5 Alasan Mengapa Anda Sulit Menurunkan Berat Badan

Sudah 2018 dan masih belum berhasil menurunkan berat badan? Anda tak perlu khawatir apalagi menyalahkan diri sendiri. Di tahun yang baru ini, mulailah untuk mencari tahu apa penyebab gagalnya diet yang Anda jalankan. Bisa jadi metode yang dijalankan sembarangan ataun pola makan yang masih belum tertata dengan baik.

banner consideration shipping bg blue

Untuk memudahkan Anda, Moni mau menjelaskan mengenai 5 alasan mengapa Anda sulit menurunkan berat badan.

1. Makan Terlalu Sedikit

Siapa yang menyangka kalau makan terlalu sedikit dapat buat Anda sulit menurunkan berat badan? Pada dasarnya, tubuh memiliki fungsi alamiah untuk melindungi dirinya sendiri. Dalam hal ini, ketika tubuh tak mendapatkan asupan makanan yang cukup, metabolisme tubuh akan bekerja secara lambat dan pembakaran lemak serta kalori di dalam tubuh tidak berjalan dengan normal. Alhasil, Anda akan kesulitan menurunkan berat badan karena lemak dalam tubuh Anda tidak terbakar secara maksimal. 
Selain itu, makan terlalu sedikit membuat proses pemecahan gula di dalam darah oleh insulin menjadi sedikit lebih lambat. Hasilnya, kadar gula Anda akan lebih cepat naik daripada ketika Anda makan dengan teratur. Berikut adalah tips agar Anda dapat makan lebih teratur:
  • Buatlah jurnal harian tentang makanan apa saja yang telah Anda konsumsi. Jurnal ini mencegah Anda makan berlebihan dan kekurangan. 
  • Pada jurnal tersebut, Anda juga bisa menuliskan menu dan rencana daftar makanan yang akan Anda makan selama seminggu ke depan.

2. Pemilihan Makanan yang Buruk

Pernahkah Anda merasa bahwa menu yang Anda makan adalah menu yang kurang baik untuk diet Anda? Secara umum, bukan hanya jumlah asupan makanan yang berpengaruh bagi berat badan Anda, namun kualitas dari makanan yang Anda makan juga perlu diperhatikan. Makanan dengan kualitas baik atau yang mengandung banyak nutrisi bukan hanya menyehatkan tubuh, tapi juga mudah diserap oleh tubuh Anda. Jika sari makanan mudah diserap, pembakaran lemak dan kalori dalam tubuh dapat berjalan dengan baik.  
Bagaimana memilih makanan dengan kualitas baik? Untuk menentukan baik tidaknya kualitas sebuah makanan, Anda bisa mulai menilainya dengan beberapa cara berikut ini: 
  • Lihat penampilannya. Makanan yang berkualitas baik tentunya tidak berwarna pucat dan terlihat segar. Selain itu, untuk buah dan sayur, kandungan air di dalamnya masih tergolong cukup dan kaya. Selain itu, makanan berkualitas baik tentunya punya aroma yang segar dan nikmat. 
  • Lihat bahan pembuatan. Makanan yang berkualitas baik tentunya bebas dari bahan kimia berbahaya 3P (Pengawet, Perasa, dan Pewarna buatan) dan MSG. 
  • No Junk Food. Sudah jadi rahasia umum kalau junk food memang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi. Selain tak ada nutrisi di dalamnya, junk food terlalu banyak mengandung lemak jahat yang tentunya tidak baik dikonsumsi tubuh Anda. 

3. Kurang tidur dan Banyak Begadang

Tak hanya demi tenaga dan energi yang cukup untuk beraktivitas, tidur cukup juga membantu Anda dalam menurunkan berat badan. Kekurangan tidur membuat tubuh memiliki sugesti bahwa Anda sedang lapar. Hasilnya, Anda akan terus mencari makanan untuk memuaskan sugesti lapar Anda. Selain itu, kekurangan tidur dapat meningkatkan risiko mengalami obesitas.  

banner consideration promotion bg blue

 
Tak hanya kurang tidur, kebanyakan tidur pun akan membuat hormon yang mengontrol nafsu makan dan rasa lapar terganggu. Selain itu, jika jam tidur terganggu, Anda akan lebih mungkin untuk melewatkan rutinitas olahraga Anda karena tubuh sudah terlalu letih. Oleh sebab itu, usahakan untuk tidur selama kira-kira 8 jam serta bangun dan tidurlah di waktu yang sama setiap harinya. 

4. Kurang Aktivitas Fisik

Banyak penelitian yang membuktikan bahwa olahraga membantu Anda dalam menurunkan berat badan. Olahraga rutin membuat pembakaran kalori dan lemak di dalam tubuh berlangsung dengan maksimal. Sebaliknya, kurang olahraga akan menghambat proses pembakaran kalori dan lemak sehingga mengakibatkan Anda sulit untuk menurunkan berat badan. 
Untuk Anda yang ingin mulai berolahraga secara rutin, tak perlu ke gym atau membeli berbagai macam peralatan olahraga. Anda cukup melakukan beberapa hal berikut ini: 
  • Mulailah dari hal sederhana seperti memilih untuk naik tangga daripada lift atau eskalator. 
  • Angkat berat juga dapat membantu mempertahankan dan menambah massa otot alhasil mempercepat metabolisme serta mencegahnya agar tidak turun.
  • Berolahraga kardio seperti jogging, lari, dan berenang juga cocok Anda lakukan karena olahraga ini dapat menurunkan lemak visceral yang berbahaya jika menumpuk pada organ. 

5. Sering Minum Minuman yang Mengandung Gula

Minuman manis tentunya memang nikmat, namun berhati-hatilah dalam mengonsumsi minuman bergula. Minuman dengan kandungan gula yang tinggi dapat menjadi residu di dalam tubuh Anda sehingga menyebabkan bertambahnya berat badan.
Selain itu, berhati-hatilah juga dengan minuman yang berlabel “sehat” atau mengandung buah karena walau terlihat sehat, kadar gulanya mungkin sama saja dengan minuman lain yang tidak sehat. Pilihlah air putih sebagai minuman Anda karena air putih dapat menurunkan berat badan dengan meningkatkan pembakaran kalori hingga 30%.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Nah, setelah mengetahui beberapa hal di atas, apakah Anda semakin termotivasi untuk menurunkan berat badan Anda? Tenutnya usaha dan kerja keras Anda diperlukan untuk mencapai berat badan ideal Anda. Berbarengan dengan itu, jadikanlah Lemonilo sebagai partner setia Anda untuk mendapatkan produk sehat terbaik.  
Privacy Notice

Ikuti media sosial kami