Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Keluarga

5 Cara Ampuh Merencanakan Tabungan Pendidikan Anak

Rizki Indra
Rizki Indra
04 Aug 2021
Clock Icon
3 menit
Tabungan pendidikan sangat penting untuk masa depan anak.
Sebagai orang tua, Anda memiliki tanggung jawab dalam mempersiapkan pendidikan yang baik untuk sang buah hati. Mempersiapkan tabungan pendidikan adalah salah satu upaya yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kualitas pendidikan anak di masa depan. Sayangnya, bagi sebagian orang manfaat tabungan pendidikan belum disadari dengan baik. Padahal tabungan ini penting sekali agar ketika anak mencapai usia sekolah, tidak perlu lagi bingung akan biayanya. Berikut ada beberapa cara untuk menyiapkan Rencana pendidikan anak.
banner consideration shipping bg blue

1. Rencanakan Pendidikan Anak



Merencanakan pendidikan anak akan lebih baik jika dilakukan mulai sekarang. Bisa juga ketika anak masih di kandungan. Dengan merencanakan pendidikan ini akan memiliki pengaruh yang besar pada biaya pendidikan yang harus dikeluarkan nantinya. Salah satu contohnya ketika sang anak masuk ke sekolah negeri, biaya yang dikeluarkan akan lebih kecil dibanding swasta. Karena ada subsidi pemerintah. Jika memang Anda merencanakan anak masuk ke sekolah swasta favorit makan harus menabung lebih dini untuk pendidikan.

2. Menghitung Biaya Pendidikan dengan Rinci



Masing-masing sekolah memiliki aturan dan biaya pendidikan yang berbeda-beda. Ketika Anda sudah merencanakan pendidikan anak, lakukan survey ke sekolah yang diinginkan. Biaya yang didapatkan ditambah dengan kenaikan sebesar 10-15% per tahunnya.

Contoh penghitungannya adalah sebagai berikut:

Jika anak Anda saat ini berusia 2 tahun dan biaya masuk TK sebesar Rp 5 juta. Jika kita menggunakan asumsi kenaikan biaya pendidikan sebesar 10%/tahun, maka 3 tahun lagi untuk bisa masuk TK harus menyiapkan dana sebesar Rp 5 juta x 1,1 x 1,1 x 1,1 = Rp 6.655.000.

Agar bisa mencukupi biaya tersebut maka perlu menabung Rp 6.655.000:36 = Rp 184.861 setiap bulan selama 3 tahun kedepan. Namun biaya tersebut belum termasuk seragam, SPP, buku, dan biaya lainnya.
banner consideration promotion bg blue

3. Cermati Pilihan Investasi Pendidikan



Semakin meningkatnya biaya pendidikan membuat banyak perusahaan jasa yang mengeluarkan produk investasi pendidikan. Tentunya masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihannya. Hal yang perlu Anda pastikan adalah sesuaikan investasi dengan rencana dan anggaran yang dimiliki. Pelajari terlebih dahulu setiap jenis investasi yang ditawarkan. Jika perlu konsultasikan dengan ahlinya atau orang yang kompeten. Apabila ada hal yang belum dimengerti jangan ragu untuk bertanya, terutama tentang perhitungan investasi.

4. Lakukan Investasi Pendidikan



Setelah Anda menemukan pilihan investasi yang sesuai, segera lakukan dan jangan menunda terlalu lama. Hal ini berkaitan dengan kenaikan biaya serta tingkat inflasi yang pasti terjadi. Pemilihan tabungan pendidikan lebih cenderung digunakan untuk biaya jangka pendek. Sedangkan untuk biaya pendidikan yang sifatnya jangka panjang, misalnya 10 tahun lagi lebih baik mempertimbangkan investasi jenis properti atau reksadana. Pemilihan investasi ini akan lebih menguntungkan karena nilainya semakin lama semakin naik.

5. Diversifikasi Dalam Investasi



Hampir semua investasi memiliki faktor resiko. Tabungan pendidikan mungkin memiliki resiko paling kecil, namun hasil yang didapatkan juga kecil. Investasi saham mampu memberikan keuntungan besar, tapi resiko juga besar bahkan kehilangan dana. Gunakan dua jenis investasi berbeda agar lebih aman.
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green
Merencanakan pendidikan memang penting. Tabungan pendidikan menjadi salah satu solusi agar bisa mengatur dan merencanakan jenis pendidikan yang diinginkan. Sebelum melakukan investasi pendidikan akan lebih baik jika banyak mempelajari dan berkonsultasi dengan ahlinya. Semoga informasi ini bermanfaat dan jangan lupa untuk segera menyiapkan tabungan untuk pendidikan anak ya!
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.