Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

5 Cara Merawat Mata Agar Tetap Sehat Seiring Bertambahnya Usia

Rizki Indra
Rizki Indra
04 Aug 2021
Clock Icon
3 menit
Jaga kesehatan mata dengan melakukan cara merawat mata yang benar.
Mata merupakan bagian tubuh yang sangat penting dijaga, sebab ini adalah jendela dunia yang berperan penting untuk hidup kita. Cara merawat mata bisa dibilang mudah, namun diperlukan konsistensi agar tetap rutin melakukannya. Dengan menjaga kesehatan mata Anda, tentunya akan terhindar dari gangguan pada penglihatan.
banner consideration shipping bg blue
Jika mata Anda sudah mengalami masalah atau gangguan tentu cara untuk mengatasinya menjadi tidak mudah. Bahkan kerusakan mata yang sudah parah bisa menyebabkan kebutaan. Mata yang sehat merupakan sebuah aset penting untuk Anda dapat melihat dunia beserta isinya yang begitu mengagumkan. Maka, jangan lupa untuk selalu merawat dan menjaga kesehatannya dengan benar. Inilah beberapa langkah merawat mata yang bisa dilakukan:

1. Perhatikan Jarak Saat Membaca Buku



Salah satu cara merawat mata yang benar adalah dengan memperhatikan jarak mata ketika membaca buku. Idealnya, jarak antara mata dengan buku adalah sekitar 30 cm. Hal ini dilakukan untuk mencegah resiko penyakit rabun dekat atau miopi. Selain itu, hindari juga membaca buku sambil tiduran. Sebab hal tersebut sangat beresiko untuk kesehatan mata Anda, salah satunya memicu penyakit miopi.

2. Pencahayaan Cukup



Jangan memaksakan diri untuk membaca buku atau belajar dengan pencahayaan yang redup. Hal tersebut tidak baik dilakukan sebab dapat mengganggu kesehatan mata Anda. Apabila mata sudah lelah jangan sampai mengucek mata. Apalagi ketika tangan dalam kondisi yang kotor. Sebab hal tersebut bisa menginfeksi organ mata Anda.

3. Istirahat dari Layar Komputer



Apabila Anda adalah seseorang yang bekerja lama di depan komputer, maka sebaiknya Anda mulai untuk mengambil waktu istirahat yang cukup. Caranya dengan mengalihkan mata setiap 20 menit sekali dari layar komputer. Atau Anda juga bisa melihat objek yang ada jauh di depan agar ketegangan mata berkurang.
banner consideration promotion bg blue
Terlalu lama menatap monitor, dapat mempengaruhi kesehatan mata Anda. Mata bisa menjadi kering, tegang, nyeri leher, pandangan kabur, sakit kepala, sakit punggung hingga bahu. Jika perlu, Anda juga bisa mengenakan kacamata anti radiasi agar dapat melindungi mata Anda saat bekerja dalam waktu lama di depan komputer.

4. Rutin Periksa Mata ke Dokter



Salah satu cara mencegah kerusakan mata juga bisa dilakukan dengan rutin memeriksakan diri ke dokter. Dengan begitu, Anda bisa memantau kondisi mata Anda secara teratur sehingga bisa mendeteksi dengan cepat apabila ada gangguan pada mata. Hal ini sangat dianjurkan untuk orang tua maupun muda minimal 2 tahun sekali.

Jangan menyepelekan kesehatan mata Anda. Apabila Anda merasakan mata merah dan terasa gatal, bisa segera atasi dengan obat tetes mata. Jika terasa ada butiran yang menyelip di mata, bilaslah dengan air yang bersih. Apabila terdapat gangguan lebih lanjut, segera hubungi dokter mata.

5. Mengonsumsi Makanan Sehat



Konsumsi makanan yang sehat juga menjadi hal yang penting sebagai cara menjaga kesehatan mata Anda. Perbanyak asupan makanan yang mengandung vitamin E dan C, zinc, asam lemak omega 3 serta lutein. Kandungan tersebut dapat Anda temukan pada makanan sayur-sayuran, tuna, kacang-kacangan dan lainnya.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Nah Lemonizen, itulah tadi 5 cara merawat mata yang penting untuk Anda perhatikan. Menjaga kesehatan mata harus disadari sejak muda agar kondisi mata tetap sehat hingga tua nanti. Jadi, jangan tunggu nanti ya, jaga kesehatan mata sekarang juga dengan menerapkan berbagai cara diatas!
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.