Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Mental

5 Gangguan Bipolar Pengertian dan Cara Mengobatinya

Rizki Indra
Rizki Indra
04 Aug 2021
Clock Icon
3 menit
Gangguan bipolar jadi salah satu masalah kesehatan yang wajib diatasi.

Salah satu istilah terkait gangguan kesehatan mental adalah bipolar. Gangguan psikologis yang sering disebut memiliki kepribadian ganda. Hal inilah membuat pengidap gangguan bipolar akan mengalami kesulitan dalam menjalani aktivitas sehari-hari, bahkan bisa membuatnya susah mempertahankan hubungan. Jika tidak segera dicegah akan menimbulkan efek yang sangat berbahaya.

Pengertian dan Jenis Gangguan Bipolar


Gangguan bipolar merupakan suatu gangguan mental yang membuat terjadinya perubahan mood secara ekstrim sehingga membuat penderitanya mengalami berubah perasaan secara tiba-tiba dan secara drastis, dari sangat bahagia (mania) menjadi sangat sedih (depresi). Ketika penderita bipolar sedih, maka akan merasa sangat tertekan, kehilangan harapan, hingga hilang keinginan untuk melakukan kegiatan sehari-hari.
banner consideration shipping bg blue

Namun, saat mereka senang, tingkat rasa senang itu akan sangat besar. Bahkan merasa sangat bersemangat dan penuh dengan gairah untuk melakukan apa saja. Rasa senang dan sedih memang wajar terjadi pada setiap manusia, namun jika ini berlangsung secara drastis dan berlebihan maka bisa berdampak buruk bagi kesehatan mental. Bipolar juga memiliki beberapa jenis. Inilah jenis-jenis tersebut:

1. Gangguan Bipolar Tipe I

Gangguan ini membuat seseorang mengalami satu episode mania dengan mengalami depresi dan hipomania. Hanya saja, hipomania akan berlangsung lebih singkat dan tidak berat sehingga tidak membutuhkan rawat inap.

2. Gangguan Bipolar Tipe II

Gangguan pada bipolar tipe ini akan mengalami episode depresi yang berat dan satu episode hipomanik. Mereka cenderung memiliki periode depresi yang lebih lama daripada bipolar tipe I.

3. Gangguan Cyclothymic

Gangguan pada bipolar ini akan membuat mengalami episode hipomania dan depresi secara teratur. Dibandingkan dengan dua gejala bipolar sebelumnya, orang tipe ini akan mengalami perubahan suasana hati yang tidak begitu ekstrim. Namun, jika tidak segera ditangani gangguannya bisa berkembang.

4. Rapid Cycling

Rapid Cycling adalah istilah yang digunakan ketika seseorang mengalami empat atau lebih episode hipomania, dan depresi dalam jangka waktu 12 bulan. Artinya, perubahan suasana hatinya akan berlangsung secara cepat.

5. Episode Campuran

Gangguan pada bipolar jenis ini merupakan salah satu paling berbahaya. Hal ini bisa terjadi ketika seseorang mengalami episode depresi, hipomania, dan mania secara bersamaan. Mereka yang mengalaminya akan memiliki risiko yang besar untuk bunuh diri.

Cara Mengobati Bipolar


1. Terapi Obat

Obat biasanya akan diresepkan dokter untuk membantu menstabilkan suasana hati dan membantu mengurangi gejala bipolar yang dialami. Para pengidap bipolar harus mengonsumsi obat yang diresepkan dalam jangka waktu lama. Hal ini untuk mencegah suatu episode depresi yang berakibat bunuh diri. Obat-obatan tersebut terdiri dari antidepresan, penstabil mood, antipsikotik, dan obat anti-stres.

2. Konseling

Pengidap bipolar harus melakukan konseling ke psikiater untuk mengetahui kondisi dan mencari cara bagaimana melewati setiap episode emosi yang dialami.banner consideration promotion bg blue

3. Perawatan Rumah Sakit

Apabila terdapat kasus yang lebih parah, mungkin diharuskan menjalani rawat inap di rumah sakit untuk pengawasan secara berkala oleh orang yang tepat. Cara ini dianjurkan jika mengalami tanda-tanda ingin melakukan bunuh diri karena pada level ini terlihat keinginan melukai diri sendiri dan orang lain.

5. Pengobatan di Rumah

Beberapa pengobatan di rumah yang bisa membantu mengatasi bipolar yaitu:

  • Melapor segera kepada dokter atau orang yang kamu percaya saat timbul ingin bunuh diri.
  • Tidur yang cukup sesuai jadwal tidur rutin.
  • Melakukan aktivitas fisik secara rutin.
  • Meninggalkan hubungan yang tidak membahagiakan.
  • Akhiri kebiasaan gaya hidup buruk, mengkonsumsi alkohol dan penyalahgunaan zat terlarang.

Itulah 5 gangguan bipolar pengertian dan cara mengobatinya yang bisa diaplikasikan. Perlu dipahami juga bahwa diagnosa bipolar ini harus Anda lakukan dengan dampingan psikolog atau tenaga kesehatan mental. Jadi, memang dibutuhkan tenaga medis yang profesional untuk mengatasi bipolar ini.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.