Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Tips Wirausaha

5 Cara Memulai Bisnis Online bagi Seorang Pemula

Rizki Indra
Rizki Indra
04 Aug 2021
Clock Icon
3 menit
Usaha makin sukses dengan menerapkan cara memulai bisnis online yang benar.

Dewasa ini, bisnis online menjadi salah satu cara untuk mendapatkan penghasilan yang paling banyak diminati, terutama oleh para anak muda. Banyak hal yang harus dipersiapkan agar bisnis online bisa sukses. Untuk Anda yang pemula dalam bisnis, berikut cara memulai bisnis online yang bisa Anda terapkan.

banner consideration shipping bg blue

1. Pahami Lebih Dulu Produk yang Akan Dijual


Pertama, Anda perlu paham dulu terkait dengan produk yang akan dijual. Pasalnya, paham atau tidaknya Anda terhadap suatu produk akan ikut menentukan kesuksesan bisnis tersebut. Anda harus tahu secara mendetail perihal produk tersebut agar lebih mudah dalam memasarkannya. Selain itu, pemahaman ini akan membantu Anda untuk mengetahui kualitas dari produk tersebut.

Dengan begitu, Anda bisa menentukan harga jual produk. Tidak hanya paham dari segi produk saja, Anda juga perlu memahami segmen pasar yang akan ditempati. Setiap orang memiliki selera pasar yang berbeda-beda sehingga Anda membutuhkan pemahaman detail terhadap produk yang akan dijual agar bisa memenuhi permintaan dari pelanggan.

2. Melakukan Riset Pesaing


Dalam dunia bisnis, pesaing adalah salah satu hal yang tidak bisa dihindari. Pesaing bisa menjadi salah satu alasan bisnis Anda kurang berkembang karena kalah dari persaingan pasar. Untuk meminimalisir terjadinya hal ini, Anda perlu melakukan riset pesaing lebih dulu.

Anda bisa mulai dengan mencari tahu bagaimana kondisi pasarnya, kualitas produk, harga, hingga strategi marketing yang diterapkannya. Cari tahu mengapa pelanggan sangat menyukai produk yang dijual oleh pesaing. Setelah itu, bandingkan dengan produk Anda. Lalu bangun branding yang kuat agar bisa mengungguli bisnis pesaing Anda.

Kekurangan dari pesaing bisa Anda jadikan senjata untuk menyalipnya. Tetapkan harga produk yang lebih terjangkau untuk menarik minat para pelanggan. Berikan kualitas terbaik untuk pelanggan agar bisa mendatangkan lebih banyak peminat.

3. Mencari Supplier yang Terpercaya


Supplier atau pemasok juga turut memegang peranan penting dalam perkembangan sebuah bisnis online. Anda harus pandai-pandai dalam mencari supplier agar bisnis yang Anda jalankan bisa lebih untung. Cari supplier sebanyak-banyaknya untuk memilih mana pemasok yang menawarkan barang berkualitas tinggi dengan harga murah. Harga yang ditetapkan akan jauh lebih murah jika Anda berhasil menemukan supplier yang tepat. Anda bisa mengajukan macam kerjasama baik sebagai reseller maupun dropshipper.

banner consideration promotion bg blue

4. Membangun Branding yang Kuat


Brand atau merek juga turut mempengaruhi keputusan pelanggan untuk membeli sebuah produk. Banyak pelanggan yang membeli suatu produk karena ‘nama’ atau merek yang dimilikinya. Meskipun bisnis yang Anda jalankan berkonsep online, brand tetap menjadi salah satu hal yang penting.

Setelah menemukan nama brand yang bagus, Anda perlu melakukan branding untuk membuatnya lebih dikenal. Proses membangun branding yang kuat memang bukan perkara mudah. Anda perlu memberikan pengetahuan terkait dengan keunggulan, harga, dan kualitas produk.

5. Rajin Berpromosi


Untuk membuat bisnis Anda lebih dikenal oleh pelanggan, Anda perlu rajin-rajin berpromosi. Promosi bisa dilakukan baik secara offline maupun online. Anda bisa melakukan promosi offline dengan cara membagikan brosur atau menempel poster. Untuk pemasaran online bisa Anda lakukan melalui media sosial dan marketplace. Saat ini, sudah banyak marketplace yang bisa digunakan seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, dan masih banyak lagi.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Demikianlah cara memulai bisnis online untuk pemula yang bisa Anda ikuti. Melakukan bisnis online memang membutuhkan persiapan sekaligus strategi yang matang. Diharapkan, berbagai tips ini bisa membantu Anda untuk menjalankan bisnis online yang sukses.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.