Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Keluarga

5 Cara Meningkatkan Nafsu Bayi Menyusu, Lemomoms Wajib Tahu

Rizki Indra
Rizki Indra
21 Sep 2021
Clock Icon
3 menit
Banyak cara meningkatkan nafsu menyusu bayi yang mudah dilakukan.

Lemomoms, sangat penting untuk memperhatikan cara meningkatkan nafsu menyusu bayi, terutama pada 6 bulan dari kelahiran. Hal itu bertujuan agar bayi tetap terjaga asupan makanan dan gizinya, sehingga tidak menghambat tumbuh kembang bayi. Nah, Moms harus memasukan bayi menyusu dengan tepat dan kenyang.


Bayi yang enggan menyusu ASI maupun susu formula harus segera dicari tahu penyebab dan cara mengatasinya. WHO sebagai Badan Kesehatan Dunia menyatakan bahwa ASI mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi. Mengutip buku berjudul Dahsyatnya Hamil Sehat dan Normal dari dr. Frederico Patria, SpOG terkait dengan penyebab dan cara mengatasi bayi yang kurang bernafsu menyusu. Adapun sebab bayi mengalami enggan menyusu sebagai berikut:

  • Bayi mengalami kesulitan menghisap atau bernapas akibat hidung tertutup lendir atau ingus dari pilek atau flu. Kemudian, mengalami sariawan atau moniliasis sehingga susah  untuk menghisap dan terasa sakit juga.
  • Adanya keterlambatan dalam memulai menyusu saat di rumah sakit sebab dirawat pada ruangan ibu dan anak. Bisa juga akibat ditinggal oleh ibu yang mengalami sakit lama atau maupun bekerja.
  • Pemberian ASI menggunakan botol selain menyusu ASI langsung dari ibu. Lalu, pemberian makanan tambahan terlalu dini atau prelacteal feeding menyebabkan bayi mengalami penurunan nafsu menyusu.
  • Pada proses menyusui ternyata untuk teknik yang ibu lakukan salah akibatnya bayi kurang nyaman dan tidak bernafsu. Bisa juga ASI kurang lancar ataupun terlalu deras. Lalu, bayi mengalami frenulum linguae (tali lidah) pendek disebut short tongue tie.

Moms tentu akan merasa bingung dan khawatir jika bayi tidak mau atau mengalami penurunan nafsu dalam menyusu. Tenang Moms, di bawah ini ada cara untuk tingkatkan nafsu menyusu bayi:

1. Bingung Puting


Ketika si kecil mengalami bingung puting ia akan menolak menyusu. Atasi hal tersebut dengan berganti-ganti puting saat menyusu atau gunakan dot. Fokuskan pada pemberian satu saja jika bayi tetap menolak.

2. Kesehatan Bayi Terjaga


Kondisi bayi yang tidak fit bisa memengaruhi kebiasaan menyusu. Bayi dalam keadaan sakit atau kurang enak badan akan menjadi rewel, bahkan keadaan lanjut bisa jadi bayi lemas. Hal itu berakibat bayi tidak bernafsu dan malas menyusu karena kondisi tidak nyaman. Pastikan untuk selalu memperhatikan kesehatan tubuh si kecil ya, Moms.

3. Aturlah Posisi Bayi


Mengatur posisi bayi ketika menyusui dengan teknik yang benar sangatlah penting. Apabila dalam proses menyusu ternyata posisi tidak sesuai bisa jadi ASI tidak keluar sempurna dan bayi mengalami kesulitan menghisap. Oleh karena itu, posisi saat menyusui harus aman dan nyaman.

4. Memompa ASI


Bayi enggan menyusu karena ASI yang dihisap keluar sedikit ataupun tidak keluar? Moms bisa menggunakan pompa ASI untuk memperlancar proses keluar, lebih deras, dan banyak. Ibu menyusui juga bisa menambah asupan vitamin serta makanan sehat produk Lemonilo.

5. Waktu Pemberian ASI


Pengaturan frekuensi waktu dalam pemberian ASI bisa mencegah bayi tidak nafsu menyusu. Pemberian ASI sesuai waktu juga akan membuat bayi tidak merasa terlalu lapar atau perut kosong. Pastikan tepat waktu untuk menyusui bayi agar tetap sehat dan berkembang optimal.


Itulah cara meningkatkan nafsu menyusu bayi agar mendapatkan asupan makanan sehat dan sesuai porsinya. Perhatikan setiap detail perubahan pada bayi terutama saat terjadi penurunan nafsu menyusui.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.