5 Cara Agar Si Kecil Tetap Sehat Selama Swa-Karantina, Orang Tua Juga Bisa Ikutan Nih!

26 Mar 2020 @ 18:53:42

Pandemi coronavirus membawa perubahan besar dalam kehidupan kita. Self isolating dan social distancing diterapkan untuk mengurangi penyebaran virus yang lebih luas. Kegiatan work from home dan distance learning jadi upaya yang diterapkan berbagai kantor maupun sekolah saat ini. Meskipun semua dilakukan di rumah, kita tetap perlu menjaga kesehatan kita secara fisik dan mental. Daya tahan tubuh yang baik diharapkan dapat melindungi diri dan keluarga dari berbagai penyakit, tidak hanya virus corona. 


Ya, menjaga kesehatan idealnya memang tidak hanya dilakukan ketika pandemi ini terjadi tapi juga harusnya secara konsisten setiap hari. Edukasi dan melibatkan si kecil dalam pola hidup sehat merupakan investasi jangka panjang, karena ia dapat menerapkannya sampai dewasa kelak. Ketika kita ingin anak untuk menjalankan hidup sehat, tentunya kita sebagai orang tua juga harus menjadi role model untuk anak. Lalu, apa saja cara atau kegiatan bersama si kecil yang bisa kita lakukan agar tetap sehat di rumah selama swa-karantina? 




1. Pelangi di Piringku

Sajikan berbagai macam sayur dan buah dengan warna-warna yang berbeda dan semenarik mungkin sehingga anak tertarik untuk memakannya. Lemoparents tetap perlu memperhatikan asupan gizi yang seimbang dalam menyiapkan makanan. Bagi anak yang menolak sayur tertentu, Lemomoms dan Lemodad bisa coba mengolahnya dengan cara berbeda. Misal anak yang menolak tumis wortel, Lemomoms bisa menyiasatinya dengan menyisipkan wortel dalam saus bolognaise untuk dimakan bersama pasta. 


Selain menyajikan berbagai jenis makanan sehat, Lemoparents juga perlu memperhatikan bahan-bahan yang digunakan untuk memasak. Sebaiknya bijak dalam penggunaan garam dan gula ya, hindari makanan yang mengandung pengawet, penguat rasa buatan, pewarna buatan, dan zat aditif lainnya. 


2. Makan bersama si kecil

Banyak penelitian yang menunjukkan manfaat dari kegiatan makan bersama keluarga. Mulai dari asupan gizi yang lebih baik, pola makan yang lebih teratur, sampai kondisi sosio-emosional yang lebih baik dibanding keluarga yang tidak makan bersama. Jika Lemoparents membiasakan untuk sarapan bersama keluarga, hal ini dapat mengurangi kemungkinan terlewatnya waktu makan di pagi hari dan menambah jumlah waktu yang berkualitas bersama si kecil.




3. Olahraga yang Menyenangkan

Lakukan kegiatan olahraga bersama anak, baik di dalam maupun di sekitar rumah. Lemomoms bisa melakukan yoga bersama anak, bersepeda di sekitar rumah, bermain bola bersama, zumba sambil si kecil menonton video zumba dan olahraga praktis lainnya. Pastikan kegiatan ini menyenangkan dan sesuai dengan usia mereka. Moms juga bisa lakukan permainan yang ‘memaksa’ tubuh bergerak, seperti main petak umpet, main kejar-kejaran bersama anak, atau lomba lompat kodok dan lompat kelinci. Moms mungkin tidak menyangka bahwa aktivitas tersebut menguras tenaga, tapi dapat dipastikan lebih seru dan menyenangkan dibanding treadmill.


4. Berjemur bersama

Terpapar sinar matahari pagi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Lemoparents dapat mengajak si kecil jalan-jalan di sekitar rumah atau berjemur sambil bermain bola atau bermain bubble di halaman rumah. 




5. Orangtua sebagai role model hidup sehat

Orangtua merupakan role model utama bagi anak untuk menjalankan hidup sehat. Selain kita ikut makan makanan sehat bergizi seimbang dan rutin olahraga, penting juga bagi kita menjaga hidup sehat dengan tidak merokok, mengurangi atau menghindari junk food atau minuman yang tidak sehat (minuman bersoda, minuman dengan kadar gula tinggi, atau alkohol).


Nah, itu dia 5 hal yang Lemoparents bisa lakukan untuk menjaga fisik si kecil tetap sehat selama swa-karantina dan social distancing. Mengisi waktu bersama si kecil dengan olahraga dan main bersama juga bisa membantu memecah kebosanan selama kita di rumah aja, lho. Semoga tipsnya bermanfaat ya, Lemomoms dan Lemodad!



Artikel Terkait

5 Manajemen ASIP untuk Ibu Bekerja Agar Stok ASI Tercukupi
Memerah ASI juga membutuhkan manajemen yang baik agar jumlah yang diproduksi mencukupi kebutuhan bayi..
Shella Rafiqah Ully
18 September 2020
Perempuan Mandiri Secara Finansial? Ini 3 Keuntungannya!
Kamu bisa bergabung di program Wiranilo untuk mendapatkan penghasilan sendiri dan mandiri secara finansial..
Shella Rafiqah Ully
17 September 2020
Ulang Tahun Rafathar, Nagita Slavina Ajarkan Pola Hidup Sehat untuk Sang Buah Hati
Harapan Gigi dan Raffi, Rafathar bisa tumbuh meenjadi anak yang sehat dan bahagia..
Shella Rafiqah Ully
04 September 2020