5 Cara Mengontrol Emosi yang Berlebih Agar Cepat Tenang

Perasaan seseorang, memang terkadang berubah-ubah. Tidak selamanya kita merasa bahagia. Perasaan sedih, kecewa, cemas bahkan marah mungkin adalah sesuatu hal yang wajar dan sering terjadi pada diri. Tak jarang juga kita merasakan emosi yang berlebihan. Emosi sendiri adalah suatu ekspresi normal manusia dari berbagai hal yang terjadi. Lalu, bagaimana cara mengontrol emosi agar bisa cepat tenang?

banner consideration shipping bg blue

1. Selalu Berpikiran dan Bersikap Positif

Ketika suatu hal buruk terjadi pada diri kita, pastikan jangan langsung terbawa suasana dan emosi seketika. Cobalah sejenak untuk melihat dari sisi dan sudut pandang yang berbeda. Lihat situasi tersebut dari cara pikir yang positif, sehingga tidak memunculkan luapkan emosi yang langsung terjadi pada diri sendiri.

Misalnya adalah pada saat kamu merasa kecewa terhadap sesuatu, janganlah langsung berasumsi jika kamu gagal. Tetapi berpikirlah untuk memandang ini jauh ke depan. Mungkin, di masa depan akan ada kesempatan yang jauh lebih baik dari hari ini. Selalu menanamkan pikiran positif saat kekecewaan menghampiri. Dengan melakukan hal ini, kamu bisa mengontrol emosi.

2. Hindari Situasi yang Memancing Emosi

Selain selalu menanamkan pikiran positif, langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk mengontrol emosi adalah hindarilah situasi-situasi yang bisa membuatmu menjadi lebih bad mood. Contoh sederhana dalam hal ini adalah, saat kamu mudah kesal karena terjebak macet, maka kamu bisa lebih mengatur waktu untuk berangkat lebih awal. Dengan menghindari situasi-situasi yang kurang baik bagi mood-mu ini, lebih bisa mengontrol emosi yang berlebihan agar tidak langsung meluap-luap.

3. Lakukan Aktivitas yang Menyenangkan

Selain cara-cara di atas, langkah yang bisa kamu tempuh untuk mengontrol emosi berlebih adalah melakukan kegiatan yang menghibur dan menyenangkan. Lakukan aktivitas yang sekiranya bisa membangkitkan mood-mu menjadi lebih baik lagi.

banner consideration promotion bg blue

Contohnya adalah, saat kamu suka membaca buku, maka berikanlah dirimu self reward dari segala aktivitas padat yang membuatmu lelah. Selain bisa membuat dirimu nyaman, melakukan kebiasaan baik ini juga bisa mengontrol emosimu yang mungkin sedang labil dan tidak terkontrol.

4. Hindari Meluapkan Emosi Secara Langsung

Cara mengontrol emosi yang selanjutnya bisa kamu terapkan adalah dengan menghindari meluapkan emosi secara langsung. Berteriak, memaki, menangis, hingga menjerit dan menghancurkan benda-benda adalah respon yang mungkin sering dilakukan oleh seseorang yang sedang emosi.

Namun, tahukah kamu jika luapan emosi ini justru membuat diri semakin lepas kendali dan tidak terkontrol. Bukannya mendapat ketenangan dan bisa berpikiran jernih, hal demikian justru bisa membuat tubuh kita merasa lelah karena banyaknya tenaga yang telah dikeluarkan.

5. Perbaiki Mood dengan Camilan

Cara mengontrol emosi berikutnya yang paling mudah dan bisa kamu terapkan adalah dengan memakan camilan. Mungkin, banyak orang yang tidak berselera makan ketika dirinya sedang emosi tinggi. Namun, sadarkah kamu jika dengan mengkonsumsi camilan atau makanan yang mengandung kakao dan antioksidan bisa memperbaiki mood dan mengontrol emosi.

Bahkan, pakar kesehatan telah menyebut bahwa coklat hitam bisa mengatasi stress karena kandungan 70% kakao di dalamnya. Selain itu, coklat juga mengandung antioksidan tinggi yang bisa membantu memperbaiki suasana hati, dan manfaat lainnya.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itulah lima cara mengontrol emosi yang berlebih agar cepat tenang. Meski merupakan perasaan wajar yang dialami siapa saja, mengontrol emosi sangat penting untuk dilakukan dengan begitu, hidup bisa menjadi lebih tenang dan tidak melakukan hal dengan impulsif dan merugikan diri sendiri nantinya.

Privacy Notice

Ikuti media sosial kami