Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Tips Wirausaha

5 Contoh Usaha Perseorangan yang Menguntungkan

Rizki Indra
Rizki Indra
07 Aug 2021
Clock Icon
3 menit
Banyak contoh usaha perseorangan yang mudah dilakukan dan menguntungkan.

Di era saat ini, banyak orang yang lebih memilih membuka usaha sendiri dibandingkan harus bekerja di perusahaan. Salah satu contoh usaha perseorangan yang bisa mulai ditekuni dalam skala kecil yaitu seperti catering rumahan, kerajinan tangan, jasa bimbel dan lainnya. Dalam menjalankan usaha memang dibutuhkan proses yang panjang untuk mencapai kesuksesan.


Oleh karena itu sebaiknya mulailah membuka usaha dari skala kecil untuk meminimalisir kerugian yang besar. Saat dirasa usaha yang dijalankan mulai berkembang dan cukup menjanjikan untuk kedepannya. kamu bisa mulai memperbesar skala usaha tersebut dengan penambahan modal yang lebih besar.


Usaha perseorangan merupakan jenis usaha yang hanya dimiliki satu orang dan tidak berbadan hukum atau tidak didaftarkan sebagai kemitraan, korporasi, dan perseroan terbatas (PT). Ketika terjadi masalah, seperti digugat karena ada suatu insiden atau permasalahan hutang. Pemilik akan bertanggung jawab secara pribadi dalam menanganinya.


Jika kamu masih bingung memilih usaha yang tepat, berikut ini beberapa contoh usaha perseorangan yang berpeluang mendatangkan keuntungan yang cukup menjanjikan.

1. Catering Rumahan


Membuka usaha catering rumahan menjadi salah satu usaha perseorangan yang bisa dimulai dari skala kecil. kamu tidak memerlukan modal usaha yang besar untuk memulainya. kamu bisa mulai menawarkan jasa catering di acara-acara kecil.


Seperti arisan, ulang tahun, reuni, acara keluarga dan lainnya. kamu bisa mulai merekrut karyawan ketika usaha catering yang dijalankan sudah berkembang dengan baik dan memiliki pelanggan yang cukup banyak. Dalam usaha catering berskala besar, dibutuhkan beberapa karyawan untuk membantu memasak, menerima pesan, mengemas, dan mengantar makanan.

2. Usaha Kerajinan Tangan


Bagi para ibu rumah tangga yang memiliki banyak waktu luang di rumah, bisa mulai mencoba menekuni usaha kerajinan tangan ini. Usaha kerajinan tangan tidak melulu membuat benda-benda seni yang proses pengerjaannya rumit. Kamu bisa mulai membuat souvenir seperti boneka flanel mini, bros bunga dari daun kering dan lainnya.


Kamu bisa menawarkannya sebagai souvenir untuk acara ulang tahun, pernikahan, acara bisnis dan lain-lain. Untuk memulainya kamu bisa mulai menawarkannya kepada tetangga, teman, keluarga, dan kerabat. Atau bisa juga menjualnya melalui platform media sosial dan e-commerce.

3. Bisnis Bimbingan Belajar


Bagi yang memiliki keahlian sebagai tenaga pengajar, kamu bisa mulai menjalankan usaha bimbingan belajar untuk anak-anak yang membutuhkan tambahan pembelajaran. Jika tidak memiliki latar belakang sebagai tenaga pengajar mata pelajaran tertentu.


Kamu bisa mulai membuka bimbingan belajar untuk anak-anak kelas 1 hingga 3 SD karena materi pelajarannya lebih mudah. Jika dirasa yakin dan memiliki banyak relasi yang membutuhkan jasa bimbingan belajar, kamu bisa merekrut orang sebagai tenaga pengajarnya.

4. Online Shop


Bagi ibu-ibu muda yang ingin memiliki penghasilan tambahan, bisa juga mencoba bisnis online shop. Kamu tidak perlu repot-repot berjualan di toko karena ada banyak e-commerce yang bisa digunakan untuk berjualan. Bisnis online shop lebih hemat modal karena kamu tidak perlu menyewa atau membeli tempat untuk berjualan karena bisa dilakukan di rumah. Di samping itu kamu bisa sambil mengurus si kecil.

5. Menjadi Content Creator


Saat ini menjadi content creator merupakan peluang usaha yang paling menguntungkan. Banyak content creator yang menghasilkan pendapatan besar dengan menghasilkan konten berupa video, gambar, atau artikel. Ada berbagai macam platform yang bisa digunakan. Bagi kamu yang memiliki kemampuan membuat konten berupa video, platform seperti YouTube, Instagram, dan TikTok bisa dicoba. Bagi kamu yang suka menulis dan membuat konten berupa artikel, website merupakan platform yang tepat untukmu.


Itulah 5 contoh usaha perseorangan yang bisa kamu coba untuk menambah penghasilan. Untuk mencapai titik kesuksesan, hal utama yang diperlukan adalah niat dan kesungguhan. Semoga daftar diatas bisa menjadi inspirasi usaha untuk kamu ya!

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.