Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

5 Bahaya Keramas Setiap Hari yang Wajib Kamu Ketahui

Rizki Indra
Rizki Indra
12 Sep 2021
Clock Icon
3 menit
Banyak dampak bahaya keramas setiap hari yang wajib diketahui dan dihindari.

Rambut adalah bagian tubuh yang perlu perhatian khusus, karena ada banyak sekali gangguan atau masalah yang datang pada mahkota kepala ini. Cara untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala adalah dengan mencuci rambut dengan benar, bukan dengan keramas setiap hari. Sayangnya, masih banyak orang yang belum mengetahui bahaya keramas setiap hari.


Kebersihan rambut memang penting, namun jika dicuci setiap hari justru membahayakan rambut dan kulit kepala. Hal ini karena rambut bisa memproduksi minyak setiap hari. Minyak atau sebum tersebut sangat bermanfaat untuk kesehatan rambut. Jika mencuci rambut setiap hari maka produksi sebum jadi terganggu dan akan menjadi masalah baru untuk kesehatan rambut serta kulit kepala. Agar lebih jelas, berikut ini bahaya keramas setiap hari yang perlu diketahui:

1. Rambut Kering


Ketika sering keramas maka rambut yang biasanya memproduksi minyak atau sebum malah jadi kering. Rambut yang kering ini merupakan salah satu masalah yang tidak bisa diremehkan. Jika rambut kering maka akan ada banyak masalah rambut yang lain datang nantinya. Hal ini dikarenakan lapisan minyak pada rambut dan kulit kelapa terus menurun karena efek dari sering keramas.

2. Warna Rambut Memudar


Bahaya sering keramas berikutnya adalah warna rambut lebih cepat pudar. Ini bisa dialami oleh siapa saja yang suka mewarnai rambut terutama dengan metode bleaching. Agar warna rambut buatan bisa bertahan lebih lama maka hindari untuk mencuci rambut setiap hari. Untuk rambut tanpa pewarna buatan pun juga nantinya bisa membuat warna rambut jadi cepat berubah atau pigmentasinya terganggu.

3. Rambut Kusam


Rambut kusam biasanya terjadi jika rambut kering tidak diatasi dengan baik. Rambut yang kulit kepalanya kering serta bagian rambut yang juga tidak terdapat sebum akan terlihat lebih kusam. Rambut dan kulit kepala yang sering dicuci akan kekurangan minyak yang seharusnya bisa membuat kulit kepala sehat dan rambut berkilau.

4. Rambut Bercabang


Bahaya sering keramas lainnya adalah rambut bercabang. Ini diakibatkan dari kekeringan pada bagian batang rambut. Minyak alami yang diproduksi rambut dan kulit kepala setiap hari apabila berlebihan akan menjadi masalah baru, namun jika jadi kering dan tidak ada minyak yang cukup juga menjadi pemicu rambut bercabang.

5. Rambut Lepek


Saat rambut kering tidak diatasi dan masih melakukan keramas setiap hari, maka efek yang muncul adalah rambut lepek. Hal ini dikarenakan rambut dan kulit kepala malah akan memproduksi minyak berlebih dan tidak normal untuk mengatasi kekeringan yang terjadi akibat sering keramas Jika sudah begini, maka rambut akan cepat lepek dan lebih berisiko munculnya ketombe.


Untuk bisa mendapatkan rambut dan kulit kepala yang sehat sebaiknya lakukan keramas dengan tepat. Bahaya keramas setiap hari bisa dihindari dengan cara mencuci rambut minimal 2 kali dalam satu minggu. Untuk yang rambutnya sangat tebal bisa melakukan keramas 3 kali dalam satu minggu.


Ada berbagai macam jenis rambut, yaitu halus dan tipis. Untuk jenis rambut tersebut sebaiknya lakukan keramas 2 kali dalam satu minggu. Itu sudah sangat cukup untuk menjaga kebersihan kulit kepala dan rambut. Bagi yang usianya juga sudah tergolong berumur sebaiknya jangan terlalu sering keramas, agar tidak terjadi kerontokan rambut yang parah. Dengan memperhatikan waktu keramas yang baik dan benar, bahaya keramas setiap hari bisa dihindari.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.