Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kecantikan

5 Cara Menghaluskan Rambut Secara Efektif dan Alami

Rizki Indra
Rizki Indra
25 Aug 2021
Clock Icon
4 menit
Haluskan rambut dengan melakukan beberapa cara menghaluskan rambut yang benar.

Memiliki rambut yang halus dan mudah diatur memang dambaan semua dambaan banyak orang. Terutama untuk perempuan. Tidak heran, banyak orang yang melakukan beragam cara menghaluskan rambut. Terkadang, tampilan rambut yang kasar dan susah diatur membuat tingkat kepercayaan diri menurun. Padahal rambut yang sehat dan halus bisa didapatkan bila dirawat secara rutin.


Rambut yang kasar biasanya terjadi karena kurangnya nutrisi dan terjadinya kerusakan pada rambut. Kerusakan yang diakibatkan pewarnaan juga menjadi salah satu penyebabnya. Jika kamu memilih kebiasaan mencatok rambut sebaiknya gunakan vitamin rambut terlebih dulu, agar kerusakan pada rambutmu tidak semakin parah. Biasanya rambut yang mengalami kerusakan parah selain kasar tapi juga akan mudah patah dan bercabang. Berikut ini cara menghaluskan rambut yang terbukti efektif.

1. Memilih Produk Perawatan Rambut yang Tepat


Sebelum kamu memutuskan untuk membeli suatu produk perawatan rambut, sebaiknya kenali jenis rambutmu terlebih dulu. Jika termasuk jenis rambut lurus akan lebih mudah perawatnya. Sedangkan pada jenis rambut keriting akan membutuhkan perawatan yang ekstra untuk membuatnya lembut dan mudah diatur. Pilihlah produk sesuai dengan jenis rambut agar hasil yang didapatkan sesuai dengan keinginan.


Pilihlah produk yang mengandung argan oil karena kandungan vitamin E dan antioksidan yang ada di dalamnya dapat menutrisi rambut. Rambut akan semakin halus, lembab dan berkilau berkat kandungan tersebut. Serta hindari produk sampo yang mengandung sodium lauryl sulfate (SLS). Kandungan SLS tidak hanya mengangkat kotoran pada rambut tapi juga minyak alami pada rambut. Sehingga dapat membuat rambut menjadi kering dan kasar.

2. Jangan Terlalu Sering Keramas


Mencuci rambut atau keramas terlalu sering sebenarnya tidak baik untuk rambut. Meskipun dengan keramas rambut akan terasa lebih halus dan mengembang, tapi jika dilakukan terlalu sering dapat merusak dan menghambat pertumbuhan rambut. Itu karena keramas terlalu sering dapat menghilangkan minyak alami rambut.


Disarankan keramas setiap dua sekali jika kamu memilih jenis rambut berminyak. Jangan lupa untuk menggunakan conditioner agar rambut tetap lembut dan lembab. Serta gunakan air dingin saat keramas karena air dingin dapat membilas sisa sampo dan conditioner tanpa menghilangkan kelembaban rambut. Jangan gunakan air panas karena dapat merusak rambut dan membuatnya kering dan kusam.

3. Menggunakan Masker Rambut Secara Rutin


Selain menggunakan conditioner kamu juga perlu mengaplikasikan masker rambut untuk mendapatkan rambut yang lembut. Pilihlah masker rambut yang berfungsi untuk melembutkan rambut, saat ini banyak merek yang bisa kamu beli di pasaran. Atau kamu bisa juga membuatnya sendiri di rumah dengan menggunakan buah alpukat yang sudah dihaluskan dan dicampur dengan mayones.


Bisa juga dengan menggunakan satu buah pisang yang sudah dihaluskan dengan 2 sendok yogurt. Lalu diaplikasikan ke seluruh helai rambut dan biarkan selama 45 menit lalu bilas hingga bersih.

4. Hindari Penggunaan Alat Penata Rambut


Penggunaan alat penata rambut malah akan merusak rambut dan membuatnya menjadi kasar dan kering. Untuk itu kamu perlu menghindari penggunaan catokan, hair dryer, blow dryer dan sejenisnya karena dapat mempengaruhi kesehatan rambut. Suhu panas yang dihasilkan dari alat-alat penata rambut tersebut akan merusak kelembaban rambut. Jika memang sangat diperlukan menggunakan alat penata rambut tersebut sebaiknya gunakan serum atau vitamin rambut terlebih dulu untuk melindungi kelembaban alami rambut.

5. Menggunakan Bahan Alami Sebagai Perawatan Tambahan


Agar mendapatkan hasil yang lebih optimal kamu bisa menggunakan beberapa minyak alami untuk melembutkan rambut. Di antaranya seperti minyak kelapa, minyak zaitun, dan minyak argan yang bisa membuat rambut menjadi lebih lembab dan halus. Cukup aplikasikan minyak alami tersebut ke seluruh rambut secara merata dan lakukan dengan rutin. Selain minyak alami tersebut kamu juga bisa menggunakan minyak lavender, minyak castor, dan minyak jojoba untuk melembutkan rambutmu.


Itulah 5 cara menghaluskan rambut secara alami dan cukup efektif. Jika kamu memiliki rambut yang kering dan susah diatur cara tersebut bisa kamu terapkan di rumah. Selamat mencoba tips ini ya!

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.