Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Keluarga

4 Penyebab Bayi Rewel yang Harus Bunda Ketahui

Rizki Indra
Rizki Indra
04 Aug 2021
Clock Icon
3 menit
Banyak penyebab bayi rewel yang harus diketahui.
Bayi rewel adalah hal wajar sebagai media komunikasi dengan orang tua dan orang sekitar. Sebagai orang tua wajib mengetahui penyebab bayi rewel sehingga mampu menenangkannya. Selain itu ada fase bayi rewel seiring perkembangannya, diantaranya menjelang tumbuh gigi, belajar tengkurap dan lainnya.
banner consideration shipping bg blue

Penyebab Bayi Rewel yang Harus Diketahui


Saat buah hati rewel, bunda lebih khawatir. Apalagi jika buah hati menangis tanpa sebab, lain halnya dengan buah hati yang usianya sudah 5 sampai 6 tahun. Berikut ada daftar penyebab bayi rewel, diantaranya adalah:

1. Mengantuk



Mengantuk adalah penyebab utama bayi rewel, apalagi saat bayi susah tidur lantaran tengah tumbuh gigi. Sejatinya, tumbuh gigi memicu rasa nyeri pada kelapa maupun gusi sehingga sulit tidur. Anda bisa mengayun buah hati sehingga lebih tenang, selain itu memberikan sentuhan bisa dilakukan. Sentuhan pada kening bayi dengan dendangan syair maupun sholawat membuat bayi merasa nyaman. Dengan membuat bayi merasa nyaman, ia bisa tidur dengan lebih nyaman dan rewelnya bisa ditenangkan.

2. Lapar



Lapar menimbulkan rasa tak nyaman dan nyeri di bagian perut, tak heran bayi rewel karena tak mampu berkomunikasi dengan orang tua. Alhasil menangis menjadi caranya berkomunikasi, bahkan tangisan semakin keras jika orang tua tidak mengerti maksud tangisannya. Jika bayi masih diberikan ASI, berikan ASI secepat mungkin. Jika buah hati sudah menyantap makanan pendamping ASI, berikan ia sup atau cemilan khas bayi. Dengan begitu si kecil bisa mendapatkan distraksi dan asupan makanan yang bisa meredakan rewelnya.

banner consideration promotion bg blue

3. Popok Penuh



Mayoritas bayi menggunakan popok setiap hari maupun saat bepergian, terkadang orang tua tidak mengetahui popok penuh. Padahal popok penuh atau basah menjadi penyebab bayi rewel, usahakan mengecek popok sekitar 3 sampai 5 jam sekali. Dengan begitu bayi selalu nyaman melakukan aktivitas.
Selain itu bayi sering rewel di malam hari lantaran sulit tidur atau tengah sakit. Saat bayi rewel jangan sampai Anda marah, lebih baik ketahui penyebab bayi yang rewel di malam hari. Coba gendong dan buat bayi merasa nyaman, setelah diganti popoknya. Dengan begitu, rewel bayi akibat popok penuh ataupun sulit tidur bisa diredakan.

4. Gangguan Pencernaan



Buah hati sudah kenyang dan tidak mengantuk tetapi masih rewel? Justru semakin cengeng di malam hari. Biasanya terjadi rasa tak nyaman pada tubuhnya, misalnya mengalami gangguan pencernaan. Apalagi anak-anak rentan mengalami gangguan pencernaan akibat berbagai hal, misalnya melalui tangan orang tua yang tidak bersih dan hal lainnya.

Untuk mengatasinya coba berikan minyak kayu putih atau minyak telon kepada bagian perut bayi. Biasanya, dengan rasa hangat yang berasal dari minyak telon bisa meredakan gangguan perut yang sedang ia alami. Namun, jika rewel masih berlanjut atau mulai muncul tanda-tanda gangguan perut yang lebih jelas, maka berikan obat sesuai kondisi dan umur bayi. Anda juga bisa dengan segera menelpon dokter atau membawanya ke dokter apabila memang gangguan pencernaan pada bayi tidak bisa diatasi di rumah.
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Nah, itulah beberapa penyebab bayi rewel. Dengan mengetahui berbagai penyebab ini, Anda bisa mengatasi rewel pada bayi dengan lebih baik. Bijaklah menenangkan buah hati yang rewel sehingga ia nyaman, dan rewelnya bisa diredakan.
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.