Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

5 Alasan Sering Merasa Lapar yang Wajib Kamu Ketahui

Rizki Indra
Rizki Indra
07 Aug 2021
Clock Icon
3 menit
Kondisi sering merasa lapar bisa terjadi kepada siapa saja

Ketika seseorang sering merasa lapar, sesungguhnya tidak selalu menunjukkan bahwa tubuhnya membutuhkan makanan. Namun karena bisa jadi disebabkan oleh hal lainnya. Untuk itu sebaiknya kamu lebih bijak dalam mengatasinya dengan mengetahui apa saja yang menjadi pemicu rasa lapar yang berlebihan. Pada umumnya rasa lapar dikategorikan menjadi dua jenis, yaitu lapar karena kondisi fisik dan lapar karena kondisi psikologis.


Lapar fisik akan terjadi secara bertahap dan berkaitan dengan jenis dan jumlah makanan yang terakhir kali dikonsumsi. Sedangkan untuk lapar psikologis terjadi karena dipicu oleh keadaan psikis seseorang, seperti rasa cemas, stres, atau bosan. Rasa lapar yang disebabkan keadaan psikologis dapat menyebabkan seseorang mengonsumsi makanan secara berlebihan.


Ketika kondisi tersebut terjadi dalam jangka waktu yang lama akan meningkat risiko obesitas dan kenaikan berat badan secara berlebih. Berikut ini beberapa alasan yang memicu kamu sering merasa lapar.

1. Tubuh Kurang Asupan Serat


Ketika seseorang lebih banyak mengonsumsi makanan rendah serat akan membuatnya merasa sering lapar. Itu terjadi karena tubuh lebih cepat menyerap jenis-jenis makanan yang rendah serat. Sedangkan pada makanan berserat tinggi lebih lama diserap oleh sistem pencernaan. Sehingga kamu akan merasa kenyang lebih lama, selain itu juga asupan serat yang tercukupi dapat mempengaruhi pelepasan hormon pengurang nafsu makan.

2. Tubuh Kurang Asupan Lemak Baik


Lemak baik biasanya diperoleh dari bahan makanan yang mengandung asam lemak omega-3. Kandungan asam lemak omega-3 dapat ditemukan di beberapa jenis ikan, seperti tuna, makarel, dan salmon. Ketika seseorang kekurangan asupan lemak baik, akan membuatnya mudah merasa lapar. Itu karena lemak baik dapat membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Tidak hanya itu lemak baik yang kamu konsumsi akan meningkat produksi hormon pemicu rasa kenyang.

3. Kurang Minum Air Putih


Air putih memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Asupan air putih yang tercukupi akan membantu menjaga sistem pencernaan. Air putih yang diminum sebelum makan akan membuat kamu merasa lebih kenyang dan menurunkan rasa lapar yang berlebihan. Untuk itu sebaiknya ketika merasa lapar cobalah untuk minum air putih satu hingga dua gelas untuk memastikan apakah rasa lapar yang muncul hanya karena kekurangan cairan.

4. Mengonsumsi Karbohidrat Olahan


Ketika seseorang mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung karbohidrat olahan cenderung akan lebih sering merasa lapar. Makanan dan minuman yang mengandung karbohidrat olahan diantaranya ialah pasta, roti, dan soda. Makanan tersebut tidak mengandung vitamin, mineral, dan serat. Sehingga memicu cepat rasa lapar pada seseorang.

5. Makan Terlalu Cepat


Kebiasaan seseorang yang makan terlalu cepat biasanya akan lebih cepat merasa lapar daripada seseorang yang makan dengan cara perlahan-lahan. Sebuah penelitian menyatakan bahwa seseorang yang makan terlalu cepat umumnya memiliki nafsu makan yang lebih besar. Serta cenderung mengonsumsi makanan secara berlebihan. Hal tersebut membuat berkurangnya frekuensi mengunyah dan berkurangnya kesadaran saat mengonsumsi makanan.


Itulah beberapa alasan mengapa seseorang sering merasa lapar yang biasanya terjadi pada sebagian besar orang. Dari informasi ini, bisa diketahui bahwa sering merasa lapar bukan berarti tubuhmu benar-benar membutuhkan makanan. Tapi karena beberapa alasan tertentu. Maka dari itu, jika merasakan kondisi ini kamu bisa berkonsultasi ke dokter untuk mengetahui penyebab dan cara penanganannya dengan tepat.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.