Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Keluarga

5 Cara Melatih Konsentrasi Anak untuk Meningkatkan Kecerdasannya

Rizki Indra
Rizki Indra
18 Jul 2021
Clock Icon
3 menit
Banyak cara melatih konsentrasi anak yang mudah diterapkan di rumah.

Cukup banyak orang tua yang belum memahami bagaimana cara melatih konsentrasi anak agar bisa lebih fokus belajar. Apalagi di masa pandemi yang sudah terjadi lebih dari setahun ini anak-anak tidak sekolah dan belajar online dari rumah. Tanpa adanya konsentrasi yang bagus bisa-bisa prestasi akademiknya menurun karena sulit memahami materi pelajaran.


Sebenarnya melatih konsentrasi bukan hanya dibutuhkan oleh anak-anak yang sudah bersekolah saja melainkan juga untuk si kecil yang masih balita. Dengan melatih kemampuan konsentrasi pada anak maka mereka akan terbiasa dan menjadi lebih mudah mempelajari sesuatu. Anak dengan tingkat konsentrasi lebih baik pada biasanya juga lebih cerdas.


Melatih kemampuan konsentrasi kepada anak-anak sebenarnya tidak terlalu sulit bahkan bisa dilakukan melalui kegiatan sehari-hari. Bagaimana caranya? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Permainan untuk Melatih Konsentrasi


Cara melatih konsentrasi anak bisa dilakukan dengan permainan yang menyenangkan. Gunakan beberapa jenis permainan yang bisa meningkatkan kemampuan konsentrasi anak seperti puzzle, menyusun balok-balok dan permainan angka atau huruf.

Cara ini efektif digunakan sebagai metode untuk melatih kemampuan konsentrasi pada anak yang berusia 2 tahun hingga 4 tahun. Saat si kecil sudah berumur 3 atau 4 tahun bisa ditambahkan dengan mengajaknya berenang karena aktivitas tersebut akan menstimulasi indera sensoris dan konsentrasinya.

2. Pembagian Waktu Bermain dan Belajar


Anak lebih sulit berkonsentrasi kemungkinan karena dia sudah merasa kelelahan setelah mengikuti materi pelajaran di sekolah. Agar konsentrasi mereka bisa kembali bagus sebaiknya berikan waktu untuk beristirahat dan bermain sebentar. Jangan paksa si kecil untuk terus-terusan belajar karena itu akan membuat mereka lelah dan bosan yang mengakibatkan menurunnya tingkat konsentrasi.

3. Pembatasan pada Gadget


Kalau diamati dengan baik kebanyakan anak menjadi tidak konsentrasi belajar karena fokusnya pada hal yang lain seperti gadget. Tidak bisa dipungkiri bahwa anak-anak zaman sekarang meskipun baru berumur 5 tahun sudah banyak yang kecanduan dan tidak bisa lepas dari gadget.


Sebagai orang tua sejak dini harus menerapkan pembatasan waktu yang tegas bagi anak-anak untuk mengakses gadget agar tidak mengganggu kegiatan penting lainnya seperti belajar. Berikan waktu hanya 1 jam saja per hari untuk bermain gadget atau pada hari Minggu saja.  Terlalu sering mengakses gadget selain mengganggu konsentrasi juga bisa menyebabkan depresi dan hal buruk lainnya pada anak.

4. Tingkatkan Kualitas Tidurnya


Sulit konsentrasi bisa disebabkan oleh kurangnya waktu tidur si kecil. Kalaupun secara kuantitas durasi jam tidurnya cukup mungkin kualitasnya yang tidak bagus. Nah. Oleh sebab itu sebaiknya mulai perbaiki kualitas tidur si kecil agar konsentrasinya bisa kembali.

Buruknya kualitas tidur pada anak menyebabkan masalah pada fungsi kognitifnya yang berakibat pada kesulitan untuk memperhatikan dan mengingat sesuatu serta menurunnya konsentrasi. Kualitas tidur si kecil bisa diperbaiki dengan cara :

  • Atur suhu kamarnya senyaman mungkin
  • Tidur dan bangun pada jam yang relatif sama termasuk saat hari libur.
  • Jauhkan gadget dan matikan televisi setidaknya 1 jam sebelum jam tidurnya.

5. Penuhi Kebutuhan Nutrisinya


Anak yang sulit untuk berkonsentrasi biasanya juga dipengaruhi oleh kurang baiknya asupan nutrisi ke dalam tubuhnya. Makanan yang mengandung gula tinggi dan lemak jahat termasuk penyebab menurunnya konsentrasi. Perbaiki nutrisi anak dengan memberikan mereka makanan yang bergizi dan bagus untuk kesehatannya misalnya susu dan telur. Makanan dengan kandungan omega-3 juga membantu meningkatkan kemampuan konsentrasi pada anak.

Itulah berbagai cara melatih konsentrasi anak. Selain cara melatih konsentrasi anak yang telah disebutkan diatas masih ada beberapa metode lainnya seperti memberikan tugas kecil tiap hari dan mengajarkan disiplin pada anak. Dengan konsentrasi yang terlatih dan terjaga, proses belajar pada anak juga bisa lebih optimal dan bisa meraih prestasi dengan lebih maksimal.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.