5 Cara Mengatasi Anak Balita Masuk Angin

02 Jul 2020 @ 15:22:59
Anak Balita yang masuk angin memang sudah tidak menjadi hal baru lagi. Perut kembung alias masuk angin yang biasanya terjadi pada balita membuatnya rewel, dan terkadang membuat orang tua bingung harus melakukan apa untuk menghentikan tangisnya. Untuk itu, kenali tanda dan cara mengatasi anak masuk angin berikut ini. 

1. Tidurkan Anak Perlahan



Ada banyak sebab mengapa balita sering masuk angin. Salah satunya, bisa jadi dari makanan atau minuman yang dikonsumsi oleh ibunya. Hal ini sering terjadi pada bayi maupun balita yang masih minum ASI. Oleh karena itu, sebagai ibu sebaiknya kita lebih memperhatikan lagi jenis dan porsi makanan yang kita konsumsi agar tidak menyebabkan perut kembung pada anak.

Jika anak terus saja menangis karena masuk angin, ibu bisa menidurkannya perlahan. Letakkan tubuh bayi di atas kasur dengan posisi telentang. Angkat kedua kakinya dan gerakan seperti seseorang yang sedang mengendarai sepeda. Gerakan ini bertujuan membantu mengeluarkan gas dari perut bayi.

2. Pijat Perut Anak Perlahan



Balita yang masuk angin juga bisa disebabkan dari makanan yang dikonsumsinya. Pada bayi yang berusia 6 bulanan dimana sudah memasuki fase makan, orang tua harus memperhatikan setiap jenis makanan yang dikonsumsi anak. Jangan berlebihan memberikan sayuran yang membentuk gas setelah dicerna seperti kubis, kembang kol, brokoli, bawang, atau kentang.

Cara mengatasi anak masuk angin dan terus-terusan rewel bisa memijat perutnya secara perlahan searah jarum jam. Pijatan dari ibu ini akan membuat anak tenang dan membantu mengeluarkan gas berlebih yang terdapat dalam perut anak, sehingga dapat tidur nyenyak.

3. Usap Punggung Anak



Pada anak bayi tidak dianjurkan untuk mengonsumsi minuman selain ASI, seperti susu formula, air putih, maupun jus. Hal ini karena pada pencernaan bayi yang masih belum bisa mencerna kandungan gula buah atau fruktosa yang terdapat dalam jus. Kondisi ini pulalah yang bisa membuat perut bayi kembung dan rentan rewel.
Mengusap punggung anak dengan meletakkannya di kedua paha ibu bisa membantu mengatasi masuk angin. Saat mengusap punggung anak ini, pastikan posisi perut menghadap ke bawah atau telungkup. Ini bisa menjadi salah satu cara mengatasi anak masuk angin yang cukup efektif. 

4. Susui Anak dengan Posisi Tegak



Memberi anak dengan dot yang tidak pas juga bisa membuat perutnya menjadi kembung. Hal ini karena anak akan lebih banyak menyerap udara daripada susu formula yang ada di dalam botol. Bukannya menenangkan anak, hal ini justru akan membuat si kecil rewel karena menimbulkan masalah perut, seperti kembung atau sakit perut.

Jika anak rewel karena masuk angin, ibu bisa menyusuinya dengan posisi sedikit tegak. Posisi ini berguna agar susu dapat secara perlahan dan lancar masuk ke dalam perut sehingga tidak menimbulkan masalah perut untuk anak.

5. Susui Anak Sebelum Lapar



Cara mengatasi anak masuk angin selanjutnya dapat diakali dengan ibu menyusui terlebih dahulu bayi sebelum dia merasa lapar. Hal ini juga bisa meminimalkan kemungkinan perut kembung pada bayi akibat masuk angin. Karena pada saat bayi sudah menangis kelaparan, dia cenderung menelan angin lebih banyak yang justru semakin membuat udara masuk ke dalam perutnya lebih banyak.

Itulah kelima cara mengatasi anak masuk angin. Selain menggunakan cara-cara di atas, tidak ada salahnya jika ibu memberikan bayi minyak telon agar tubuh menjadi tenang dan hangat. 


Artikel Terkait

Klarifikasi Atta Halilintar dan Aurel Sempat Bertengkar, Ternyata Rebutan Mie Lemonilo!
Atta juga menyiapkan makan malam romantis dengan hidangan mie instan Lemonilo kesukaan aurel..
Shella Rafiqah Ully
23 September 2020
Wow, Sehat bareng Keluarga A6! Gowes Sambil Keliling Pantai di Bali
Aktivitas bersepeda yang dilakukan keluarga Hermansyah tentunya memberi banyak manfaat kesehatan..
Shella Rafiqah Ully
22 September 2020
5 Manajemen ASIP untuk Ibu Bekerja Agar Stok ASI Tercukupi
Memerah ASI juga membutuhkan manajemen yang baik agar jumlah yang diproduksi mencukupi kebutuhan bayi..
Shella Rafiqah Ully
18 September 2020