Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Resep

4 Resep Tomyam Enak Gurih dan Sederhana Ala Dapur Sendiri

Rizki Indra
Rizki Indra
04 Aug 2021
Clock Icon
4 menit
Banyak variasi resep tomyam yang mudah dicoba.

Salah satu kudapan asal Thailand yang populer di Indonesia adalah tomyam. Makanan lezat ini memiliki perpaduan citarasa yang khas dan kuat dari rasa asam pedas dengan kuah gurih yang menyegarkan. Umumnya, resep tomyam berisi aneka seafood seperti cumi, udang, bakso ikan dan beberapa sayuran seperti sawi.

banner consideration shipping bg blue

Agar terasa lebih nikmat, biasanya akan diberi tambahan jamur sebagai isian. Untuk Anda yang ingin mencicipi makanan ini, berikut lima resep tomyam ala rumahan yang bisa Anda coba di rumah.

1. Tomyam Seafood


Untuk membuat tomyam seafood, Anda perlu menyiapkan tiga jenis bahan yang terdiri dari bahan kuah, bahan isian, dan bahan bumbu halus. Bahan kuah bisa Anda buat dari santan kental, serai, jahe, kaldu udang, lengkuas, kecap ikan, daun jeruk, dan garam. Setelah menyiapkan bahan kuah, Anda perlu mempersiapkan bumbu halus yang terdiri dari bawang merah, cabai rawit merah, dan cabai merah kering.

Bahan isiannya bisa Anda buat sesuai dengan selera. Sebagai referensi, Anda bisa membuat isian tomyam dari udang yang sudah dihilangkan kepalanya, cumi-cumi, jamur, jagung, cabai rawit, tomat, serai, daun jeruk, daun ketumbar, dan perasan jeruk nipis. Setelah semua bahan siap, didihkan air kaldu udang lalu masukkan semua bahan yang sudah disiapkan kecuali santan, aduk sebentar dan biarkan sampai mendidih.

Matikan api lalu saring, panaskan kembali kuah kaldu lalu tuang bumbu halus dan biarkan sampai mendidih. Setelah mendidih, tuang santan kemudian tunggu kembali hingga mendidih lagi dan masukkan bahan isian. Aduk dan biarkan sampai mendidih lalu masukkan perasan air jeruk nipis, tomat dan daun ketumbar, koreksi rasa. Jika rasa sudah pas dan tomyam matang, matikan api lalu sajikan dengan potongan daun bawang.

2. Sup Tahu Tomyam


Resep kedua yang bisa Anda coba adalah sup tahu tomyam. Untuk membuat ini Anda perlu menyiapkan beberapa bahan penting yang terdiri dari tahu putih, cabai merah, daun jeruk, jeruk nipis, pasta tomyam, seledri, serai, dan air.

Pertama, masukkan air, pasta tomyam, seledri, perasan jeruk nipis, cabai, daun jeruk, dan serai, setelah itu didihkan. Jika sudah mendidih, masukkan tahu dan biarkan hingga matang. Gunakan api kecil agar tidak gosong. Setelah matang, matikan api dan sup tahu tom yam siap dihidangkan bersama nasi hangat.

banner consideration promotion bg blue

3. Tomyam Ayam


Anda perlu menyiapkan bahan utamanya yang terdiri dari ayam, wortel, pasta tomyam, kecap ikan, jagung muda, dan bakso ayam. Untuk bumbunya, Anda perlu menyiapkan beberapa bahan yang terdiri dari bawang merah, daun jeruk, bawang putih, garam, cabai rawit, dan lada. Pertama, tumis bawang merah dan bawang putih hingga mengeluarkan bau yang harum.

Kemudian, masukkan ayam dan daun jeruk lalu tumis kembali hingga air pada ayam sedikit keluar. Setelah itu masukkan bahan lain seperti wortel, minyak ikan, air, bakso, garam, cabai, dan lada. Tambahkan pasta tomyam kemudian aduk dan biarkan hingga airnya sedikit menyusut. Terakhir, masukkan jagung muda dan masak sebentar, angkat jika sudah matang.

4. Tomyam Ayam Jamur Enoki


Resep terakhir yang bisa Anda buat adalah tomyam ayam jamur enoki. Siapkan daging ayam, pasta tomyam, telur rebus, cabai rawit, kubis, enoki, serai, garam, kaldu jamur, tomat, air, dan penyedap rasa. Pertama, rebus dulu ayam sampai mendidih lalu masukkan pasta tomyam yang telah disiapkan.

Masukkan serai dalam kuah tersebut lalu tambahkan garam, kaldu jamur, cabai, dan penyedap rasa. Terakhir, masukkan kubis, telur rebus, dan jamur enoki. Tes rasa, matikan api, lalu sajikan tomyam.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Demikianlah daftar resep tomyam yang bisa Anda coba buat di rumah. Makanan satu ini sangat cocok disajikan dengan nasi hangat yang lezat. Bagaimana? Tertarik mencoba resep ini?

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.