Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Tips Wirausaha

5 Etika Berjualan Online yang Kamu Perlu Tahu

Shella Rafiqah Ully
Shella Rafiqah Ully
04 Aug 2021
Clock Icon
3 menit
etika jualan online

Saat mulai memutuskan untuk berjualan online, ada satu tantangan yang tak boleh luput kamu pikirkan. Yakni menumbuhkan kepercayaan pelanggan saat tidak pernah saling bertatap muka. Itulah mengapa menerapkan etika dalam berbisnis online sangat penting untuk dilakukan.

banner consideration shipping bg blue


Lalu apa saja sih etika berjualan online yang harus kamu terapkan dalam berbisnis? Setidaknya ada 5 hal ini yang harus kamu pahami. Hal ini bertujuan agar bisnis online yang kamu jalankan semakin dipercaya oleh pelanggan.


1. Selalu jujur dengan kondisi produk yang kamu jual

Saat memutuskan untuk berbelanja online, pembeli akan mempercayakan sepenuhnya deskripsi kondisi barang kepada seller karena saat memilih produk, pembeli tidak bisa melihatnya secara langsung. Di sinilah kejujuran seller sangat dibutuhkan. Sebagai seller, kamu harus memberitahu secara jujur kondisi produk yang ditanyakan oleh customer, tanpa dilebihkan dan dikurangi.


Jika kamu mendeskripsikan secara tidak benar dan customer akhirnya kecewa, maka mungkin saja tidak akan ada customer yang mau melakukan repeat order dan toko online-mu dianggap tidak kredibel dan diberi cap penipu. Jadi, kejujuran adalah etika paling pertama yang harus kamu terapkan dalam berbisnis online.


2. Menjawab semua pertanyaan yang diajukan customer

Sebelum membeli, biasanya customer akan banyak bertanya. Apalagi jika ia baru pertama kali membeli di tokomu. Sebagai seller, kamu harus menjawab semua pertanyaan yang diajukan dengan sabar.


Sekalipun pertanyaan yang diajukan sudah ditulis dalam deskripsi produk, terkadang memang ada tipe customer yang malas membaca dan lebih memilih bertanya langsung kepada seller. Gunakan kesempatan ini untuk meyakinkan calon customer jika produk yang kamu jual benar-benar memiliki kualitas yang sangat baik, tapi tentu dengan mengedepankan kejujuran.

banner consideration promotion bg blue


3. Menggunakan bahasa yang sopan saat melayani customer

Ungkapan pembeli adalah raja terkadang memang ada benarnya. Sebagai seller, kamu harus bisa memperlakukan mereka bak raja. Selain memberikan pelayanan terbaik, bahasa yang kamu gunakan saat melayani mereka juga harus sopan dan ramah.


Apalagi dalam berbisnis online, kontak antara kamu dan customer hanya dilakukan via chat. Jadi kamu harus benar-benar menata bahasa yang sopan agar tidak terjadi kesalahpahaman.


4. Menjaga kerahasiaan data pelanggan

Saat melakukan transaksi, kamu pasti mengetahui data pelanggan secara lengkap seperti nama, nomor handphone, dan alamat lengkap. Sebab data-data tersebut sangat diperlukan dalam melakukan transaksi online.


Namun, meski kamu mengetahui data-data pribadi tersebut, jangan sampai kamu menyalahgunakannya. Kamu pun tidak berhak untuk menyebarkannya. Pastikan kamu menggunakan data-data tersebut sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan saja.


5. Packing barang dengan rapi dan aman

Setelah memberikan pelayanan terbaik dalam proses transaksi, kualitas packing produk adalah salah satu hal terakhir yang harus kamu perhatikan sebelum mengirim produk. Pastikan kamu membungkus produk dengan sangat aman dan rapi. Packaging yang apik akan makin meningkatkan kepercayaan customer pada toko online-mu.


Jangan sampai hanya karena packaging yang tidak aman, produk yang kamu kirimkan mengalami kerusakan saat sampai di tangan customer. Hal ini tentu saja akan menurunkan penilaian customer terhadap tokomu. Jangan pelit untuk mengeluarkan lebih banyak modal untuk membeli package box yang kuat dan bubble wrap yang akan melindungi produkmu sampai ke tangan customer.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green


Itu dia beberapa etika berbisnis online yang harus selalu kamu ingat dan terapkan. Selama kamu memberikan pelayanan terbaik secara konsisten, reputasi baik toko online-mu pun akan terbentuk seiring berjalannya waktu. Dan menyusul hal tersebut, akan makin banyak calon customer yang ingin berbelanja di toko milikmu.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.