Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

5 Efek Samping Daun Salam di Balik Manfaatnya

Rizki Indra
Rizki Indra
18 Dec 2020
Clock Icon
3 menit
Efek samping daun salam wajib diketahui.
Siapa sangka dibalik manfaatnya, ternyata ada beberapa efek samping daun salam yang harus diwaspadai? Daun salam merupakan salah satu rempah-rempah yang paling sering digunakan di Indonesia untuk penyedap makanan. Selain dapat membuat makanan menjadi lebih sedap, ternyata daun yang satu ini memang memiliki banyak manfaat untuk tubuh.
banner consideration shipping bg blue

Namun, dibalik manfaatnya efek samping daun salam juga tidak bisa dihindari. Daun salam dapat bereaksi terhadap obat-obatan tertentu, sehingga mengganggu cara kerja obat tersebut. Selain itu, daun salam juga memiliki efek merugikan lain untuk kesehatan. Berikut efek samping dari daun salam yang harus diketahui:

1. Mengganggu Pencernaan Jika Dikonsumsi Utuh



Biasanya daun salam akan disingkirkan sebelum makanan disajikan supaya makanan terlihat lebih estetik. Namun, menyingkirkan daun salam memang perlu dilakukan, agar tidak tertelan saat makan. Jika daun salam ditelan secara utuh, tubuh tidak bisa mencernanya sehingga bisa membuat tenggorokan tersumbat bahkan melukai organ-organ di saluran cerna. Meski begitu, daun ini aman untuk dikonsumsi dalam bentuk bubuk atau dalam bentuk potongan dan aman dikonsumsi sebagai obat hanya dalam jangka waktu pendek.

2. Mengganggu Jalannya Operasi



Apa hubungan antara operasi dengan daun salam? Walaupun terlihat cukup jauh, namun jika kamu mengonsumsi daun salam sebagai obat herbal sebaiknya hentikan dulu penggunaannya, setidaknya dua minggu sebelum kamu menjalani operasi. Ini karena daun salam dipercaya dapat memperlambat kerja sistem dari saraf pusat. Saat menjalani operasi, pasien akan  mendapatkan obat bius yang proses kerjanya berkaitan dengan sistem saraf pusat. Begitu juga dengan obat yang diberikan setelah melakukan operasi, maka akan terganggu kinerjanya.
banner consideration promotion bg blue

Efek Samping Daun Salam Untuk Pengobatan yang Sedang Dijalani



Jika sehari-hari kamu sedang mengkonsumsi berbagai jenis obat dan masih ingin menggunakan daun salam sebagai alternatif, sebaiknya pastikan dulu jenis obat apa yang sedang dikonsumsi. Ini karena daun salam bisa bereaksi dengan beberapa jenis obat. Akibatnya dapat mengganggu dan menurunkan efektivitas obat tersebut.

1. Efek Samping Pada Obat Diabetes


Rebusan air daun salam dan obat alternatif yang mengandung ekstrak daun salam dipercaya bisa menurunkan kadar gula dalam darah. Jika kamu sedang mengkonsumsi obat penurun gula darah, jangan diminum bersama dengan obat daun salam.

Mengonsumsi keduanya bersamaan akan membuat kadar gula darah turun drastis dan justru malah membahayakan untuk kesehatan kamu. Pastikan berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi obat alternatif apapun.

2. Efek Samping Pada Obat Anti Nyeri


Saat ada obat anti nyeri yang kamu konsumsi, tubuh akan mengolahnya untuk dapat diserap dan membuang sisanya yang tidak dibutuhkan oleh tubuh. Daun salam bisa memperlambat pembuangan dari sisa pencernaan obat tersebut. Akibatnya, efek obat maupun efek sampingnya justru semakin meningkat. 
Namun, tidak semua obat pereda nyeri yang berinteraksi dengan daun salam menimbulkan efek samping. Hanya obat golongan narkotika seperti meperidine, hydrocodone, dan morphine yang akan mengalami perubahan saat proses kinerjanya.

3. Efek Samping Pada Obat Tidur


Efek obat tidur bisa mengalami perubahan jika dikonsumsi secara bersamaan dengan obat herbal lain yang mengandung daun salam. Ini terjadi karena daun salam sendiri sudah bisa menyebabkan orang yang mengonsumsinya merasa mengantuk. Jika keduanya dikonsumsi secara bersamaan, kamu akan merasakan kantuk yang teramat sangat. Obat tidur yang dimaksud, seperti lorazepam, clonazepam, dan phenobarbital.
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Demikian 5 efek samping daun salam di balik manfaatnya yang akan berakibat pada kesehatan kamu. Melihat beberapa efek samping ini, maka akan dianjurkan untuk berhati-hati saat mengkonsumsi daun salam ya. Jangan sampai mengabaikan anjuran dan batasan konsumsi daun salam yang baik.
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.