Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

5 Cara Ini Bisa Menghilangkan Jerawat di Punggung, Dicoba Ya!

Rizki Indra
Rizki Indra
13 Oct 2021
Clock Icon
3 menit
Cara menghilangkan jerawat di punggung penting dilakukan dengan baik dan benar.

Jerawat memang sering muncul pada tempat yang tidak menyenangkan, salah satunya adalah punggung. Apalagi jika sampai meradang dan menyebar, rasanya sangat tidak nyaman ketika menggunakan baju. Untuk itu, kamu bisa mencoba beberapa cara menghilangkan jerawat di punggung.


Namun, sebelum mengetahui bagaimana cara menghilangkannya, kamu harus memahami bahwa jerawat merupakan tumpukan kuman yang bercampur dengan minyak kulit di dalam pori-pori. Jadi, ini bukanlah penyakit asing, hanya kontaminasi bakteri atau kuman yang menyebabkannya menggumpal dan meradang. Beberapa cara ini bisa kamu lakukan untuk menghilangkan jerawat di punggung. Simak di bawah ini, Lemonizen.

1. Menjaga Kebersihan Area Punggung


Selain mandi teratur dan menggosok punggung sampai bersih, kamu juga harus sering berganti pakaian. Hindari memakai baju yang sama lebih dari 12 jam atau ketika baju sudah basah oleh keringat. Selain itu, cara menghilangkan jerawat di punggung bagi yang memiliki keringat berlebih adalah dengan memakai kaus dalam yang menyerap keringat. Sehingga, tumpukan kotoran di permukaan kulit bisa diminimalisirkan.

2. Lakukan Perawatan Kulit di Punggung


Area satu ini memang sering terlupakan dan jarang terjamah perawatan. Untuk itu, cobalah untuk luluran atau eksfoliasi di bagian ini. Bisa dengan beragam rempah atau menggunakan lulur yang memiliki scrub agar sempurna mengangkat sel-sel mati serta kotoran di sana.

3. Gunakan Sabun Ramah Kulit Berminyak


Pemicu jerawat memang ada banyak, salah satunya adalah produk-produk yang memicu produksi minyak berlebih. Misalnya saja, jenis sabun dengan pH basa, membuat kulit kesat. Akan tetapi, risiko lain yang dihadapi adalah berlebihnya produksi kelenjar minyak.


Untuk itu, pilih jenis sabun yang ber-pH netral. Selain itu, komposisinya tetap melembapkan seperti argan oil, castor oil, dan sedikit bahan sejenis ammonium lauryl sulfate. Karena bahan ini menyebabkan banyak busa yang mengikis kelembaban alami kulit.

4. Jaga Pola Makan Sehat


Terdengar klasik bukan? Akan tetapi cara menghilangkan jerawat di punggung ini cukup efektif untuk sebagian orang yang memiliki siklus hormonal kurang baik. Meningkatnya hormon stres akan memicu kulit bekerja lebih keras lagi dan ini menyebabkan minyak yang diproduksi berlebih.


Kalau sudah berlebih, maka rawan menyumbat pori-pori dan bakteri Cutibacterium acnes, Staphylococcus aureus, dan juga Staphylococcus epidermidis penyebab jerawat akan tumbuh subur. Dengan demikian, pola makan memang berperan dalam penyebab munculnya jerawat.

5. Bersahabat Dengan Asam Salisilat


Pada kondisi tertentu, memang jerawat yang memburuk sangat mengganggu penampilan dan kenyamanan. Untuk itu, gunakanlah asam salisilat sebagai perawatan atau pertolongan pertama. Selain harganya terjangkau, produk kecantikan dengan kandungan ini pun mudah ditemui.


Bahan satu ini bermanfaat untuk meredakan inflamasi, mengikis penebalan kulit dan yang terpenting adalah kemampuannya dalam eksfoliasi sangat membantu kulit untuk cepat bersih. Produk ini bisa kamu jumpai dalam sediaan bentuk salep atau serum kecantikan.


Demikianlah lima cara yang bisa kamu lakukan sebagai cara menghilangkan jerawat di punggung. Agar semua cara di atas efektif, perhatikan pola hidup sehat, sebab makanan, kelelahan, dan kebersihan tubuh memegang peranan penting dalam mencegahnya. Tidak lupa, kamu juga bisa berkonsultasi ke dokter jika kondisi jerawat memburuk.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.