Download Aplikasi Lemonilo
Butuh Bantuan?
Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Tips Wirausaha

5 Cara Manfaatkan Momentum Harbolnas Untuk Naikkan Omset Jualan

Shella Rafiqah Ully
Shella Rafiqah Ully
13 Nov 2020
Clock Icon
3 menit
5 Cara Manfaatkan Momentum Harbolnas Untuk Naikkan Omset Jualan
Hari Belanja Online Nasional atau yang sering disingkat Harbolnas kini menjadi hari yang semakin dinanti oleh banyak orang. Baik para konsumen maupun para pelaku usaha. Khusus bagi para pelaku usaha, momen harbolnas harus dimanfaatkan dengan baik untuk membantu mendongkrak omset penjualan.

Dan inilah beberapa cara yang bisa dicoba para pebisnis yang ingin memanfaatkan momen Harbolnas. Jangan sampai kurang persiapan ya!

1. Pastikan stok barang cukup atau lebih banyak dari biasanya

Saat Harbolnas tiba, tidak menutup kemungkinan jumlah pembeli yang berkunjung ke tokomu akan berkali-kali lipat lebih banyak dari biasanya. Tak heran, potongan harga dan promo lainnya yang diberikan saat Harbolnas tentu akan lebih banyak menarik minat para calon konsumen.

Kemungkinan jumlah pembeli yang akan membludak inilah yang membuatmu harus memastikan stok barang aman. Kamu juga bisa menyediakan stok barang lebih banyak dari biasanya. Karena jangan sampai saat Harbolnas, barang yang kamu jual cepat sold out.

2. Meski memberi diskon besar-besaran, tetap hitung dengan teliti agar tidak rugi

Harbolnas banyak menarik perhatian tentu karena banyaknya potongan harga atau diskon yang diberikan oleh para penjual toko online. Jika kamu pemilik bisnis yang juga akan mengikuti Harbolnas, tentunya kamu harus memberikan diskon pada barang-barang daganganmu.

Namun pastikan, potongan harga yang kamu berikan tidak membuat merugi. Break even point tetap harus dipertimbangkan atau balik modal, serta margin keuntungan.

Margin keuntungan di momen Harbolnas bisa kamu ambil lebih kecil dari biasanya. Sebab biasanya dalam Harbolnas, keuntungan yang didapat bisa lebih kecil namun penjualan lebih ramai dibandingkan hari-hari biasanya. Jika kamu memiliki perhitungan yang tepat, bukan tak mungkin keuntungan saat Harbolnas bisa menyamai hari biasa meski margin keuntungan kecil.

3. Beri harga yang lebih menarik bagi calon konsumen

Penentuan harga tentu harus menampilkan angka yang menarik agar para calon pembeli tergiur untuk belanja. Harga 100ribu tidak akan lebih menarik dibandingkan dengan 99ribu. Hal ini disebut dengan psikologi harga. Karena konsumen cenderung melihat angka depan saat membandingkan harga.

4. Lakukan promosi dari jauh-jauh hari

Meski momen Harbolnas sudah dikenal banyak orang dan diiklankan oleh perusahaan e-commerce, tapi kamu juga perlu untuk mempromosikan toko yang kamu miliki. Kamu bisa mengiklankan promo dan diskon apa saja yang akan kamu berikan saat Harbolnas nanti. Sehingga para calon konsumen bisa aware dengan produk-produk yang tokomu tawarkan.

Promosi yang kamu berikan juga tak melulu soal potongan harga, tetapi juga bisa promo bundle yang juga tak kalah menarik.

5. Jalin kerjasama dengan berbagai pihak

Selain potongan harga, gratis ongkir juga menjadi salah satu daya tarik saat Harbolnas. Kamu bisa menjalin kerja sama dengan pihak ekspedisi yang bisa memberi potongan ongkir atau malah gratis ongkir.

Tak hanya itu, kamu juga bisa menjalin kerja sama dengan bank dan berbagai platform pembayaran online untuk memberikan potongan harga jika bertransaksi dengan salah satu platform tersebut.

Harbolnas pertama kali diadakan pada tanggal 12 Desember 2012 oleh sejumlah e-commerce yang ada di Indonesia. Acara ini bertujuan untuk memberi edukasi kepada masyarakat bahwa belanja online adalah hal yang sangat mudah.
Komentar
Belum ada komentar.
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.