5 Cara Pakai Toner yang Baik dan Benar Agar Awet dan Maksimal Hasil Printnya

01 Sep 2020 @ 10:23:00
Toner adalah adalah produk wajah yang terbuat dari bahan dasar air dan memiliki kandungan spesifik untuk kebutuhan wajah. Toner dapat menghilangkan minyak, mengangkat sisa-sisa makeup, dan manfaat lainnya. Namun, masih banyak yang belum tahu cara pakai toner yang baik dan benar serta fungsi asli dari toner itu sendiri. Inilah 6 fungsi dan cara pakai toner yang harus kamu ketahui: 

1. Mengangkat Sisa Kotoran

Fungsi dari toner yang pertama adalah untuk mengangkat sisa-sisa kotoran yang ada di wajah. Toner berfungsi untuk membantu membersihkan sisa kotoran, minyak, dan make up yang tidak terangkat di wajah saat menggunakan susu pembersih atau sabun.

2. Mencegah Kulit Kering

Fungsi toner selanjutnya dapat mencegah hilangnya air dan kelembaban pada permukaan kulit. Fungsi toner ini sangat penting untuk menjaga kesehatan semua jenis kulit wajah, terutama kulit wajah yang kering.

3. Mengatasi Jerawat

Toner bisa menjadi solusi mengatasi jerawat jika penggunaannya dibarengi dengan produk untuk mengatasi jerawat. Kondisi jerawat yang termasuk ringan dapat diredakan dengan pemakaian toner yang mengandung asam salisilat atau benzoil peroksida. Ini berfungsi untuk membersihkan pori-pori, mencegah timbulnya jerawat dan komedo.

4. Melembapkan Kulit

Untuk mengembalikan kelembaban kulit kamu, oleskan toner secara merata setelah selesai mencuci muka. Fungsi toner ini bisa didapatkan dari toner yang mengandung asam amino, mineral oil, atau hyaluronic acid.

5. Menghilangkan Minyak di Kulit

Jenis toner yang tergolong astringent dapat membantu mengurangi minyak pada permukaan kulit wajah. Toner jenis ini juga berfungsi untuk mengurangi kilap, sehingga riasan wajah jadi lebih awet.

6. Menyeimbangkan pH Kulit

Tingkat keasaman kulit (pH) bisa berubah akibat dari pengaruh produksi minyak, polusi, make up, dan produk kecantikan yang mengandung alkohol. Pakailah jenis toner dengan tingkat keasaman kulit di pH 5 - 5,5, sesuai pH alami kulit.

Setelah mengetahui fungsi toner, inilah panduan cara pakai toner dengan benar: 

1. Gunakan Setelah membersihkan Wajah



Bersihkan wajah kamu terlebih dulu menggunakan sabun pembersih wajah. Jika sedang menggunakan make up, sebaiknya bersihkan dulu sisa make up menggunakan make up remover, dan lanjutkan dengan produk pembersih wajah.

2. Tangan Harus Bersih



Cuci tangan dulu sebelum menggunakan toner. Hal ini karena toner akan berfungsi secara maksimal jika tangan dalam keadaan bersih sehingga kotoran dari tangan tidak akan menempel  pada wajah dan menimbulkan kotoran baru.

3. Gunakan Kapas



Selanjutnya tuangkan satu hingga tiga tetes toner ke kapas. Pastikan produk yang ada di kapas cukup untuk seluruh wajah kamu, tapi sebisa mungkin jangan sampai terlalu basah. Lalu usapkan kapas yang telah diberi toner ke seluruh wajah dan leher dengan arah ke atas wajah dan beri tekanan yang cukup agar wajah menjadi segar.

4. Gunakan Pagi dan Malam Hari


Pakailah toner secukupnya, kalau berlebihan justru akan membuat wajah memproduksi minyak berlebih dan berisiko timbulnya jerawat. Gunakan toner pada pagi dan malam hari, terutama bagi pemilik kulit berminyak. Sementara untuk kulit kering, gunakan toner hanya pada malam hari untuk mengurangi penyumbatan pori-pori. Pakailah toner setelah kamu membersihkan wajah, sebelum menggunakan perawatan wajah dan serum. Toner bisa dijadikan pelindung untuk kotoran dan minyak.

5. Pakai Pelembab



Setelah menggunakan toner, pakailah pelembab sesuai jenis kulit wajah kamu. Hal ini agar kulit tetap lembab, halus, dan kulit wajah kamu akan lebih sehat.

Itulah 5 cara pakai toner yang baik dan benar. Dengan memahami penggunaan toner yang benar, kamu bisa memaksimalkan khasiat dan fungsi toner untuk kesehatan kulit wajah kamu. Selamat mencoba! 

Artikel Terkait

Ketahui 6 Manfaat Masker Putih Telur dan Cara Membuatnya
Ada banyak sekali manfaat masker putih telur untuk kesehatan kulit wajah dan kecantikan kamu..
Rizki Indra
17 September 2020
7 Manfaat Air Mawar yang Bukan Hanya Untuk Hiasan Ruangan
Ada 7 manfaat air mawar yang sangat baik untuk kecantikan dan kesehatan kulit kamu, apa aja sih?..
Rizki Indra
17 September 2020
7 Manfaat Lidah Buaya (Aloe Vera) Untuk Kecantikan
Tahukah kamu? Ternyata ada banyak sekali manfaat lidah buaya atau aloe vera untuk kecantikan..
Rizki Indra
16 September 2020