Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Keluarga

4 Tips Menabung untuk Membeli Rumah Di Masa Depan

Rizki Indra
Rizki Indra
23 Nov 2021
Clock Icon
3 menit
Miliki rumah di masa depan dengan beberapa tips menabung untuk beli rumah yang mudah.

Banyak orang meyakini bahwa saat ini kebanyakan orang tidak akan mampu memiliki rumah sendiri. Harga hunian yang terus naik dari tahun ke tahun, jauh lebih cepat dibandingkan peningkatan gaji yang diterima menjadi penyebab utamanya. Ditambah lagi, harga pangan yang mahal dan banyak keluarga yang masih kesulitan untuk menerapkan pola hidup hemat. Padahal, jika pengelolaan keuangan dilakukan dengan baik, membeli rumah bukanlah hal yang mustahil. Karenanya, harus mengetahui tips menabung untuk beli rumah agar bisa mewujudkan keinginan punya rumah di masa depan.

1. Membuat Rencana Keuangan dengan Rinci


Agar bisa membeli rumah kamu harus memiliki keuangan yang sehat terlebih dahulu. Salah satunya dengan membuat rencana keuangan yang detail untuk setiap pemasukan dan pengeluaran yang dilakukan. Terapkan formula 40:30:20:10, yaitu membagi uang kamu ke beberapa pos alokasi.


Sebanyak 40% uang yang dihasilkan digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, seperti makan, listrik, internet, dan lainnya, 30% dialokasikan untuk cicilan produktif, 20% bisa digunakan untuk tabungan membeli rumah, dana darurat, dan investasi. Sedangkan 10% dialokasikan untuk kebaikan, seperti berdonasi, zakat, dan sebagainya. Namun, kamu harus merealisasikan rencana keuangan yang sudah dibuat ini dengan disiplin, agar tujuan membeli rumah di masa depan dapat terwujud.

2. Memiliki Dua Rekening


Penyebab banyak orang memiliki dua rekening atau lebih adalah untuk memudahkan perencanaan keuangan yang lebih spesifik. Buatlah dua rekening dengan rekening satu untuk kebutuhan sehari-hari dan rekening yang lain untuk tabungan membeli rumah.


Memiliki dua rekening yang berbeda akan lebih memudahkan melakukan perencanaan keuangan. Selain itu, tabungan yang disiapkan untuk membeli rumah akan terhindar dari pengeluaran yang sifatnya konsumtif. Namun, gunakanlah sistem autodebet sehingga tidak perlu pusing memindahkan uang dari rekening gajian ke rekening tabungan.

3. Rutin Menabung dan Berinvestasi


Salah satu syarat penting jika ingin membeli rumah di masa depan adalah dengan menabung dan berinvestasi. Bahkan kamu harus memiliki keduanya, bukan hanya salah satunya. Sebesar apapun pendapatan yang dihasilkan, malah akan terbuang sia-sia jika tidak dialokasikan ke dua hal tersebut. Paling tidak, sisihkan 20 persen dari total pendapatan untuk menabung dan berinvestasi. Untuk melakukan investasi, cobalah beberapa instrumen seperti saham, SBN, ataupun deposito.

4. Ikuti Program KPR Jangka Panjang


Kredit Pemilikan Rumah atau KPR adalah program dari bank kepada calon nasabah berupa fasilitas kredit untuk kebutuhan membeli atau merenovasi rumah. Sampai saat ini, KPR masih menjadi program favorit masyarakat Indonesia untuk memiliki rumah impian di masa depan.


Selain itu, jika kamu masih usia muda, biasanya pihak bank memberikan durasi cicilan atau tenor yang lumayan panjang hingga 25 tahun. Adanya tenor yang panjang ini, bisa menurunkan jumlah cicilan perbulan dan DP yang harus dibayarkan. Dengan begitu, impianmu untuk memiliki rumah untuk keluarga di masa depan cepat tercapai.


Namun, risiko dari cicilan yang semakin panjang adalah beban bunga yang juga semakin besar. Tapi ini setimpal karena nilai tanah dan bangunan selalu meningkat setiap tahunnya, maka tidak masalah berhutang pada aset yang nilainya terus meningkat. Karena pada akhirnya, justru keuntungan yang didapat karena kenaikan nilai aset yang lebih besar dari bunga kredit yang harus dibayarkan.


Itulah tips menabung untuk beli rumah di masa depan yang bisa kamu coba. Dengan berbagai tips ini, semoga kamu bisa mengelola keuangan dengan lebih baik dan bisa membeli rumah pada akhirnya. Semoga bermanfaat, ya!

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.