5 Cara Mengatasi Sakit Gigi Agar Tidak Kambuh Lagi

01 Sep 2020 @ 09:37:45
Gigi yang terasa sakit saat mengunyah makanan memang menjadi problem tersendiri. Selain mengganggu, sakit gigi yang terasa nyut-nyutan juga kadang membuat mood kita buruk karena dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Lalu, bagaimana cara mengatasi sakit gigi agar tidak kambuh lagi? Simak ulasanya berikut di bawah ini yuk!

1. Dengan Kompres Es



Cara mengatasi sakit gigi yang pertama adalah dengan menggunakan kompresan es. Namun jangan semata-mata kamu menempelkan bongkahan es secara langsung ke gigi, karena rasa dingin es batu bisa membuat ngilu. Untuk mengaplikasikannya, kamu cukup membungkus es batu yang sudah dibungkus handuk lalu dekatkan pada gigi yang terasa sakit maupun nyeri. 

Diamkan kompresan handuk dengan es batu ini selama 15-20 menit sehingga bisa mengurangi rasa nyeri akibat sakit gigi. Setelah kondisi gigi terasa lebih baik, tidak ada salahnya jika kamu pergi ke dokter untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Pasalnya, bengkak saat sakit gigi biasanya disebabkan luka, atau masalah pada akar gigi. Kondisi ini  dapat memicu timbulnya risiko infeksi serius yang menyebar ke gigi lain, jika tidak diperiksakan ke dokter gigi secepatnya.

2. Kumur dengan Air Garam



Kandungan senyawa alami pada garam mampu mengurangi reaksi radang dan juga rasa nyeri pada sakit gigi. Selain itu, air garam juga merupakan desinfektan alami yang membantu membersihkan gigi dari sisa makanan. Untuk mendapatkan manfaat lain dari garam untuk masalah ini, cukup larutkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas air biasa atau hangat. Gunakan larutan tersebut sebagai obat kumur saat sakit gigi. 

3. Kantong Teh Peppermint



Selain mengompres gigi menggunakan es batu dan berkumur dengan air garam, cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah gigi adalah dengan menggunakan kantong teh peppermint.  Sebuah penelitian menyebutkan jika peppermint mengandung senyawa mentol yang berfungsi sebagai antibakteri dan antioksidan. Selain itu, kandungan mentol juga memberikan efek dingin yang meringankan rasa nyeri, sehingga cocok sebagai salah satu cara mengobati sakit gigi.

Untuk menggunakan cara ini, kamu bisa menggunakan kantong teh peppermint yang sempat digunakan. Pastikan suhu kantong teh jangan terlalu panas sebelum diaplikasikan pada gigi yang terasa sakit. Atau dapat juga, kamu menggunakan kantong teh peppermint yang telah dimasukkan ke dalam freezer. Suhu dingin ini akan membantu meredakan rasa nyeri saat sakit gigi sebelum berkonsultasi ke dokter.

4. Cuka Apel 


Bahan disinfektan alami selanjutnya yang bisa membantu menjaga kebersihan gigi dan mulut adalah cuka apel. Kandungan asam yang terdapat didalamnya ini mampu mengendalikan bakteri dalam rongga mulut. Manfaat inilah yang menyebabkan cuka apel menjadi alternatif alami untuk mengobati sakit gigi.

Untuk mendapatkan manfaat dari cuka apel ini, cukup dengan melarutkannya dalam segelas air dan dijadikan sebagai bahan kumur. Selain digunakan dengan cara berkumur, kamu juga bisa meneteskannya dalam gulungan kapas kecil dan ditempelkan ke bagian yang sakit. 

5. Minyak Esensial Thyme



Cara mengatasi sakit gigi terakhir adalah dengan mengoleskan minyak esensial thyme, sejenis tumbuhan tumbuhan aromatik yang berasal dari mint family. Kandungan yang terdapat dalam minyak esensial thyme mempunyai efek antiseptic dan anti jamur yang bisa meredakan rasa nyeri saat sakit gigi. 

Dalam pengaplikasiannya, cukup melarutkan minyak esensial thyme dalam segelas air menjadi obat kumur. Kamu juga bisa meneteskannya dalam kapas, yang kemudian dioleskan pada bagian gigi yang sakit. Lakukan hal ini berulang kali, sampai sakit gigi berkurang. 

Itulah kelima cara mengatasi sakit gigi yang bisa kamu coba. Sakit gigi tidak bisa disepelekan begitu saja, pasalnya juga bisa berdampak pada kesehatan tubuh yang lain. Jadi, segera pergi ke dokter jika sakit gigimu tidak kunjung sembuh ya!

Artikel Terkait

Inilah 7 Manfaat Daun Sirih, Cegah dan Sembuhkan Pneumonia
Tahukah kamu? Ternyata ada banyak sekali manfaat daun sirih, termasuk untuk penyakit pneumonia..
Rizki Indra
17 September 2020
Ngobrol Bareng Raffi Ahmad, Daniel Mananta Bongkar Rahasia Gaya Hidup Sehat
Setiap hari Daniel bangun pukul 4 pagi dan menyempatkan waktu 1-1,5 jam untuk olahraga lari..
Shella Rafiqah Ully
16 September 2020
Benarkah Mandi di Malam Hari Berbahaya Bagi Kesehatan?
Mitosnya mandi malam di hari bisa menyebabkan rematik dan masuk angin, benarkah?..
dr. Alvin Wijaya
08 September 2020