun saga sebagai tanaman herbal ini nyatanya juga sudah mendunia dan terkenal di beberapa negara seperti Afrika, India, Brazil, Afganistan, Kamboja, dan lain sebagainya. Berikut daftar manfaat daun saga yang wajib kamu ketahui.

1. Membantu Mengatasi Batuk dan Sakit Tenggorokan



Sebelum muncul obat-obatan yang ada di zaman modern seperti sekarang ini, orang-orang sering menggunakan daun saga untuk mengobati batuk dan sakit tenggorokan. Seperti yang diketahui, batuk muncul karena adanya infeksi pada saluran pernapasan yang disebabkan oleh virus. Sedangkan sakit tenggorokan adalah keadaan dimana bagian tenggorokan terasa sakit, gatal hingga menimbulkan rasa seperti terbakar.
Sakit tenggorokan ini terjadi akibat adalah infeksi bakteri bernama Streptococcus yang mengganggu kinerja amandel dan tenggorokan. Untuk mengatasi kedua penyakit ini, kamu bisa mengkonsumsi daun saga. Orang zaman dulu mengkonsumsi ekstrak atau sari daun saga untuk menyembuhkan batuk dan sakit tenggorokan. Meski belum ada pengujian resmi terkait hal ini, banyak yang percaya akan khasiat daun saga sebagai obat batuk dan sakit tenggorokan.

2. Membantu Mengobati Demam



Kondisi dimana suhu tubuh seseorang melebihi batas normalnya yakni 37,5 derajat celcius atau yang lebih dikenal dengan demam merupakan salah satu penyakit yang paling umum terjadi dan disebabkan oleh adanya infeksi virus atau bakteri. Jika tidak segera diatasi, demam bisa menjadi penyebab munculnya penyakit-penyakit lain.

Mengacu pada pengobatan tradisional Cina, daun saga dapat dimanfaatkan untuk menyembuhkan demam dengan mengolahnya menjadi teh herbal atau diambil ekstraknya saja. Di Cina, daun saga cukup populer dalam hal penyembuhan demam. Namun, jika tidak tahu bagaimana cara mengolahnya, sebaiknya mencari jalur yang lebih aman yakni dengan berobat ke dokter atau minum obat dengan kandungan paracetamol.

3. Membantu Mengatasi Sakit Perut



Faktanya, daun jambu bukanlah satu-satunya obat tradisional yang sering digunakan untuk mengatasi sakit perut atau diare. Manfaat daun saga yang selanjutnya adalah sebagai obat sakit perut atau diare. Sebagian besar orang di seluruh dunia pasti pernah mengalami sakit perut.
banner consideration promotion bg blue

Gejala awal dari kemunculan penyakit ini cukup umum terjadi seperti nyeri, kram perut, hingga rasa pegal yang berlebihan. Di negara Afrika atau lebih tepatnya Afrika Timur, daun saga dapat diolah menjadi jus atau dimakan langsung untuk mengatasi sakit perut. Daun saga dapat dimanfaatkan sebagai obat sakit perut yang sudah parah, sedangkan untuk sakit perut biasa bisa disembuhkan dengan minum air putih yang cukup dan beristirahat.

4. Membantu Mengatasi Malaria



Di musim hujan seperti sekarang ini, populasi nyamuk mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Untuk itu kita harus lebih waspada agar tidak terkena penyakit malaria yang disebabkan oleh gigitan nyamuk Anopheles.

Penyakit malaria merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk pembawa parasit Plasmodium. Di Kamboja dan Nigeria, orang yang terkena malaria bisa disembuhkan dengan menggunakan daun saga. Daun saga dan akarnya diambil lalu diolah dengan menggunakan air panas untuk perawatan malaria. Meski dikenal ampuh mengobati malaria, akan lebih baik jika membawanya ke puskesmas atau rumah sakit agar bisa ditangani dengan baik.
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Demikianlah daftar manfaat daun saga yang perlu kamu ketahui. Sebagai informasi, daun saga memiliki kandungan bahan kimia berbahaya bernama abrin yang masuk dalam golongan racun berbahaya. Maka dari itu, jika tidak tahu bagaimana cara mengolahnya, sebaiknya jangan coba-coba untuk mengkonsumsi daun saga tanpa pengawasan orang yang lebih mengenalnya.
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.