5 Fakta Unik Manfaat Anggur untuk Tubuh, dan Mampu Mencegah Kanker

15 Sep 2020 @ 10:32:58
Anggur merupakan buah yang dulunya disuguhkan sebagai hidangan spesial para raja pada zaman Yunani. Buah berbentuk bulat kecil dengan warna ungu, hijau, dan merah ini mempunyai cita rasa yang segar dengan rasa sedikit masam bercampur manis. Selain sebagai buah pencuci mulut, nyatanya anggur mempunyai segudang manfaat untuk tubuh. Apa saja manfaat anggur yang sayang untuk dilewatkan?

1. Mencegah Kanker



Seperti yang kita ketahui, jika penyakit kanker adalah salah satu penyakit dengan jumlah angka kematian yang tinggi. Belum ditemukan pasti apa obat yang ampuh untuk mengobati penyakit ini. Meskipun demikian, banyak makanan yang mempunyai kandungan untuk mencegah terjadinya penyakit kanker.

Kandungan resveratrol yang merupakan antioksidan alami dalam buah anggur mampu membantu mencegah pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Zat ini mampu menekan laju pertumbuhan sel tumor dan kanker terutama yang bertumbuh di payudara, lambung, hati, dan getah bening. 

2. Melawan Penuaan Dini


Tidak hanya kandungan resveratrol yang baik untuk mencegah kanker, ternyata buah anggur juga mengandung antioksidan lainnya seperti quercetin dan rutin. Ketiga antioksidan ini bermanfaat untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh yang bisa menyebabkan penuaan dini.

Seperti yang kita ketahui, bahwa radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh bisa menyebabkan kerusakan sel, protein, DNA, serta gangguan keseimbangan dalam tubuh. Kerusakan sel inilah yang bisa menyebabkan penuaan dini, dengan gejala kulit keriput, rambut beruban, atau tulang keropos.

3. Menurunkan Kadar Kolesterol



Manfaat anggur selanjutnya adalah mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Hal ini karena di dalam anggur berwarna merah mengandung resveratrol dan saponin yang bisa menjadi cara alami menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida.

Kedua zat ini akan menangkap kelebihan kolesterol yang ada di dalam tubuh sebelum diserap ke dalam darah, sehingga kadar kolesterol dalam tubuh tetap seimbang. Terjaganya kadar kolesterol ini bisa membantu seseorang terhindari dari penyakit jantung maupun obesitas.

4. Menguatkan Daya Ingat



Manfaat anggur yang sayang sekali untuk dilewatkan selanjutnya adalah mampu menguatkan daya ingat. Hal ini karena kandungan resveratrol yang terdapat di dalamnya mampu memperlancar peredaran darah menuju otak. Darah yang dibutuhkan otak ini akan membawa berbagai sumber oksigen dan zat gizi lainnya agar otak bisa menjalankan fungsinya dengan baik.

Tidak ada salahnya jika seorang anak yang sedang dalam proses pertumbuhan diberi camilan anggur secara rutin. Karena dalam hal ini, anggur bisa membantu menjaga kesehatan otak dan menguatkan daya ingat anak.

5. Menurunkan Berat Badan



Jika kamu sedang menjalankan program diet, tidak ada salahnya jika anggur menjadi makanan yang masuk ke dalam daftar makanan diet. Hal ini karena anggur merah bisa dijadikan cemilan diet yang rendah kalori. Pasalnya, dalam 100 gram anggur merah, hanya terkandung 69 kalori. 

Menjalankan program diet menggunakan anggur merah juga akan membawamu kepada manfaat kesehatan tubuh lainnya. Antioksidan yang terdapat di dalamnya, sangat bagus untuk membuat kulit glowing. Meskipun demikian, tetap perhatikan jumlah anggur yang dikonsumsi.

Itulah lima manfaat anggur merah yang sayang sekali untuk dilewatkan. Dengan berbagai manfaat yang sangat baik untuk tubuh tersebut, tidak heran jika buah ini sangat populer untuk dikonsumsi. Mulai sekarang jangan ragu lagi untuk memasukkan anggur dalam daftar buah harian yang akan kamu makan ya Lemonizen! 

Artikel Terkait

5 Pilihan Ikan yang Baik Dikonsumsi Tubuh, Termasuk Salmon Lho!
Ikan mengandung asam lemak omega-3 yang penting untuk menjaga kesehatan otak dan jantung..
Shella Rafiqah Ully
23 September 2020
Lagi Hits! Ini 5 Manfaat Shirataki Bagi Kesehatan
Nasi dan mie shirataki dikenal bisa membantu program diet karena kadar kalorinya yang sangat rendah..
Shella Rafiqah Ully
22 September 2020
Ini 7 Manfaat Daun Pepaya Salah Satunya Bisa Menyembuhkan Malaria
Meski memiliki rasa yang pahit, nyatanya jika diolah dengan benar ada banyak sekali manfaat daun pepaya untuk kesehatan..
Rizki Indra
17 September 2020