4 Manfaat Menyembuhkan dari Minyak Esensial Lavender

05 Okt 2020 @ 20:48:34
Produk-produk aromaterapi, hampir tidak pernah melewatkan tanaman lavender sebagai salah satu bahannya. Bahkan tak hanya aromaterapi, tanaman lavender juga seringkali digunakan dalam produk make up.

Tanaman lavender paling banyak dimanfaatkan untuk dijadikan minyak esensial. Pemanfaatan minyak esensial lavender bukan tanpa alasan, sebab begitu banyak manfaat yang bisa didapat dari minyak esensial satu ini.

1. Membantu menyembuhkan luka

Jurnal berjudul Wound healing potential of lavender oil by acceleration of granulation and wound contraction menyebutkan minyak esensial memiliki khasiat menyembuhkan luka gores pada kulit. Penelitian yang dilakukan pada tikus, terbukti bahwa bagian luka yang diolesi oleh minyak esensial lavender secara bertahap memudar secara signifikan pada hari ke 4, 6, 8, dan 10 hari setelah dioleskan.

Sementara dikutip dari Healthline, untuk mengobati luka yang kecil dibutuhkan tiga hingga empat tetes minyak esensial lavender dicampur dengan air kelapa secukupnya. Oleskan pada bagian yang terluka. Tapi jika luka sudah sembuh, minyak esensial lavender bisa membantu menyamarkan bekas luka.

2. Menyembuhkan kulit berjerawat

Journal of Pharmacognosy & Natural Products menjelaskan bahwa minyak esensial lavender memiliki sifat antibakteri, antimikroba, antijamur, antiseptik, dan lain-lain. Itulah mengapa, minyak esensial lavender akhirnya dipercaya untuk membantu mengatasi kulit berjerawat.

Mengoleskan minyak esensial Lavender pada kulit yang berjerawat dipercaya bisa secara perlahan menyumbat pori-pori dan mengurangi peradangan karena jerawat. Cara penggunaan minyak esensial Lavender untuk mengatasi kulit berjerawat adalah dengan mencampurnya dengan minyak kelapa secukupnya, lalu oleskan pada bagian wajah yang berjerawat setelah mencuci bersih wajah.

3. Dipercaya berkhasiat dalam menurunkan tingkat stres

Jurnal berikut menjelaskan soal penelitian yang berkaitan dengan minyak lavender dan gangguan kecemasan.

Dalam penelitian tersebut melibatkan beberapa orang yang mengalami gangguan kecemasan dibagi menjadi dua kelompok. Selama 6 minggu, kelompok pertama diminta untuk mengkonsumsi obat pereda kecemasan Lorazepam. Sementara kelompok satunya diminta mengonsumsi Silexan dalam kurun waktu yang sama. Silexan sendiri adalah kapsul minyak lavender berukuran 80 miligram.

Hasilnya yang keluar adalah tingkat stres atau kecemasan para peserta ini turun dalam level yang hampir sama, yakni 45 persen dan 46 persen. Selain itu, mereka yang mencium aroma esensial lavender, biasanya lebih tenang dibandingkan mereka yang tidak.

4. Membuat nyamuk menjauh dan menyembuhkan gigitannya

Bukan hal aneh lagi jika lotion anti nyamuk selalu menggunakan lavender sebagai salah satu bahannya. Dilansir dari Healthline, minyak esensial lavender memang memiliki dua peran dalam hal ini. Pertama, membuat nyamuk menjauh karena aromanya sangat tidak disukai oleh serangga satu ini. Sementara yang kedua bisa mengurangi rasa gatal setelah gigitan.

Sebagai obat nyamuk, kamu bisa mencampur 200-300 mili liter air dengan empat tetes minyak esensial lavender, kocok sampai keduanya larut, lalu semprotkan pada tempat-tempat yang rawan didatangi nyamuk.

Itu dia beberapa manfaat hebat yang dimiliki minyak esensial lavender. Dengan begitu banyaknya manfaat tersebut, tak heran jika minyak esensial lavender banyak dicari.


Artikel Terkait

5 Manfaat Bunga Rosella untuk Kesehatan, Biasanya DIkonsumsi Jadi Teh Rosella
Bunga Rosella lazimnya diolah menjadi teh untuk mendapatkan manfaat kesehatan..
Shella Rafiqah Ully
19 Oktober 2020
Punya Banyak Manfaat, Ini 6 Tips Mudah Olahraga Jalan Sehat
Tak hanya sehat secara fisik, jalan kaki juga bisa mengurangi stres dan membantu tidur lebih nyenyak..
Shella Rafiqah Ully
15 Oktober 2020
5 Bahan Alami Ini Bisa Bantu Kamu Mengobati Sakit Tenggorokan
Sakit tenggorokan muncul dengan berbagai gejala yang bisa menghalangi aktivitas sehari-hari..
Shella Rafiqah Ully
06 Oktober 2020