Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Tips Wirausaha

5 Cara Memulai Bisnis Online dari Nol, Wajib Tahu!

Rizki Indra
Rizki Indra
15 Okt 2021
Clock Icon
3 menit
Cara memulai bisnis online dari nol mudah dilakukan pengusaha pemula.

Banyaknya pengguna internet yang tersebar di seluruh dunia memberikan peluang untuk menjalankan bisnis secara online. Selain menjanjikan penghasilan yang tinggi, berbisnis secara online sangat disukai karena bisa dilakukan dari mana saja. Sebelum memulainya, kamu harus mengetahui cara memulai bisnis online dari nol agar bisa berhasil.


Memulai bisnis online memang tidak semudah yang dikira, karena tidak hanya sekadar mengunggah foto produk dan menyertakan deskripsinya di media online. Namun, bukan berarti tidak bisa kamu lakukan. Simak cara memulai bisnis online seperti berikut:

1. Tentukan Jenis Bisnis Online


Ada banyak bisnis online yang bisa dilakukan dan tidak hanya menjual barang saja. Sebelum memutuskan untuk membangun bisnis online, cari tahu jenis bisnis apa yang tepat untuk kamu. Jika ingin mengetahui bisnis online paling umum yang bisa jadi pertimbangan, inilah dia:

  • E-commerce, ini adalah bisnis yang paling banyak dilakukan orang. Di sini kamu menjual produk melalui situs web, toko online, dan atau media sosial.
  • Produk digital, tidak hanya produk fisik, kamu juga bisa menjual produk digital seperti e-book atau template desain.
  • Affiliate Marketing, di sini kamu dapat menjual produk milik orang lain dan mendapatkan komisi.
  • Konsultan, jika kamu memiliki keterampilan yang dibutuhkan, maka membuka jasa konsultasi online bisa menjadi peluang bisnis yang tepat.
  • Bisnis berbasis media sosial. Jika follower kamu berjumlah banyak, maka kamu dapat memonetisasi follower misalnya dengan menyediakan konten berbayar.

2. Mengenali Kebutuhan Pelanggan


Memahami kebutuhan pelanggan sangat penting karena bisnis online yang kamu bangun harus mampu memenuhi kebutuhan tersebut. Ada beberapa yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui kebutuhan pasar, antara lain adalah:

a. Melakukan Riset Terhadap Pesaing

Pelajari produk atau layanan yang diberikan kepada pelanggan, kebutuhan apa yang dipenuhi oleh pesaing, dan apakah sejalan dengan ide kamu. Hal ini akan memberikan pandangan tentang apa yang dicari pelanggan kamu.

b. Melakukan Riset Pasar

Riset pasar akan memberikan informasi tentang yang sedang hangat dibicarakan. Hasil riset dapat memberikan pandangan tentang arah bisnis dan apakah ide kamu sesuai dengan pasar.

c. Survei Pelanggan

Ini adalah cara terbaik untuk mendapatkan informasi langsung tentang apa yang diinginkan dan dibutuhkan pelanggan. Selanjutnya kamu bisa mencari tahu bagaimana bisnis dapat memenuhi keinginan dan kebutuhan tersebut.

3. Memiliki dan Mengembangkan Produk Atau Layanan


Kamu harus memiliki produk atau layanan untuk dijual, ini yang utama. Jadi sebelum memulai bisnis online, pastikan untuk memiliki dan mengembangkan produk atau layanan yang unggul daripada pesaing kamu.

4. Membangun Merek


Luangkan waktu untuk membangun merek agar menonjol dan menarik perhatian. Buatlah merek yang mencerminkan misi, nilai bisnis, dan kepribadian produk atau layanan kamu. Selanjutnya buatlah identitas merek yang tampak secara visual, seperti logo, yang mudah dikenali dan dihafal oleh pelanggan.

5. Membuat Situs Web


Situs web adalah aspek utama dalam bisnis online. Situs web merupakan tempat pelanggan untuk mengenal bisnis dan mempelajari produk serta layanan kamu. Akhirnya, jika tertarik, pelanggan akan memutuskan untuk melakukan bisnis dengan kamu.


Cara memulai bisnis online dari nol tidak bisa dilakukan dengan instan. Banyak tahapan yang harus kamu lalui untuk mampu menjual secara efektif. Pastikan bahwa produk atau layanan yang kamu jual sesuai dengan kebutuhan dan membuat pelanggan tertarik untuk membelinya. Semoga dengan tips ini, bisnis yang kamu rintis bisa berjalan dengan lancar ya, Lemonizen!

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.