Download Aplikasi Lemonilo
Butuh Bantuan?
Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

5 Bahan Alami Ini Bisa Bantu Kamu Mengobati Sakit Tenggorokan

Shella Rafiqah Ully
Shella Rafiqah Ully
06 Oct 2020
Clock Icon
2 menit
5 Bahan Alami Ini Bisa Bantu Kamu Mengobati Sakit Tenggorokan
Sakit tenggorokan bisa muncul dengan berbagai gejala, seperti gatal, panas, hingga sakit saat menelan makanan dan cairan. Gangguan kesehatan ini bisa menghalangi aktivitas sehari-hari.

Bahkan, jika tidak segera ditangani, sakit tenggorokan bisa menjadi lebih serius. Berbagai gejala sakit tenggorokan yang dirasakan pun semakin menjadi.

Jika belum sempat untuk berkonsultasi ke dokter, sakit tenggorokan bisa diobati di rumah dengan menggunakan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan.

Dilansir dari Healthline, berikut adalah 5 cara mengobati sakit tenggorokan dengan bahan-bahan alami: 

1. Madu

Madu yang dicampur dengan teh atau langsung dikonsumsi sendiri merupakan cara mengobati sakit tenggorokan yang sudah sangat umum.

Sebuah studi menemukan, madu bahkan lebih efektif untuk meredakan batuk di malam hari dibandingkan obat batuk. Studi lainnya menyebut bahwa madu merupakan penyembuh luka yang efektif sehingga madu dapat membantu mempercepat penyembuhan sakit tenggorokan.

2. Air garam

Berkumur dengan air garam hangat sangat terkenal mampu mengobati sakit tenggorokan. Hal ini disebabkan air garam yang mampu membunuh bakteri di tenggorokan.

Cara mengobati sakit tenggorokan dengan air garam adalah mencampurkan setengah sendok teh garam dengan satu gelas air hangat. 

Gunakan cairan tersebut untuk berkumur guna mengurangi pembengkakan dan menjaga kebersihan mulut dan tenggorokan.

3. Teh kamomil

Teh kamomil sangat terkenal berkhasiat untuk menenangkan. Teh kamomil telah lama digunakan untuk pengobatan, salah satunya adalah mengobati sakit tenggorokan. Banyak digunakan sebagai pengobatan sakit tenggorokan, teh kamomil mengandung sifat anti-inflamasi, antioksidan, dan zat lainnya.

Beberapa studi mengatakan, menghirup uap teh kamomil mampu membantu meredakan gejala pilek, termasuk sakit tenggorokan.

Meminum teh kamomil juga bisa memberikan efek yang sama. Selain itu, teh kamomil mampu merangsang sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi.

4. Cuka sari apel

Cuka sari apel memiliki banyak kandungan alami yang digunakan sebagai antibakteri. Sejumlah penelitian menunjukkan, efek antimikroba dalam cuka sari apel mampu memerangi infeksi.

Karena sifatnya yang asam, cuka sari apel mampu memecah lendir di tenggorokan dan menghentikan penyebaran bakteri.

Cara mengobati sakit tenggorokan dengan cuka sari apel bisa dilakukan dengan mencampurkan satu atau dua sendok makan cuka sari apel dengan satu cangkir air. Gunakan larutan tersebut untuk berkumur.

Kemudian, minum sedikit larutan tersebut dan ulangi seluruh proses satu hingga dua kali per jam. Pastikan kamu meminum banyak air putih saat berkumur.

5. Bawang putih

Cara mengobati sakit tenggorokan yang berikutnya adalah menggunakan bawang putih yang dikenal memiliki sifat antibakteri alami.

Bawang putih mengandung allicin, yakni senyawa organosulfur yang dikenal mampu melawan infeksi. Untuk mengobati sakit tenggorokan, disarankan untuk mengisap satu siung bawang putih.

Jangan lupa untuk menambahkan bawang putih segar ke makananmu untuk mendapatkan khasiat antimikroba dari bawang putih.
Komentar
Belum ada komentar.
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.