Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kecantikan

5 Cara Meratakan Warna Kulit Pada Wajah

Rizki Indra
Rizki Indra
21 Sep 2021
Clock Icon
4 menit
Cara meratakan warna kulit wajah penting diketahui dan diterapkan di rumah.

Saat ini, banyak orang mencari cara meratakan warna kulit wajah yang paling efektif. Bukan tanpa sebab, melainkan meningkatnya tingkat polusi di lingkungan sekitar yang membuat wajah mengalami banyak keluhan. Salah satunya adalah belang pada wajah. Selain polusi, faktor usia, bekas luka, hormon, paparan sinar matahari, bahkan infeksi jamur juga bisa membuat kulit menjadi belang. Itulah sebabnya, perlu melakukan cara untuk membuat warna wajah kembali merata.


Perawatan kulit merupakan hal yang penting yang harus dilakukan secara rutin. Tidak hanya agar cantik, melainkan juga membuat wajah sehat dan tampak awet muda. Sayangnya, kulit kusam dan warna yang tidak rata, bisa memengaruhi penampilan, sehingga tak jarang bisa menurunkan rasa percaya diri. Inilah beberapa cara meratakan warna kulit wajah yang alami dan bisa kamu coba di rumah:

1. Minum Air Putih


Terdengar klise, tapi minum air putih merupakan cara efektif dalam menghidrasi kulit. Apabila terhidrasi dengan baik, kulit lebih tahan terhadap serangan polusi maupun hal lain yang membuat tampak kusam dan beda warna.

2. Memakai Pelembap dengan Tabir Surya


Selain mengonsumsi air putih, cara lain yang bisa membuat kulit sehat dan warna merata adalah dengan melembapkan dari luar. Tidak hanya menggunakan sekadar pelembap saja, melainkan yang memiliki kandungan SPF cukup.


Tujuannya adalah untuk menjaga kulit dari paparan sinar UV yang sering meninggalkan jejak pada wajah. Ada baiknya memilih produk dengan SPF (Sun Protection Factor) setidaknya 30-100, untuk perlindungan optimal dari UVA dan UVB.

3. Lakukan Peeling Secara Rutin


Kotoran dan sel kulit mati yang menumpuk juga bisa membuat kulit tampak kusam dan warna tidak merata. Untuk mengatasinya, lakukanlah peeling (pengelupasan) secara rutin.


Selain menggunakan produk masker yang ada di pasaran, ada cara alami yang bisa dilakukan. Seperti membuat masker alami dengan fungsi yang sama. Paduan gula, oatmeal, dan madu, bisa menjadi masker sekaligus scrub alami yang lembut. Kulit akan menjadi lebih halus, bercahaya, dan warnanya lebih merata.

4. Menghindari Makanan dan Minuman Penyebab Alergi


Untuk sebagian orang, beberapa makanan dapat memicu timbulnya alergi. Alergi ini bisa jadi menyebabkan munculnya rasa gatal di area wajah. Apabila gatal tersebut digaruk, tentu akan muncul bekas luka dan kulit pun menghitam.


Oleh sebab itu, hindari makanan yang menjadi pemicu alergi. Contohnya telur, udang, dan ikan. Alkohol dan rokok juga bisa membuat warna kulit tidak merata, karena menyebabkan kulit kekurangan cairan atau dehidrasi. Akibatnya, sel kulit cepat mati dan sulit beregenerasi dengan baik, sehingga kulit pun jadi kusam serta belang.

5. Menggunakan Nutrisi dari Zat Alami Sebagai Masker


Beberapa tanaman memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi kulit, terutama untuk bagian wajah. Di antaranya ada pepaya yang mengandung enzim papain di dalamnya. Enzim ini dinilai mampu mengangkat sel kulit mati dan kotoran, juga membuat warna kulit lebih merata.


Nah, kamu bisa memanfaatkan pepaya sebagai masker alami, yaitu dengan menghaluskan dan oleskan ke wajah. Jadikan sebagai rutinitas, setidaknya dua kali seminggu. Selain pepaya, masih ada bahan lainnya yang efektif sebagai masker yang meratakan warna kulit wajah.


Gel lidah buaya adalah pilihan yang tak kalah bagus. Kandungan polisakarida di dalamnya memang efektif dalam memperbaiki elastisitas kulit, merangsang regenerasi sel, dan meratakan warna. Penggunaannya sebagai masker cukup mudah, yaitu dengan mengambil daging buahnya yang seperti gel.


Selanjutnya, oleskan gel tersebut ke permukaan wajah. kemudian, diamkan kurang lebih 10-15 menit sebelum membilasnya hingga bersih. Jika rutin melakukannya, kulit akan lebih halus, kenyal, dan cerah merata.


Terapkan lima cara meratakan warna kulit tersebut agar kondisinya sehat terawat dan tidak belang. Pastikan juga untuk selalu melindungi kulit dengan produk ber-SPF ketika beraktivitas di luar ruangan. Dengan begitu, kesehatan kulit wajah bisa tetap terjaga.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.