Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Tips Wirausaha

5 Cara Mudah Pakai Aplikasi Canva untuk Promosi Konten Jualan Kamu

Shella Rafiqah Ully
Shella Rafiqah Ully
12 Mar 2021
Clock Icon
4 menit
menggunakan canva

Salah satu kekuatan saat berjualan online adalah konten menarik yang diunggah ke media sosial. Konten yang paling banyak diunggah saat berjualan online tentunya berupa katalog produk. Berbeda dengan bisnis offline dimana calon pelanggan bisa melihat dan memilih langsung produk yang akan dibeli, maka bisnis online secara keseluruhan bergantung pada katalog produk di media sosial.


Itulah mengapa, katalog produk yang digunakan haruslah sangat menarik agar calon customer yakin produk yang kamu jual benar-benar berkualitas. Salah satu trik untuk membuat desain katalog produk yang cantik adalah dengan menggunakan beragam aplikasi desain yang tersedia, salah satunya adalah Canva. 


Berikut tips menggunakan Canva di kelas Wiranilo pekan lalu dari Syammas Fitria, salah satu Canva Creator yang bisa kamu ikuti agar bisa membuat desain katalog produk yang bagus dengan memaksimalkan Canva.


1. Cara akses Canva


Cara mengakses Canva bisa dibilang sangat mudah. Jika kamu menggunakan mobile phone, maka kamu bisa mengunduh aplikasinya via Google Store atau App Store. Sementara jika kamu ingin menggunakan Canva via laptop atau PC, maka kamu bisa langsung mengakses website www.canva.com.


Hal lain yang perlu diketahui tentang Canva adalah adanya dua pilihan yakni Canva Free dan Canva Pro. Jika kamu tidak ingin berlangganan dan menggunakan Canva Free, maka kamu harus memastikan semua elemen desain yang akan kamu gunakan juga dilabeli free. Jika tidak, akan muncul watermark dan hanya akan hilang jika kamu memilih berlangganan Canva Pro dengan membayarnya bulanan atau tahunan.


2. Elements dalam Canva



Elements yang dimaksud adalah template berbagai bentuk yang bisa mendukung desain yang kamu buat. Di Canva, elements yang tersedia antara lain garis, bentuk, bingkai, sticker, bagan, dan gradien. Tak hanya itu, Canva juga menyediakan kolom search jika kamu ingin mencari elements dengan tema lain disesuaikan dengan desain yang sedang kamu buat.


Tapi jika kamu pengguna Canva free, maka kamu juga harus menggunakan elements yang versi free. Syammas pun memberikan kode elements atau ilustrasi gratis yang bisa dipakai jika kamu pengguna Canva free. Yakni brand:BADeGZOX6Sc, brand:BAAAAP7rQ8M, brand:BADs2HYdjAU, brand:BAAMOuJHoEc.


3. Penggunaan foto dalam desain



Jika kamu ingin menambahkan foto dalam desain, Canva mempermudahnya dengan menyediakan beragam foto yang bisa digunakan dalam desain. Foto-foto yang tersedia berasak dari sejumlah kontributor Canva dan hanya boleh digunakan untuk mendukung desain yang kamu buat.


Sama halnya dengan elements, foto di Canva juga ada yang free dan berbayar. Selain itu, ada pula pilihan untuk mengedit foto atau yang lebih dikenal sebagai preset foto. Hal ini berguna untuk mengatur saturasi, kecerahan, tone warna, dan lain-lain.


Sementara kode foto free antara lain brand:BADPSfoNnvM dan brand:BADGSk3Wwk0.


4. Penambahan teks

Katalog produk tidak akan lengkap tanpa teks di dalamnya. Teks dalam desain sangat penting untuk memberitahu info-info penting soal produk, sebab masih banyak orang yang malas membaca caption dalam sebuah unggahan di media sosial.


Canva pun memiliki pilihan font yang cukup lengkap yang bisa kamu gunakan dalam membuat desain. Menurut Syammas, untuk menambahkan teks dalam satu desain, minimal menggunakan 2 jenis font dan maksimal 3 jenis font. Jenis font yang dimaksud adalah tebal, tipis, dan sangat tipis.


Jenis font yang direkomendasikan oleh Syammas antara lain Monserrat dan Poppins. Alasannya kedua jenis font ini bisa terbaca dengan jelas jika dimasukkan dalam desain.


5. Pemilihan warna



Warna tentu menjadi hal paling krusial dalam membuat desain. Pemilihan warna haruslah tepat dan matching agar desain tidak terlihat “berantakan”. Syammas menjelaskan dalam desain ada yg disebut RGB (red green blue) yang merupakan warna dasar. Dari warna-warna inilah bisa tercipta warna-warna sekunder tersier.


Lalu bagaimana trik untuk memilih warna yang cocok? Syammas menyarankan untuk kamu mengenal roda warna. Dari roda warna itu, kamu bisa memilih warna-warna apa saja yang cocok jika dipadukan.


Antara lain skema warna berseberangan, artinya kamu memilih warna inti yang akan kamu gunakan, lalu cari warna di seberangnya dalam roda warna. Kedua warna tersebut jika disatukan akan terlihat apik.


Skema warna analog, yakni pilih warna inti lalu lihat di kanan dan kiri terdapat warna apa saja yang bisa dipadukan.


Terakhir, skema warna segitiga sama sisi atau triadic. Caranya buat segitiga sama sisi dalam roda warna, lalu satukan ketiga warna tersebut.


Itulah sederet tips yang bisa kamu gunakan untuk memaksimalkan Canva dalam membuat desain. Syammas juga tak ketinggalan memberi tips untuk menghilangkan background foto jika dibutuhkan untuk membuat desain. Caranya dengan mengakses website Pixlr Remove Background.


Selain itu, Syammas juga mengingatkan pentingnya membuat ukuran desain yang pas dan tidak melebihi garis margin. Adapun ukuran desain antara lain square: 1080x1080, instagram story dan IGTV: 1080x1920.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.