Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Tips Wirausaha

5 Contoh Promosi Bisnis yang Menarik untuk Dilakukan

Rizki Indra
Rizki Indra
18 Aug 2021
Clock Icon
3 menit
Banyak contoh promosi yang bisa dicoba pengusaha pemula agar produk laris manis.

Ragam macam contoh promosi di bawah ini menjadi kunci sukses dalam dunia bisnis. Tanpa penerapan promosi yang tepat, suatu bisnis tidak bisa berjalan secara optimal. Bahkan dalam beberapa kasus, bisnis akan kacau dan terpaksa gulung tikar. Lalu, apa saja sih contoh promosi bisnis yang bisa diaplikasikan pelaku usaha?

1. Cashback


Cashback merupakan sebuah penawaran yang memungkinkan pelanggan memperoleh pengembalian uang tunai atau virtual dengan persentase tertentu setelah menyelesaikan transaksi pembelian suatu produk dengan syarat dan ketentuan sebagaimana berlaku. Saat ini, cashback merupakan bentuk promosi yang paling banyak digunakan para pelaku bisnis. Bisa dibilang, melakukan promosi cashback adalah trik yang tepat jika pelaku usaha berkeinginan meningkatkan engagement dengan pelanggan, serta memperoleh kepercayaan atas produk yang ditawarkan.

2. Diskon


Potongan harga atau yang juga populer dengan sebutan diskon merupakan suatu keuntungan yang bisa diraih konsumen saat melakukan transaksi dengan potongan harga yang mempunyai persentase tertentu. Secara garis besar, diskon cukup berbeda dengan cashback yang memberikan pengembalian uang setelah konsumen berbelanja. Sebab, diskon sendiri dikonotasikan sebagai pemberian pengurangan harga pada produk yang dijajakan saat itu juga.


Dari pengertian di atas, jelas bahwa diskon sejatinya merupakan sebuah permainan harga saja. Pasalnya, sebelum menjatuhkan diskon pada suatu produk, penjual biasanya akan menaikkan harganya terlebih dahulu. Walau begitu, metode promosi satu ini cukup efektif untuk dilakukan dalam penjualan.

3. Flash Sale


Flash sale atau yang biasa disebut penjualan kilat sebenarnya cukup mirip dengan diskon. Hanya saja produk yang ditawarkan memiliki stok terbatas dan dalam waktu sangat singkat. Metode ini diklaim mampu meningkatkan brand awareness pada konsumen. Hingga saat ini, sudah banyak perusahaan besar yang menerapkan strategi promosi ini. Telah terbukti pula produk yang dijual laku terbeli dan bisa meningkatkan omzet penjualan dalam waktu singkat.

4. Buy 1 Get 1 Free


Tak hanya berlaku pada toko-toko konvensional, promo buy 1 get 1 free bisa ditemui dengan mudah pada toko online. Alternatif promosi ini pada dasarnya memiliki konsep serupa dengan diskon, namun dengan syarat khusus. Promo buy 1 get 1 free mempunyai nilai yang sama seperti ketika kita membeli produk dengan diskon 50% dan sisanya digunakan untuk pemberian produk sama. Ini jelas tidak jauh berbeda dengan memberikan pelanggan setengah harga dalam menjual sebuah produk dan memberikan mereka produk itu dalam hitungan gratis.


Jika Anda berniat untuk mempercepat perputaran uang kas dalam bisnis, maka metode promosi ini adalah strategi yang paling tepat untuk diterapkan. Namun perlu diingat, keuntungan yang diperoleh tidaklah sebesar harga normal.

5. Gift Box


Gift box adalah hadiah yang sengaja diberikan oleh suatu bisnis sebagai bentuk apresiasi atas konsumen yang membeli sebuah produknya. Singkatnya, konsumen akan menerima produk lain dalam bentuk hadiah atas transaksi pembelian yang dilakukannya.


Umumnya, jenis produk hadiah berhubungan erat dengan produk utama yang dipasarkan. Misalnya saja pengusaha memasarkan handphone sebagai produk utamanya, maka gift box yang diberikan bisa dalam bentuk headset, hard case, pelindung layar, atau yang lainnya.


Itulah beberapa contoh promosi yang bisa Anda pertimbangkan untuk digunakan demi meningkatkan omzet penjualan bisnis Anda. Jika metode-metode promosi sebagaimana disebutkan di atas diikuti dengan kemampuan pengusaha dalam mengadakan promosi seperti ketersediaan barang ataupun kemampuan finansial yang kuat, suatu bisnis bakal sukses menorehkan namanya dalam jajaran usaha beromzet tinggi!

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.