Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Tips Wirausaha

5 Cara Mengatur Keuangan Usaha Agar Menguntungkan

Rizki Indra
Rizki Indra
04 Aug 2021
Clock Icon
4 menit
Cara mengatur keuangan usaha sangat mudah dilakukan pemula.

Tidak ingin bisnis Anda bangkrut? Maka, gunakanlah cara mengatur keuangan usaha yang benar dan tepat. Mengapa faktor keuangan ini penting karena jika melihat kejadian yang sudah ada kebanyakan usaha baik besar maupun kecil harus rela tutup akibat masalah pada finansial mereka. Bahkan banyak perusahaan yang memiliki omzet banyak menghadapi kendala yang sama, jadi dimana letak kesalahannya?


banner consideration shipping bg blue

Omzet dan keuntungan tinggi yang diperoleh dari usaha akan menjadi percuma saja jika tidak dipergunakan secara tepat guna. Masalahnya berawal dari cara pengaturan keuangan perusahaan yang keliru atau disalahgunakan. Oleh sebab itu agar keuntungan yang didapatkan dari usaha bisa terus berkembang keuangan harus diatur dengan baik dan benar. Inilah beberapa cara mengatur keuangan yang bisa Anda lakukan:

1. Buat Perencanaan Menyeluruh


Sebelum memulai sebuah usaha sebaiknya buat dulu perencanaan secara menyeluruh termasuk biaya-biaya yang dibutuhkan. Perencanaan dibuat untuk jangka panjang misalnya setahun lalu bagi kembali per minggu, 1, 3 atau 4 bulan. Setelah itu masukkan semua rencana yang akan dilakukan di dalam usaha tersebut beserta biayanya.


Dari situlah akan bisa diketahui berapa total modal yang dibutuhkan untuk menjalankan semua rencana usaha tersebut. Jangan lupa juga untuk menambahkan kapan rencana-rencana itu akan mulai dilakukan.

2. Buat Rencana Pendapatan


Selain rencana biaya secara menyeluruh yang tidak kalah pentingnya adalah membuat perencanaan pendapatan. Bagaimanakah maksudnya? Rencana pendapatan adalah perkiraan berapa banyak hasil yang bisa didapatkan melalui usaha tersebut. Sangat disarankan rencana pendapatan tersebut bisa menutup jumlah total modal atau biaya yang dikeluarkan.


Setelah itu segera buat rencana bagaimana cara untuk memperoleh pendapatan tersebut. Misalnya, produk apa yang akan dijual, bagaimana cara marketing yang efektif, berapa target penjualan yang harus dicapai dan sebagainya. Intinya semua rencana tersebut sebaiknya bisa membuat usaha memperoleh keuntungan.

3. Rutin Membuat Anggaran


Agar lebih mudah untuk melakukan pengaturan pada keuangan usaha buatlah anggaran secara rutin misalnya setiap bulan. Pembuatan anggaran atau budgeting tersebut berfungsi sebagai batasan serta kontrol pada pengeluaran.


banner consideration promotion bg blue


Melalui budgeting juga bisa diketahui apakah kinerja keuangan perusahaan sudah sesuai dengan program serta estimasi yang dibuat sebelumnya. Jika pengeluaran ternyata lebih besar dari rencana dan estimasi maka akan lebih mudah mencari faktor penyebabnya lalu diperbaiki sebelum menjadi makin parah.

4. Pengawasan pada Arus Kas


Masalah finansial yang terjadi pada sebuah usaha dan perusahaan bukan semata disebabkan karena tidak adanya keuntungan. Faktor lain yang cukup berbahaya bagi keuangan usaha adalah adanya penyelewengan melalui penggunaan yang tidak semestinya.


Untuk mengantisipasinya lakukan pengawasan pada arus kas (cash flow) perusahaan. Pengawasan pada arus kas membantu Anda mengetahui apakah terdapat penyalahgunaan atau tidak, apakah jumlah pengeluaran dan pendapatan sudah sesuai dan hal lain terkait penggunaan keuangan.

5. Pisahkan Uang Pribadi dan Usaha


Meskipun terlihat sepele namun poin yang satu ini sangat penting dan sering menjadi akar permasalahan. Apakah itu? Yaitu pencampuran antara uang milik pribadi dengan uang untuk usaha. Tanpa pemisahan uang pribadi dan usaha maka Anda secara tidak sadar sedang membuat bangkrut usaha tersebut.


Bagaimana tidak kalau keuntungan yang diperoleh semestinya digunakan untuk mengembangkan usaha malah digunakan memenuhi kebutuhan pribadi. Lama-lama uang modal usaha akan habis hanya untuk keperluan belanja pribadi yang tidak ada kaitannya sama sekali dengan pengembangan usaha.


banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Mulailah menjalankan cara mengatur keuangan usaha yang benar sekarang juga agar bisa segera memperoleh keuntungan dan mengembangkan bisnis menjadi lebih besar. Pengelolaan uang usaha yang tepat pastinya akan membawa keuntungan yang besar.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.