5 Cara Mengatasi Bayi Menangis Tiap Malam, Wajib Tahu

Cara mengatasi bayi menangis tiap malam perlu dipelajari para orang tua baru. Menangis adalah cara bayi dalam melakukan komunikasi dengan orang sekitar terutama orang tuanya. Bayi yang menangis artinya ada sesuatu yang dirasakan pada dirinya seperti rasa yang tidak nyaman. Untuk bayi baru lahir biasanya akan menangis 1 sampai 3 jam sekali, frekuensinya akan mulai berkurang jika usia bayi bertambah.

Hal ini tentunya menjawab rasa penasaran para orang tua baru mengapa bayi selalu terjaga di malam hari. Meski bayi menangis setiap malam itu wajar namun sebagai orang tua sudah seharusnya membantu bayi untuk bisa tidur nyenyak di malam hari. Lalu, bagaimana cara mengatasi bayi menangis tiap malam?

1. Menggendong Bayi

Cara paling pertama adalah dengan menggendong bayi yang menangis saat malam di tengah tidurnya bisa jadi karena ia terbangun akibat kaget. Dengan cara menggendongnya bisa membantu bayi tenang dan kembali tidur. Bagi ibu yang lelah karena sudah seharian mengurus si kecil bisa bergantian dengan ayah untuk menggendong si kecil supaya nyaman dan tidak menangis lagi.

2. Memberikan Susu

Bayi menangis juga bisa dikarenakan rasa lapar. Wajar jika bayi sering menangis meminta susu karena masih dalam masa pertumbuhan yang intens. Perlu diketahui kalau ada masa percepatan pertumbuhan pada bayi biasanya di usia 2 minggu, 3 minggu, 6 minggu, dan 3 bulan. Saat masa pertumbuhan yang intens tersebut bayi akan lebih manja kepada orang tuanya. Lebih cepat merasa lapar dan tidak mau turun dari gendongan.

3. Mengeluarkan Gas Pada Perut Bayi

Cara mengatasi bayi menangis tiap malam selanjutnya adalah dengan mengeluarkan gas yang ada di perut bayi. Perlu diketahui bahwa bayi lebih sering mengalami kondisi perut kembung. Tidak bisa bersendawa dan tidak bisa kentut akan membuat perut jadi tidak nyaman sehingga tidurnya di malam hari terganggu dan menjadi rewel.

Untuk itu, setiap selesai menyusu bayi harus digendong dalam posisi tegak, lalu pijat punggungnya secara lembut agar bisa sendawa. Selain itu, bisa juga dengan memberikan minyak telon atau kayu putih pada area punggung dan perut agar saluran pencernaannya lancar.

4. Mengganti Popok

Cara mengatasi bayi menangis tiap malam yang lain adalah dengan memeriksa popok si kecil. Biasanya popok yang basah dan kotor akan membuat bayi merasa risih dan tidak nyaman sehingga ia menangis. Untuk itu coba cek popok bayi jika memang sudah penuh segera ganti dengan yang baru dan bersih. Dengan begitu, bayi bisa merasa nyaman dan tidak menangis lagi.

5. Mengatur Ruangan Bayi Agar Nyaman

Memperhatikan kenyamanan kamar bayi juga penting agar bayi bisa tidur nyenyak dan tidak menangis setiap malam. Usahakan lampu tidak terlalu terang atau menggunakan lampu khusus untuk tidur, lalu pastikan suasananya tenang sehingga bayi tidak terganggu saat tidur.

Cara mengatasi bayi menangis tiap malam ini pada intinya perlu dicari tahu terlebih dahulu penyebab bayi menangis. Menenangkan bayi yang rewel di malam hari juga membutuhkan kesabaran. Pastikan untuk tidak panik ketika mendengar tangisan bayi. Hal ini tentu sudah sangat normal memiliki bayi baru lahir yang lebih sering terjaga di malam hari. Nanti setelah usianya bertambah tangisan di malam hari berkurang dan hilang dengan sendirinya. Tetap semangat, Lemoparents!

Privacy Notice

Ikuti media sosial kami