Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Mental

5 Cara Menghilangkan Rasa Takut dan Gelisah Berlebihan

Rizki Indra
Rizki Indra
29 Okt 2021
Clock Icon
3 menit
Banyak cara menghilangkan rasa takut dan gelisah yang penting dilakukan.

Cara menghilangkan rasa takut dan gelisah menjadi suatu hal yang perlu diketahui oleh seseorang yang memiliki gangguan kecemasan. Ketakutan muncul karena faktor internal dalam dirinya atau karena faktor eksternal dari lingkungannya. Seseorang yang terus-menerus mengalami gangguan kecemasan harus segera ditangani karena dapat memengaruhi kesehatan tubuh dan menimbulkan pengaruh buruk.


Seperti susah tidur, sakit kepala, mengalami gangguan pencernaan, atau yang lebih parah mampu menimbulkan depresi atau gangguan mental. Berikut adalah beberapa cara menghilangkan rasa takut dan gelisah yang bisa kamu lakukan:

1. Menghadapi Rasa Takut dan Gelisah


Kunci utama agar bisa lepas dari rasa takut yang berlebihan yaitu dengan menghadapi rasa takut tersebut. Rasa takut akan selalu muncul apabila kamu memvalidasi ketakutan itu dalam mindset. Mindset adalah segalanya, apa yang kamu lakukan sekarang dan kedepannya akan dipengaruhi oleh sebuah mindset.


Oleh karena itu, terapkan pemikiran yang positif dimana terbebas dari rasa kegelisahan dan ketakutan. Percayalah pada diri sendiri bahwa kamu mampu mengatasi ketakutan, dengan pemikiran yang sesederhana itu maka akan menimbulkan sebuah keyakinan yang menyebabkan hati menjadi tenang.

2. Mengenali Pemicu Kecemasan dan Rasa Takut


Salah satu cara untuk mendapatkan solusi adalah menemukan akar permasalahan. Sama halnya dengan menghilangkan ketakutan, salah satu caranya adalah dengan mencari sumber ketakutan tersebut. Ketika sumber ketakutan sudah diketahui, kamu dapat membuat daftar apa saja yang sekiranya bisa menjadi solusi terhadap rasa takut tersebut.


Misalnya ketika kamu merasa takut untuk bergaul dengan orang lain. Temukan penyebabnya, alasan pertama karena kamu seorang introvert, alasan kedua karena tidak percaya diri dengan kemampuan bergaul kamu. Dari kasus tersebut, langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah berlatih untuk bergaul.


Seorang introvert tidak akan membutuhkan waktu yang cepat untuk berbaur. Oleh karena itu, kamu perlu beradaptasi dengan lingkungan, misalnya dengan cara melakukan interaksi sebanyak 2 jam dalam sehari. Setelah terbiasa, maka kamu bisa meningkatkan durasi dan juga frekuensinya.


Kemudian langkah kedua yakni mempercayai diri sendiri. Tanamkan di mindset kamu, bahwa orang lain sama seperti kamu, sehingga tidak ada rasa ketimpangan yang dapat menyebabkan rendahnya kepercayaan diri.

3. Menenangkan Diri


Agar dapat menghadapi ketakutan, psikologi kamu harus berada dalam keadaan yang tenang. Untuk mencapai hal tersebut, mungkin bisa dilakukan dengan mencoba menarik napas dalam-dalam sebelum memulai sesuatu yang mendebarkan, minum air putih, ataupun mendengarkan musik yang dapat membuat kamu tenang. Intinya adalah membuat tubuh kamu lebih rileks, sehingga tidak muncul adanya rasa tegang dan ketakutan yang berlebihan.

4. Mempunyai Pikiran Positif


Menerapkan pikiran positif adalah salah satu hal yang wajib dilakukan. Pemikiran positif dapat menghindari adanya rasa pesimis di mana bisa membuat kamu tidak percaya pada diri sendiri. Ketika seseorang sudah mempunyai rasa pesimis, maka akan muncul rasa takut gagal bahkan sebelum dirinya mencoba. Tentunya hal tersebut tidak baik untuk dijadikan sebuah pemikiran. Oleh karena itu, ciptakan pikiran positif agar diri kamu juga memancarkan aura yang baik.

5. Bercerita dengan Orang Lain


Bercerita mengenai keluh kesah yang dimiliki bisa dijadikan salah satu langkah untuk mengantisipasi adanya rasa takut. Namun ketika hendak menceritakan permasalahan kamu, sebaiknya seleksi dulu orang tersebut, apakah kamu merasa nyaman untuk bercerita atau tidak dan apakah orang tersebut bisa dipercaya atau tidak.


Itulah tadi beberapa cara menghilangkan rasa takut dan gelisah. Semoga dengan mengetahui cara ini kamu bisa mengatasi rasa takut maupun gelisah yang dirasakan. Namun, jika rasa takut dan gelisah yang dirasakan tidak kunjung membaik, kamu bisa berkonsultasi pada dokter atau psikiater. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan saran yang tepat untuk mengatasi kecemasan yang dirasakan.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.