Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Tips Wirausaha

5 Bisnis Sampingan yang Bisa Dikerjakan oleh Ibu Rumah Tangga

Rizki Indra
Rizki Indra
04 Aug 2021
Clock Icon
4 menit
Raih kesuksesan dengan memulai bisnis sampingan.
Sebagai ibu rumah tangga, tugas utama yang harus dilakukan adalah mengurus keluarga. Namun, menjalankan bisnis sampingan bisa menjadi pilihan bagi ibu rumah tangga yang tetap ingin berkarir sambil tetap menjalankan perannya sebagai ibu.  Terlebih di zaman yang serba dipermudah dengan teknologi saat ini. Memanfaatkan berbagai kesempatan bisnis tentu tidak boleh dilewatkan, bahkan sambil mengurus anak sekalipun. Lalu, bisnis apa saja yang bisa dilakukan ibu rumah tangga?

1. Bisnis Kue dan Camilan



Hobi baking atau membuat aneka jenis kue kering yang manis? Hobi satu ini sangat mungkin dijadikan sumber penghasilan lho. Terlebih di momen-momen tertentu seperti menjelang Hari Raya Idul Fitri. Tentunya mendapat pesanan kue kering menjadi lebih mudah dilakukan.
banner consideration shipping bg blue

Peralatan yang dibutuhkan untuk bisnis kue kering tidak ribet jika untuk pemula. Anda bisa menggunakan oven, alat mixer, cetakan kue, dan lainnya sebagai modal awal. Selain itu, perhatikan pula trend cemilan kekinian yang banyak dicari orang-orang. Anda tinggal mencari resepnya, membuat tester, dan menawarkannya ke banyak orang. Jangan lupa manfaatkan media sosial juga untuk melakukan promosi ya.

2. Penulis Freelance atau Penulis Lepas



Jika Anda tidak ingin pergi ke kantor setiap pagi dengan jam tertentu, pekerjaan freelance bisa menjadi pilihan. Berbagai bidang freelance bisa dilakukan sesuai minat dan bakat yang dimiliki. Untuk ibu rumah tangga, salah satu yang cocok dilakukan adalah menjadi penulis lepas.  Tidak perlu banyak modal untuk memulai bisnis sampingan ini kok. Bahkan untuk modal utama berupa laptop tidak perlu dengan spesifikasi yang tinggi. Pastikan pula koneksi internet lancar untuk mencari referensi menulis yang valid.

Saat ini Anda bisa menjual jasa menulis artikel di berbagai situs freelance. Tidak hanya itu, tawarkan pula jasa yang dimiliki di berbagai platform sosial media. Lebih bagus lagi jika memiliki portofolio tulisan yang bisa ditunjukkan.

3. Reseller atau Dropshipper



Apakah Anda sudah tahu bedanya dropship dan reseller? Singkatnya, keduanya sama-sama  menjual produk dari distributor lalu menjualnya secara online. Bedanya, kebanyakan dropshipper tidak membutuhkan modal awal untuk menyediakan stok barang.
banner consideration promotion bg blue
Sedangkan reseller harus stok produk yang dibeli terlebih dahulu di distributor terpercaya. Baik reseller atau dropshipper, keduanya merupakan kesempatan bisnis menjanjikan saat ini. Bahkan untuk dilakoni oleh seorang ibu rumah tangga sekalipun sangat mudah.

4. Jasa Make Up



Punya hobi merias diri dan punya koleksi make up? Bisnis satu ini memang sedang trend saat ini. Anda bisa memanfaatkan momen seperti wisuda, pernikahan, dan acara lainnya dengan menawarkan jasa make up.

Terlebih saat ini pelatihan menjadi make up artist cukup mudah ditemui. Anda bisa mengikuti kursus make up terlebih dahulu yang biasanya tidak membutuhkan waktu yang lama. Jika sudah ahli, Anda bisa menawarkan jasa rias wajah ini lewat teman terdekat maupun melalui sosial media.

5. Katering Masakan



Punya keahlian memasak tentu tidak boleh disia-siakan. Bisnis katering masakan bisa menjadi solusi yang tepat untuk ibu rumah tangga. Siapa bilang bisnis ini tidak bisa dikerjakan di rumah? Anda bisa memanfaatkan peralatan memasak di dapur untuk membuat katering masakan.
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green
Terlebih jika menguasai berbagai resep populer seperti rendang, sate, nasi kuning, dan lain-lain. Tidak perlu khawatir, Anda juga bisa memperdalam keahlian memasak lewat secara online. Setelah itu, mulailah bisnis katering dan tawarkan jasa ke lingkungan terdekat untuk berbagai acara.

Menjalani bisnis sampingan memang bisa menjadi solusi menambah penghasilan untuk ibu rumah tangga. Terlebih jika bidang bisnis tersebut juga merupakan hobi Anda. Seperti bisnis yang telah disebutkan di atas, pilihlah yang sekiranya paling sesuai dijalani. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat berbisnis!
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.