Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kecantikan

5 Cara Menghilangkan Bintitan yang Merusak Penampilanmu

Rizki Indra
Rizki Indra
27 Aug 2021
Clock Icon
3 menit
Cara menghilangkan bintitan penting dilakukan untuk menjaga penampilan setiap hari.

Pernah mengalami bintitan yang mengganggu? Mitosnya, kondisi ini disebabkan oleh seringnya menggosipkan orang lain. Faktanya, bintitan disebabkan oleh infeksi bakteri bernama Staphylococcus aureus yang menyerang bagian kelenjar mata. Meskipun jarang terjadi, bintitan dapat membuat penampilan menjadi kurang sempurna. Gangguan yang biasa disebut dengan istilah hordeolum ini umumnya berlangsung selama beberapa hari atau minggu. Untuk membantu mempercepat sembuhnya, berikut cara menghilangkan bintitan yang bisa kamu terapkan di rumah.

1. Mengompresnya dengan Air Hangat


Cara pertama dan paling mudah untuk dilakukan adalah mengkompres area mata yang bintitan menggunakan air hangat. Kamu bisa menyiapkan handuk bersih dan air hangat. Celupkan handuk lalu peras hingga tidak ada air yang tersisa. Tempelkan pada area bintitan selama kurang lebih 10 menitan. Lakukan cara ini 3 sampai 4 kali dalam sehari agar lebih cepat sembuh. Dalam mengkompres, hindari penggunaan air yang terlalu panas karena dapat membuat kelopak mata menjadi terluka. Selain itu, hindari mengucek mata karena dapat membuatnya iritasi.

2. Menggunakan Kantong Teh Celup


Masih dengan metode yang sama yakni pengompresan, namun kali ini menggunakan teh celup sebagai medianya. Dibanding teh biasa, teh celup lebih direkomendasikan sebagai penghilang bintitan yang ampuh. Hal ini dikarenakan kandungan antibakteri dalam teh hijau dapat membantu meredakan infeksi dari bakteri Staphylococcus Aureus.


Cara pengaplikasiaannya cukup mudah untuk dilakukan, siapkan beberapa kantong teh biasa atau teh celup. Rendam kantong teh dalam air panas selama lima menitan, angkat dan biarkan hingga cukup hangat. Hal ini dilakukan guna membuat sisa-sisa air keluar dari kantong sehingga tidak akan terlalu membasahi mata. Kompres pada area bintitan selama 15 menitan, lakukan secara berulang dan rutin setiap hari agar bintitan segera mereda.

3. Menggunakan Lidah Buaya


Khasiat dari tanaman satu ini memang sudah tidak diragukan lagi. Lidah buaya memiliki banyak manfaat untuk kecantikan. Sensasi dingin dan menenangkan dari lidah buaya dapat membantu menangani infeksi yang diakibatkan oleh bakteri penyebab bintitan. Lidah buaya memiliki kandungan vitamin, enzim, mineral, dan berbagai senyawa lain yang dapat bermanfaat sebagai analgesik atau pereda nyeri, antivirus, dan antibakteri.


Pertama, siapkan lidah buaya, belah menjadi dua bagian lalu ambil getah atau lendirnya. Kamu bisa mengambilnya langsung menggunakan cotton bud atau menaruhnya di wadah terlebih dahulu. Setelah itu oleskan pada bagian mata yang terkena bintitan. Disarankan untuk mengoleskannya secara rutin setiap hari agar bintitan segera hilang.

4. Menggunakan Air Garam


Air garam dapat membantu menghilangkan bintitan pada mata. Garam memiliki kandungan magnesium yang dapat membunuh bakteri serta mengurangi rasa sakit dan gatal akibat infeksi virus pada mata yang bintitan. Untuk menggunakan garam sebagai antiseptic alami, ambil sejumput garam lalu larutkan menggunakan air hangat.


Setelah itu ambil tisu atau kapas dan celupkan pada larutan tersebut. Kompreskan pada area mata yang bintitan. Diamkan selama 15 menit kemudian ulangi kembali cara ini beberapa kali. Masukkan larutan garam pada wadah atau botol agar bisa digunakan kembali.

5. Menggunakan Daun Ketumbar


Cara satu ini cukup ampuh untuk menghilangkan bintitan yang cukup parah. Daun ketumbar dapat membantu meredakan infeksi dan pembengkakan. kandungan didalamnya berperan sebagai anti peradangan, anti bakteri, antijamur, dan antivirus yang membuat infeksi pada mata bintitan menjadi berkurang.


Pertama, siapkan daun ketumbar dan secangkir air. Rebus lalu tiriskan dan tunggu hingga air agak dingin atau hangat. Setelah itu tempelkan daun ketumbar pada area bintitan. Agar pengobatan ini lebih cepat terlihat hasilnya, kamu bisa meminum air rebusannya.


Demikianlah lima cara menghilangkan bintitan menggunakan bahan-bahan alami yang paling mudah dan ampuh. Bahan-bahan diatas bisa dengan mudah kamu temukan di sekitar, mudah, murah, dan ampuh untuk menghempaskan bintitan.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.