Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

5 Dampak Buruk Minuman Bersoda Bagi Kesehatan Tubuh Kita

Rizki Indra
Rizki Indra
04 Aug 2021
Clock Icon
3 menit
Minuman bersoda memiliki dampak buruk yang wajib diketahui.
Apakah Anda suka minuman bersoda? Jika iya, maka Anda harus mulai mengurangi kebiasaan ini mulai sekarang. Minuman bersoda memang sangat segar saat dinikmati terutama di siang hari. Soda sendiri terbuat dari air melalui proses pencampuran karbon dioksida (karbonasi) dengan tekanan tinggi. Sehingga saat diminum mampu menimbulkan sensasi tertentu yang menyegarkan.
banner consideration shipping bg blue

Namun sebaiknya Anda tidak terlalu sering mengkonsumsi minuman bersoda ini sebab dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Hal ini dikarenakan pada minuman bersoda umumnya mengandung pengawet, pewarna, sodium dan zat tambahan lain. Kandungan tersebut apabila dikonsumsi setiap hari dapat menimbulkan berbagai penyakit. Berikut adalah beberapa dampak buruk jika Anda terlalu sering mengkonsumsi minuman bersoda:

1. Kekurangan Vitamin



Soda bisa berpengaruh terhadap penyerapan vitamin D dari minuman maupun makanan yang Anda konsumsi. Apabila Anda minum minuman bersoda setiap hari, tentu bisa menyebabkan lemahnya tulang sehingga terjadi osteoporosis maupun hipertensi. Selain itu, rutin minum soda setiap hari juga bisa bereaksi menolak susu yang Anda minum.

Susu kaya akan kalsium dan vitamin D yang tentunya dibutuhkan oleh tubuh. Sehingga mampu memperkuat tulang serta mencegah penyakit. Sehingga sangat tidak bagus mengkonsumsi minuman soda setiap hari, apalagi untuk anak-anak yang masih pada tahap pertumbuhan.

2. Terjadi Kerusakan Gigi



Dampak buruk lainnya yang bisa Anda alami jika rutin minum minuman bersoda adalah kerusakan gigi. Pada minuman bersoda, mengandung gula yang sangat tinggi yaitu fruktosa dan glukosa. Kandungan gula tersebut dapat membuat gigi Anda berlubang serta menyebabkan masalah kesehatan gigi lainnya. Minum minuman soda secara berlebihan juga bisa merusak enamel gigi di mulut. Gigi Anda akan terus mengalami serangan jika Anda tidak mengurangi konsumsi minuman tersebut.
banner consideration promotion bg blue

3. Terjadi Obesitas



Sungguh hanya sebuah mitos yang menyebutkan bahwa minuman soda bisa dikonsumsi untuk mencegah naiknya berat badan. Karena sebenarnya, dengan mengkonsumsi minuman soda secara rutin malah bisa membuat Anda mengalami obesitas. Hal ini dikarenakan kandungan gula pada minuman soda bisa 200-600 kali lipat banyaknya. Hal tersebut tentunya dapat membuat lemak di perut jadi menumpuk tiga kali lipat. Apalagi risiko obesitas juga berkaitan dengan penyakit jantung dan stroke.

4. Kanker



Dampak buruk dari minuman yang bersoda adalah bisa memicu munculnya penyakit kanker yang jelas sangat berbahaya untuk tubuh. Pada minuman bersoda terdapat kandungan benzena yang berbahaya karena bisa jadi penyebab kanker. Benzena bisa terbentuk saat asam benzoat bercampur dengan logam (misal besi/ tembaga) dan asam askorbat. Campuran dari bahan-bahan berbahaya ini membentuk reaksi kimia sehingga menjadi benzena yang merupakan bahan kimia penyebab kanker.

5. Mengganggu Kinerja Otak



Dampak buruk terakhir yang akan Anda dapatkan jika mengkonsumsi minuman bersoda setiap harinya adalah bisa mengganggu kinerja otak. Hal ini dikarenakan terdapat pemanis buatan dalam kandungannya.  Pemanis buatan yang digunakan biasanya aspartam yang mengandung fenilalanin. Kandungan tersebut jika dikonsumsi rutin bisa membuat fungsi otak menjadi terganggu, mengalami kejang hingga gangguan genetik fenilketonuria yang lainnya.
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Nah itu tadi 5 dampak buruk yang bisa terjadi pada tubuh Anda apabila terlalu sering mengkonsumsi minuman bersoda. Minuman bersoda memang sangat menyegarkan saat diminum apalagi ketika cuaca sedang gerah. Namun, daripada terlalu banyak mengkonsumsi minuman bersoda, sebaiknya Anda mulai beralih mengkonsumsi minuman yang sehat untuk menjaga tubuh Anda.
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.