4 Tips Sukses Jalani Bisnis Reseller di Masa Pandemi

25 Sep 2020 @ 12:14:08
Sejak pandemi COVID-19 menyerang, segala aspek kehidupan kita seakan dipaksa untuk berhenti sejenak. Tak ayal kondisi perekonomian yang awalnya baik-baik saja, kini berubah menjadi cukup mengkhawatirkan.

Segala bentuk adaptasi pun harus terus dilakukan di masa tatanan hidup yang baru ini. Salah satunya dalam menjalankan bisnis. Jika tak mampu beradaptasi dengan baik, maka bukan tak mungkin bisnis yang kamu jalani akan mengalami kebangkrutan. Apalagi bisnis yang masih bergantung pada supplier lain seperti reseller. Agar tetap bisa bertahan, setidaknya beberapa hal ini bisa kamu coba.

1. Semakin gencar melakukan promosi di media sosial

Melakukan promosi dalam menjalankan bisnis adalah hal pertama yang wajib dilakukan. Di masa pandemi seperti ini, promosi tentu menjadi hal yang harus terus gencar dilakukan. Berbagai kesempatan untuk melakukan promosi bisa kamu ambil, baik secara offline seperti dari mulut ke mulut atau secara online lewat media sosial.

Meski kondisi sedang sulit, tak ada salahnya untuk sesekali melakukan sejumlah promo seperti giveaway atau memberikan diskon kepada pelanggan. Hal ini bertujuan untuk menarik lebih banyak pelanggan untuk berbelanja di toko milikmu.

2. Mengatur kembali keuangan bisnis yang kamu jalankan

Bisnis yang sukses adalah bisnis yang mampu mengatur keuangan dengan baik. Jangan sampai pengeluaran lebih banyak dibandingkan pemasukan. Di masa pandemi ini, kamu pun perlu mengatur ulang sistem keuangan bisnis yang sedang kamu jalankan.

Kamu bisa mulai dari menulis kembali daftar pengeluaran bisnis milikmu. Lalu bandingkan dengan pemasukkan yang kamu terima. Jika pengeluaran masih dirasa terlalu besar, kamu harus mengeliminasi daftar pengeluaran yang dirasa tidak perlu atau bisa ditunda.

3. Mempertahankan hubungan baik dengan para langganan

Tanpa pelanggan setia, sebuah bisnis tidak akan bisa berjalan dengan baik. Adalah hal yang sangat menguntungkan jika kamu sudah memiliki langganan yang selama ini setia berbelanja di tokomu.

Oleh karena itu, di samping tetap mencari pelanggan baru, kamu harus tetap menjalin hubungan yang baik dengan para pelanggan setia bisnismu. Karena pelanggan-pelanggan setia inilah yang nanti membantumu di masa-masa sulit. Caranya adalah dengan terus meningkatkan pelayanan agar mereka betah berbelanja di tokomu.

4. Jaring pembeli yang lebih luas, lewat digital ads

Dengan kemajuan teknologi, beriklan tak lagi cuma bisa dilakukan dengan cara yang biasa. Seiring dengan perkembangan media sosial, maka berkembang pula yang dinamakan digital ads. Platform media sosial seperti Facebook dan Instagram kini memiliki yang dinamakan Facebook ads dan Instagram ads. Lewat sana kamu bisa mengiklankan bisnismu dengan memanfaatkan algoritma kedua media sosial tersebut.

Dengan begitu, iklan bisnismu bisa menjangkau lebih luas calon pelanggan. Semakin luas jaringan iklan yang kamu buat, maka semakin besar pula kamu memiliki pelanggan baru

Salah satu program reseller yang bisa kamu ikuti adalah program Wiranilo dari Lemonilo. Di samping minim risiko, kamu juga bisa mendapatkan keuntungan besar sekaligus bisa menyehatkan Indonesia lewat program ini. Yuk, tunggu apalagi?

Artikel Terkait

5 Kiat Sukses Berwirausaha dari Co-Founder Lemonilo Buat Inspirasi Kamu, Nih!
Salah satunya adalah penting mengetahui keunikan produk yang kamu jual ke konsumen..
Shella Rafiqah Ully
16 Oktober 2020
Kisah Hansel Tenujaya: Reseller Lemonilo yang Kini Sukses Berwirausaha
Hansel memulainya dengan modal kecil dan berjualan barang-barang kebutuhan Lebaran di marketplace..
Shella Rafiqah Ully
09 Oktober 2020
6 Penyebab Stres saat Berwirausaha dari Rumah, Kenali Penyebabnya!
Psikolog Adisti F. Soegoto menjelaskan penyebab stres yang banyak dialami mereka yang berwirausaha dari rumah..
Shella Rafiqah Ully
02 Oktober 2020