Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Keluarga

5 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi Bunda

Rizki Indra
Rizki Indra
07 Jan 2021
Clock Icon
3 menit
Hidung tersumbat pada bayi jadi masalah yang harus diatasi.
Ketika bayi bunda mengalami pilek pasti akan lebih rewel dari biasanya karena mengalami hidung tersumbat. Kondisi tersebut terjadi karena terjadinya penumpukan cairan atau lendir ingus dalam hidung bayi. Tidak hanya itu, ketika bayi bunda mengalami pilek, pembuluh darah dan bagian dalam hidung mereka mengalami pembengkakan.

Sebab itulah, bayi bunda menjadi lebih rewel karena kesulitan bernafas melalui hidung sehingga bayi bunda akan bernafas melalui mulutnya yang membuat dia merasa tidak nyaman. Biasanya bayi yang mengalami hidung tersumbat akan susah untuk disusui, kondisi tersebut pasti cukup membuat bunda di rumah merasa khawatir.

Meskipun bukan penyakit serius yang berbahaya, namun harus cepat diatasi. Agar bayi kembali bernafas dengan normal, dan kembali menyusu seperti biasanya. Untuk itu bunda harus melakukan cara mengatasi hidung tersumbat berikut ini!

1. Membantu Mengeluarkan Lendir Pada Hidung Bayi



Gunakan alat hisap untuk mengeluarkan lendir atau ingus di dalam hidung bayi. Saat ini banyak dijual di toko perlengkapan bayi dan apotek alat hisap ingus bayi seperti aspirator dan infant nasal bulb (berbentuk seperti pipet kecil).

Selain itu, agar ingus atau cairan dalam hidung bayi mudah dikeluarkan gunakan cairan saline, yaitu cairan air garam steril yang biasanya dijual di apotik. Langkah awal yang harus dilakukan adalah meneteskan cairan saline ke hidung bayi untuk mengencerkan dan mempermudah mengeluarkan ingus menggunakan alat hisap cairan hidung.

2. Tepuk-tepuk Punggung Bayi dengan Pelan



Tidak hanya ingus yang ada di dalam hidung si bayi yang membuatnya merasa tidak nyaman. Lendir atau dahak yang ada di dalam dada juga membuatnya kesulitan bernafas secara normal. Oleh karena itu, tepuk-tepuk punggung bayi bunda secara perlahan untuk membantu mengeluarkan lendir atau dahak yang ada di dadanya.

3. Berikan Penguapan Pada Bayi



Agar si kecil dapat bernafas lebih mudah berikan dia penguapan pada udara disekitarnya. Udara lembab dan hangat dapat membantu membuka saluran pernapasan bayi yang tersumbat yang dapat membantu mengencerkan serta membuat ingus mengalir keluar hidung.

Jika di rumah tersedia humidifier atau vaporizer akan semakin bagus, supaya kondisi kelembaban pada ruangan tetap terjaga sehingga bayi bunda dapat bernafas dengan lebih mudah. Namun, jika rumah bunda tidak tersedia kedua alat tersebut, dapat juga menggunakan uap air hangat untuk membantu bayi bernafas lebih mudah.

4. Mengajak Bayi Berjemur di Pagi Hari



Mengajak bayi berjemur di pagi hari memang baik dilakukan meskipun bayi tidak dalam keadaan terserang pilek. Matahari pagi yang hangat tidak hanya akan membantu proses pembentukan tulang bayi tapi juga dapat membantu mengencerkan lendir atau ingus di dalam hidung bayi. Serta dapat meningkatkan imunitas dalam tubuhnya.

5. Mengatur Posisi Tidur Bayi



Cara mengatasi hidung tersumbat selanjutnya yaitu mengatur posisi tidur bayi bunda. Untuk membuat bayi lebih nyaman ketika bernafas, bunda perlu meninggikan posisi kepala si kecil dengan menggunakan bantal yang lebih tebal dan disarankan untuk menggunakan bantal yang sedikit lebih keras namun masih nyaman untuk kepala si kecil.

Nah, itulah cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi akibat mengalami pilek. Jika dalam kurun waktu dua minggu, masih tidak kunjung membaiki dan disertai dengan demam dan muncul ruam pada kulit si kecil sebaiknya, bunda segera membawa si kecil ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Selain itu juga, dokter akan memberikan tindakan yang tepat untuk menyembuhkan si bayi. Agar imunitas bayi semakin kuat, bunda perlu mengajaknya berjemur di pagi hari secara rutin. Paling tidak selamanya 10 menit. Agar proses pembentukan vitamin D pada tubuh bayi berjalan optimal sehingga tubuhnya menjadi lebih kuat.
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.