5 Fakta Unik Manfaat Anggur untuk Tubuh, dan Mampu Mencegah Kanker

Anggur merupakan buah yang dulunya disuguhkan sebagai hidangan spesial para raja pada zaman Yunani. Buah berbentuk bulat kecil dengan warna ungu, hijau, dan merah ini mempunyai cita rasa yang segar dengan rasa sedikit masam bercampur manis. Selain sebagai buah pencuci mulut, nyatanya anggur mempunyai segudang manfaat untuk tubuh. Apa saja manfaat anggur yang sayang untuk dilewatkan?

banner consideration shipping bg blue

1. Mencegah Kanker

Seperti yang kita ketahui, jika penyakit kanker adalah salah satu penyakit dengan jumlah angka kematian yang tinggi. Belum ditemukan pasti apa obat yang ampuh untuk mengobati penyakit ini. Meskipun demikian, banyak makanan yang mempunyai kandungan untuk mencegah terjadinya penyakit kanker.
Kandungan resveratrol yang merupakan antioksidan alami dalam buah anggur mampu membantu mencegah pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Zat ini mampu menekan laju pertumbuhan sel tumor dan kanker terutama yang bertumbuh di payudara, lambung, hati, dan getah bening. 

2. Melawan Penuaan Dini

Tidak hanya kandungan resveratrol yang baik untuk mencegah kanker, ternyata buah anggur juga mengandung antioksidan lainnya seperti quercetin dan rutin. Ketiga antioksidan ini bermanfaat untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh yang bisa menyebabkan penuaan dini.
Seperti yang kita ketahui, bahwa radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh bisa menyebabkan kerusakan sel, protein, DNA, serta gangguan keseimbangan dalam tubuh. Kerusakan sel inilah yang bisa menyebabkan penuaan dini, dengan gejala kulit keriput, rambut beruban, atau tulang keropos.

3. Menurunkan Kadar Kolesterol

Manfaat anggur selanjutnya adalah mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Hal ini karena di dalam anggur berwarna merah mengandung resveratrol dan saponin yang bisa menjadi cara alami menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida.

banner consideration promotion bg blue

Kedua zat ini akan menangkap kelebihan kolesterol yang ada di dalam tubuh sebelum diserap ke dalam darah, sehingga kadar kolesterol dalam tubuh tetap seimbang. Terjaganya kadar kolesterol ini bisa membantu seseorang terhindari dari penyakit jantung maupun obesitas.

4. Menguatkan Daya Ingat

Manfaat anggur yang sayang sekali untuk dilewatkan selanjutnya adalah mampu menguatkan daya ingat. Hal ini karena kandungan resveratrol yang terdapat di dalamnya mampu memperlancar peredaran darah menuju otak. Darah yang dibutuhkan otak ini akan membawa berbagai sumber oksigen dan zat gizi lainnya agar otak bisa menjalankan fungsinya dengan baik.
Tidak ada salahnya jika seorang anak yang sedang dalam proses pertumbuhan diberi camilan anggur secara rutin. Karena dalam hal ini, anggur bisa membantu menjaga kesehatan otak dan menguatkan daya ingat anak.

5. Menurunkan Berat Badan

Jika kamu sedang menjalankan program diet, tidak ada salahnya jika anggur menjadi makanan yang masuk ke dalam daftar makanan diet. Hal ini karena anggur merah bisa dijadikan cemilan diet yang rendah kalori. Pasalnya, dalam 100 gram anggur merah, hanya terkandung 69 kalori. 
Menjalankan program diet menggunakan anggur merah juga akan membawamu kepada manfaat kesehatan tubuh lainnya. Antioksidan yang terdapat di dalamnya, sangat bagus untuk membuat kulit glowing. Meskipun demikian, tetap perhatikan jumlah anggur yang dikonsumsi.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itulah lima manfaat anggur merah yang sayang sekali untuk dilewatkan. Dengan berbagai manfaat yang sangat baik untuk tubuh tersebut, tidak heran jika buah ini sangat populer untuk dikonsumsi. Mulai sekarang jangan ragu lagi untuk memasukkan anggur dalam daftar buah harian yang akan kamu makan ya Lemonizen! 
Privacy Notice

Ikuti media sosial kami