5 Cara Mengatasi Sembelit yang Menyebalkan Agar Tidak Kambuh Lagi

01 Sep 2020 @ 09:31:35
Sembelit adalah salah satu kondisi dimana seseorang mengalami kesusahan saat membuang feses. Frekuensi orang membuang air besar atau BAB memang berbeda-beda setiap harinya. Ada yang cukup satu kali sehari, bahkan ada juga yang BAB dua kali sehari. Semua terhitung normal jika tidak ada perubahan yang begitu mencolok. 

Sembelit sendiri bisa terjadi karena feses yang terlalu keras. Feses yang keras juga bisa terjadi karena faktor makanan yang kita konsumsi. Inilah 5 cara mengatasi sembelit yang harus kamu ketahui:

1. Memperbanyak Makanan yang Mengandung Serat



Mengkonsumsi banyak makanan yang berserat bisa membantu menyerap air ekstra sehingga feses jadi lebih lunak. Manfaat berserat inilah yang bisa menjadi cara ampuh untuk mengatasi sembelit yang menyebalkan. Tidak hanya itu, makanan yang banyak mengandung serat juga mempermudah usus berkontraksi untuk memindahkan feses ke rektum. 

Untuk memilih makanan yang berserat ini, kamu tidak bisa sembarangan memilih jenis makanan. Pilihlah jenis serat larut yang bisa menyerap air dan membentuk gel dalam usus untuk melunakkan feses. Serat larut air ini bisa kamu temukan pada makanan yang mengandung gandum, kacang-kacangan, apel, jeruk, jelai (barley), alpukat, ubi, brokoli, dan pir.

2. Perbanyak Mengkonsumsi Air Putih



Salah satu faktor penyebab sembelit adalah karena tubuh kekurangan cairan sehingga dehidrasi. Oleh karena itu, cara alami melancarkan BAB yang bisa kamu lakukan di rumah adalah dengan memperbanyak mengkonsumsi air putih. Pasalnya, air putih akan membantu usus besar untuk mengolah sisa makanan menjadi feses. 

Bisa dibayangkan jika tubuh kekurangan air, usus besar akan menyerap air dari sisa makanan yang masuk dalam tubuh. Hal inilah yang membuat feses menjadi kering dan keras sampai akan terasa susah saat dikeluarkan, sehingga menimbulkan sembelit.

3. Berendam Air yang Dicampur dengan Garam Inggris



Cara mengatasi sembelit selanjutnya adalah dengan berendam pada air yang sudah dicampur dengan garam inggris atau garam epsom. Garam inggris ini adalah jenis garam yang apabila dicampur dengan air akan menjadi magnesium dan sulfat. Campuran air dan garam ini dipercaya mampu mengatasi susah buang air besar. 
Pada saat tubuh berendam pada campuran air dan garam inggris ini, kandungan yang larut pada keduanya  akan meresap ke dalam tubuh. Kandungan yang meresap dalam tubuhku ini bisa meningkatkan gerak pencernaan usus, sehingga membuat tinja lebih lunak. 

Kamu bisa menggunakan garam inggris dengan mencampurkan 3-5 sendok garam ke dalam bak mandi atau bathtub berisi air hangat, kemudian berendam dengan santai selama beberapa menit sampai tubuh terasa rileks.

4. Minyak Zaitun



Minyak zaitun yang terkenal memiliki segudang manfaat untuk kecantikan ini, ternyata juga bisa membuat tinja menjadi lebih lunak, sehingga buang air besar lebih lancar. Untuk mendapatkan manfaat dari minyak zaitun yang satu ini, kamu cukup mencampurkan satu sendok makan extra virgin olive oil pada segelas susu atau air jeruk. Kamu juga bisa menambah minyak zaitun sebagai campuran pada  salad.

Satu yang perlu diingat, tidak semua orang diperbolehkan minum minyak zaitun sebagai cara mengatasi susah buang air besar, terutama wanita hamil dan anak-anak. Tidak ada salahnya jika kamu konsultasi terlebih dahulu kepada dokter sebelum mengonsumsi minyak tersebut.

5. Mengonsumsi Makanan Prebiotik dan Probiotik



Cara mengatasi sembelit yang terakhir adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung prebiotik dan probiotik. Makanan probiotik sendiri adalah makanan yang sudah ditambahkan bakteri yang mirip dengan bakteri baik di usus. Sedangkan probiotik sendiri adalah makanan yang mengandung zat-zat baik untuk bakteri di dalam usus manusia. Contoh makanan yang mengandung prebiotik ini adalah bawang bombang, pisang, dan mie shirataki. Kamu bisa mengongolah berbagai varian makanan menggunakan ketiga jenis bahan makanan ini sesuai keinginginanmu.

Itulah kelima cara mengatasi sembelit yang menyebalkan. Selain memperhatikan jenis makanan dan memperbanyak minuman yang dikonsumsi, jangan lupa untuk selalu berolahraga juga agar kesehatan kamu bisa terjaga!

Artikel Terkait

Inilah 7 Manfaat Daun Sirih, Cegah dan Sembuhkan Pneumonia
Tahukah kamu? Ternyata ada banyak sekali manfaat daun sirih, termasuk untuk penyakit pneumonia..
Rizki Indra
17 September 2020
Ngobrol Bareng Raffi Ahmad, Daniel Mananta Bongkar Rahasia Gaya Hidup Sehat
Setiap hari Daniel bangun pukul 4 pagi dan menyempatkan waktu 1-1,5 jam untuk olahraga lari..
Shella Rafiqah Ully
16 September 2020
Benarkah Mandi di Malam Hari Berbahaya Bagi Kesehatan?
Mitosnya mandi malam di hari bisa menyebabkan rematik dan masuk angin, benarkah?..
dr. Alvin Wijaya
08 September 2020