Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Keluarga

4 Menu Awal MPASI yang Tepat Bagi Buah Hati Bunda

Rizki Indra
Rizki Indra
04 Aug 2021
Clock Icon
4 menit
Alpukat jadi salah satu menu awal mpasi yang wajib dicoba.
Mengetahui apa saja menu awal MPASI menjadi hal penting yang harus diperhatikan oleh para ibu. Terutama bagi ibu dengan bayi yang mulai memasuki umur 6 bulan. Pada umur ini, biasanya bayi akan mulai untuk menerima nutrisi baru pendamping ASI atau biasa disebut MPASI. Sistem pencernaan bayi yang mulai menerima makanan selain ASI menjadi kesempatan bagi para orang tua untuk melengkapi kebutuhan nutrisi bagi si kecil.

Kendati masih dalam tahap awal pengenalan makanan, para orang tua perlu memperhatikan menu apa saja yang bisa dicerna oleh si kecil. Menu awal MPASI cukup beragam asalkan bisa memenuhi kebutuhan nutrisi yang diperlukan oleh bayi. Untuk lebih jelasnya, berikut menu awal saat MPASI yang bisa bunda berikan kepada bayi. banner consideration shipping bg blue

1. Nasi Tim dengan Tambahan Sawi dan Ayam



Pertama, bunda perlu memperkenalkan nasi kepada si kecil. Bukan nasi seperti yang dikonsumsi oleh orang dewasa, melainkan nasi tim atau nasi beras yang sudah bertekstur bubur. Agar si bayi tidak bosan, tambahkan lauk berupa sawi yang direbus dan beri tambahan sedikit garam agar lebih terasa. Selanjutnya, blender ayam hingga halus. Gunakan daging ayam yang tidak mengandung banyak obat. Setelah semua bahan siap, masak menu ini sampai matang lalu berikan kepada si kecil.

2. Bubur Kentang yang Lembut



Bubur tidak hanya terbuat dari nasi saja, bunda bisa memberikan bubur yang berasal dari kentang. Jenis bubur kentang ini bisa bunda berikan saat si kecil sudah bosan dengan nasi tim yang biasa diberikan. Bahan yang perlu bunda siapkan hanya satu buah kentang dan susu formula. Pertama, kupas dan kukus kentang hingga matang. Lalu blender bersama dengan 100 ml susu formula yang bisa dikonsumsi bayi. Beri tambahan satu sendok makan tepung beras dan air secukupnya. Masak sampai matang dengan api kecil. Angkat dan hidangkan jika sudah matang.

3. Nasi Tim dengan Wortel, Kentang, dan Daging Sapi Rebus



Daging sapi memiliki kandungan nutrisi yang lebih tinggi daripada daging ayam biasa. Sebagai tahapan awal pengenalan makanan pendamping ASI, gunakan daging sapi sebagai lauk yang menjadi pendamping nasi tim. Pertama, rebus daging sapi sampai benar-benar matang dan tidak alot. Setelah itu, masukkan wortel dan kentang untuk menambah nutrisi si kecil. Wortel dan kentang dipilih karena memiliki kandungan vitamin yang baik untuk bayi.
banner consideration promotion bg blue

Kemudian, silahkan aduk sampai rata dan tunggu hingga seluruh bahan matang. Agar tidak hambar, tambahkan bumbu seperti gula, penyedap, dan garam secukupnya. Selagi menunggu lauknya matang, bunda bisa memasak nasi hingga memiliki tekstur yang lembut dan mencampurnya dengan sup daging serta sayuran yang sudah matang. Jika nasi, daging, dan sayuran sudah matang, masukkan semua bahan ke dalam blender atau food processor untuk menghaluskannya.

4. Alpukat



Tidak hanya membutuhkan nutrisi dari nasi dan sayuran saja, bayi juga memerlukan nutrisi dari buah-buahan. Alpukat bisa menjadi salah satu opsi untuk memenuhi nutrisi bayi. Alpukat memiliki kandungan gizi yang tinggi sehingga dapat membantu tumbuh kembang bayi. Mengapa alpukat lebih baik dibanding dengan buah lain?

Hal ini dikarenakan tidak semua buah dapat dijadikan pure yang layak dikonsumsi oleh bayi. Pertama, pilih alpukat yang sudah matang lalu keruk daging buahnya. Setelah itu haluskan dengan cara diblender atau dihancurkan menggunakan sendok. Campur dengan ASI atau susu formula agar anak lebih menyukai rasanya.
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Demikianlah daftar empat menu awal MPASI yang bisa bunda pilih untuk si kecil. Tahap MPASI merupakan tahap penting yang tidak boleh diabaikan begitu saja. Memenuhi nutrisi bayi lewat MPASI dengan memberikan menu-menu makanan diatas dapat menjadi langkah awal yang baik bagi nutrisi si kecil!
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.