5 Cara Menggunakan Masker yang Benar untuk Mencegah Penularan Virus

30 Mar 2020 @ 15:58:41
Sejak COVID-19 menjadi pandemi, permintaan dan harga masker jadi melonjak tinggi karena masyarakat berlomba-lomba membeli masker untuk melindungi diri. Menggunakan masker memang menjadi salah satu cara menghalangi masuknya virus atau bakteri ke dalam tubuh melalui saluran pernapasan atau mulut. Pun, penggunaan masker juga disarankan sebagai salah satu langkah untuk mencegah penularan coronavirus (COVID-19). Tapi, Badan Kesehatan Dunia (WHO) justru lebih menyarankan agar masker digunakan oleh mereka yang sakit. 

Mereka yang flu, batuk, atau pilek disarankan menggunakan masker agar tidak menulari orang lain. Sedangkan bagi orang yang sehat dan bugar hanya perlu menggunakan masker jika sedang merawat atau berkontak dengan mereka yang sakit. Mencuci tangan dan mengonsumsi makanan bergizi adalah cara terbaik melindungi diri dari penularan COVID-19 ketimbang menggunakan masker.

Bagi kamu yang menggunakan masker, WHO juga menegaskan pentingnya mengetahui cara penggunaan masker yang benar dan apa yang harus dilakukan saat membuang masker yang sudah tidak lagi digunakan. Berikut penjelasannya.


1. Pastikan Tangan dalam Keadaan Bersih

Pedoman pertama adalah kamu perlu memastikan tanganmu dalam keadaan bersih. Cuci tangan dengan air mengalir selama 20 detik menggunakan sabun dengan cara yang benar. Jika sedang terburu-buru atau berada di suatu tempat dan tidak dapat menemukan sabun dan air, kamu bisa menggunakan pembersih tangan yang mengandung alkohol untuk memastikan tanganmu tetap bersih. Kalau sudah cuci tangan, baru deh aman untuk pakai masker.

2. Tutupi Mulut dan Hidung

Masker itu digunakan untuk menutup dua organ sensitif, yakni mulut dan hidung. Maka pastikan bahwa mulut dan hidung sudah tertutup masker dengan baik. Jangan sampai yang tertutup cuma salah satu dari keduanya ya. Pastikan juga tidak ada celah antara mulut dan hidung karena virus tetap bisa masuk diantara keduanya. 

3. Hindari Menyentuh Masker Saat Menggunakannya

Jangan menyentuh masker dengan tangan saat sedang menggunakannya. Banyak bakteri dan virus yang menempel di masker dan mungkin nggak kelihatan oleh mata. Jika kamu menyentuh masker dengan tangan, maka kemungkinan bakteri dan virus tadi juga akan menempel di tanganmu. Nah, kalau kamu nggak sengaja tiba-tiba memegang masker atau malah terpaksa harus menyentuh masker pastikan kamu langsung cuci tangan dengan air dan sabun hingga bersih ya. 

4. Jangan Pakai Lagi Masker yang Sudah Lembab dan Pernah Dipakai

Lemonizen please, masker sekali pakainya langsung diganti dan jangan dipakai lagi ya kalau sudah lembab. Mungkin secara kasat mata masker masih ‘kelihatan’ bersih tapi sebenarnya ada banyak sekali bakteri dan virus menempel pada masker dan kita nggak bisa lihat secara kasat. Gantilah dengan yang baru dan bersih supaya kamu nggak rentan terkena virus dan bakteri.

5. Lepaskan Masker dari Bagian Belakang 

Ketika kamu selesai menggunakan masker, copot masker dari bagian belakang untuk melepasnya. Jangan sentuh bagian depan masker. Buanglah masker di tempat sampah tertutup dan segera cuci tangan 20 detik dengan air mengalir dan sabun atau bersihkan tangan dengan cairan pembersih yang mengandung alkohol.

Nah, itu dia 5 cara menggunakan masker yang benar berdasarkan anjuran WHO. Tetap ingat ya, penggunaan masker lebih disarankan bagi mereka yang memang sakit untuk mencegah penularan. Sedangkan bagi orang sehat, cara terbaik melindungi diri di saat-saat seperti ini adalah dengan rajin mencuci tangan dan menerapkan gaya hidup sehat. Stay safe, Lemonizen semua!

Artikel Terkait

Inilah 7 Manfaat Daun Sirih, Cegah dan Sembuhkan Pneumonia
Tahukah kamu? Ternyata ada banyak sekali manfaat daun sirih, termasuk untuk penyakit pneumonia..
Rizki Indra
17 September 2020
Ngobrol Bareng Raffi Ahmad, Daniel Mananta Bongkar Rahasia Gaya Hidup Sehat
Setiap hari Daniel bangun pukul 4 pagi dan menyempatkan waktu 1-1,5 jam untuk olahraga lari..
Shella Rafiqah Ully
16 September 2020
Benarkah Mandi di Malam Hari Berbahaya Bagi Kesehatan?
Mitosnya mandi malam di hari bisa menyebabkan rematik dan masuk angin, benarkah?..
dr. Alvin Wijaya
08 September 2020