Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

5 Efek Samping Waxing yang Harus Kamu Tahu

Rizki Indra
Rizki Indra
16 Nov 2021
Clock Icon
3 menit
Efek samping waxing penting diketahui sejak dini.

Waxing adalah salah satu bentuk perawatan kulit yang mungkin sudah sering kamu lakukan. Dapat membuat kulit tampak halus dan mulus, tetapi ternyata efek samping waxing bukan hal yang remeh dan bisa jadi sangat serius, lho. Apalagi pada orang dengan tingkat sensitivitas kulit tinggi, risikonya justru semakin besar, sehingga bukannya mendapat kulit mulus, sebaliknya justru merusak kesehatannya.


Apabila melakukan waxing secara benar oleh praktisi ahli seperti pada klinik kecantikan terpercaya, metode ini cukup efektif. Kulit menjadi lebih mulus karena bulu halus, kotoran, dan sel yang mati akan tercabut. Sayangnya, pada kondisi tertentu, ada risiko efek samping yang mengintai, seperti berikut ini:

1. Iritasi Kulit


Munculnya kemerahan dan terasa perih setelah waxing memang umum terjadi. Hal ini karena efek dari menarik paksa rambut halus hingga ke akarnya. Selama bukan merupakan kondisi yang parah, mengatasi efek ini bisa dengan mengompresnya menggunakan kain lembut dan dingin.


Namun, apabila iritasi ini cukup parah, bahkan hingga mengalami pendarahan, sebaiknya melakukan perawatan lebih lanjut agar luka tersebut tidak infeksi. Iritasi yang berlebihan juga bisa merusak bagian terluar kulit, sehingga dapat menimbulkan berbagai keluhan lainnya.

2. Menimbulkan Reaksi Alergi


Tidak semua orang cocok pada suatu lilin waxing. Pada orang dengan jenis kulit sensitif, mungkin akan mudah mengalami reaksi alergi. Hal ini terjadi karena ia tidak cocok pada bahan yang terkandung pada suatu produk tertentu. Reaksinya bisa berupa ruam, gatal, kemerahan, hingga muncul benjolan bernanah.


Apabila hal tersebut terjadi, sebaiknya langsung menghubungi dokter untuk segera mendapatkan penanganan. Jika tidak, khawatirnya kondisi ini akan memicu gangguan kesehatan kulit yang lebih parah. Jadi, apabila kulit kamu sensitif, sebaiknya konsultasi dahulu untuk mengetahui jenis produk yang cocok.

3. Luka Pada Kulit


Efek samping lain yang bisa terjadi akibat tindakan waxing yang kurang tepat adalah terjadinya luka. Salah satu hal yang menjadi penyebabnya, penggunaan krim dengan kandungan retinol sebelum waxing. Krim jenis ini memberikan efek pengelupasan atau eksfoliasi kulit.


Kombinasi produk retinol dengan lilin wax bisa jadi berbahaya, karena dapat menimbulkan luka pada kulit. Oleh sebab itu, sebaiknya hentikan dahulu penggunaan krim dengan kandungan retinol setidaknya seminggu sebelum melakukan metode waxing ini.

4. Membuat Kulit Melepuh


Ada dua jenis lilin wax, yaitu panas dan dingin. Jika lilin dalam kondisi terlalu panas, kulit akan melepuh dan mengalami luka bakar. Risiko ini justru merusak pigmen pada kulit di area tersebut. Biasanya, waktu pemulihannya cukup lama, bahkan pada orang tertentu bisa berbulan-bulan baru pulih kembali.

5. Rambut Menjadi Tumbuh Ke Dalam


Metode waxing yang benar adalah mengoleskan lilin ke kulit searah tumbuhnya rambut halus. Selanjutnya menempelkan kain atau strip kertas pada area lilin tersebut, kemudian menarik cepat ke arah berlawanan. Hal ini membuat rambut akan tercabut hingga bagian akarnya.


Pada beberapa kasus, cara tersebut bisa membuat rambut baru tidak mampu menembus kulit, sehingga justru tumbuh ke dalam. Kondisi ini bisa sangat mengganggu dan memicu terjadinya, ruam, rasa gatal, bahkan tumbuhnya jerawat pada kulit yang terasa sangat sakit.


Orang dengan kulit sensitif, ibu hamil, penderita diabetes, atau memiliki riwayat eksim, sebaiknya menghindari melakukannya. Adapun orang yang sedang mengalami iritasi, luka terbuka dan sunburn, juga harus memastikan kulitnya sudah sehat dahulu sebelum waxing.


Memiliki kulit mulus dan halus merupakan idaman banyak wanita. Tidak sedikit yang rela merasakan sakitnya proses waxing. Namun, jika berisiko mengalami efek samping waxing yang serius, sebaiknya mempertimbangkan terlebih dahulu agar tidak menyesal kemudian. Kamu juga bisa berkonsultasi pada dokter kulit sebelum melakukan waxing untuk mengantisipasi adanya kendala seperti alergi, luka kulit, dan lain sebagainya.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.