Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Mental

5 Cara Menangani Gangguan Obsesif Kompulsif

Rizki Indra
Rizki Indra
04 Aug 2021
Clock Icon
4 menit
Banyak gangguan obsesif kompulsif yang penting diketahui

Salah satu jenis gangguan mental adalah OCD. OCD atau Obsessive Compulsive Disorder membuat penderitanya sering kali merasakan rasa tidak nyaman berlebihan sampai mengarah ke cemas berlebih jika tidak melakukan sesuatu sesuai keinginannya secara berulang. Contoh dari gangguan obsesif kompulsif yang paling mudah dijumpai adalah ketika ada orang yang sangat suka bersih-bersih. Lalu, bagaimana pengertian OCD dan cara menanganinya?

banner consideration shipping bg blue

Apa Itu Gangguan Obsesif Kompulsif?


Gangguan Obsessive compulsive disorder atau OCD merupakan gangguan mental yang membuat penderitanya merasa harus melakukan suatu tindakan secara berulang-ulang. Ketika tidak dilakukan, penderitanya akan diliputi kecemasan dan ketakutan.

Gangguan OCD dapat dialami oleh siapa saja, meski biasanya terjadi di awal usia dewasa, OCD juga bisa terjadi pada anak-anak atau remaja. Terkadang, orang yang memiliki gangguan mental ini juga menyadari bahwa tindakan atau obsesi yang mereka lakukan itu berlebihan. Namun, mereka tidak bisa menghindarinya dan pada akhirnya tetap melakukan hal tersebut.

Cara Menangani OCD


1. Terapi Perilaku Kognitif

Melalui terapi perilaku kognitif ini, pasien akan dihadapkan pada kondisi yang sering kali dihindarinya. Misalnya, psikiater akan meminta kamu yang takut kotor untuk menyentuh lumpur, kemudian mengajarkan cara mengatasi rasa takut tersebut.

Walaupun terapi ini mungkin terdengar menakutkan bagi penderita OCD, tetapi kecemasan penderita akan berkurang secara bertahap, seiring jumlah terapi yang dijalaninya. Untuk terapi OCD gejala ringan rata-rata membutuhkan total waktu 10 jam setiap sesi pertemuan dengan psikiater. Sedangkan bagi yang gejala lebih parah, dibutuhkan sesi pertemuan lebih panjang.

2. Obat Antidepresan

Obat antidepresan akan diberikan ketika terapi perilaku kognitif tidak membantu meredakan gejala OCD dan gejala yang dialami cukup parah. Manfaat obat akan terasa setelah 3 bulan pemakaian. Namun pada banyak kasus, kamu perlu mengonsumsi sampai setidaknya 1 tahun. Jenis obat antidepresan yang umum digunakan OCD meliputi Fluoxetine, Fluvoxamine dan Sertraline.

banner consideration promotion bg blue

3. Membangun Sistem Dukungan Kuat

Walaupun banyak yang beranggapan OCD merupakan masalah yang terjadi karena disfungsi otak, namun serangan OCD juga sering diakibatkan beberapa kejadian dalam hidup yang membuatnya traumatik. Misalnya ditinggal orang yang disayangi, kehilangan pekerjaan penting, dan diagnosa penyakit mematikan.

Untuk sebagian orang, stres dan kecemasan bisa menimbulkan keinginan untuk mengontrol beberapa aspek dalam kehidupan yang menurut orang lain terlihat tidak terlalu penting. Maka membangun sistem dukungan sosial yang menghormati pengalaman di masa lalu sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan mentalnya.

4. Mengatasi Pemicu Gangguan

Penderita OCD harus mulai memaksakan diri untuk melihat situasi yang menyebabkan obsesi. Cara terbaik untuk mengontrol situasi ini sekaligus menghilangkan rasa kecemasan berlebihan adalah dengan menanggulangi stres berpola.

Misalnya ketika terlalu khawatir apa sudah mencuci tangan atau belum, maka kamu bisa membayangkan mencuci tangan setiap kali rasa cemas tersebut muncul. Cara inu akan sangat membantu untuk mengingat jika kamu memang telah mencuci tangan.

5. Menyadari Pikiran Sendiri

Agar OCD bisa dikendalikan dengan lebih mudah, kamu perlu menyadari bahwa hal-hal yang ada dalam pikiran hanyalah perilaku obsesif. Sadarilah tidak semua hal yang ada dalam pikiran harus kamu lakukan. Cobalah untuk menghadapi rasa cemas kamu. Coba untuk lebih rileks dan santai, serta coba untuk membiarkan sesuatu hal berjalan seperti apa adanya meski itu tidak sesuai dengan keinginan kamu. Semakin sering dijalani, maka kamu akan menyadari tidak ada ruginya ketika tidak menjalankan pikiran obsesif tersebut.
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itulah gangguan obsesif kompulsif dan cara menanganinya. Namun tidak semua cara di atas menjamin kesembuhan. Keinginan kuat dalam diri untuk sembuh jadi faktor penting untuk sembuh.  Kamu juga akan sangat dianjurkan untuk berkonsultasi dengan psikolog apabila memang merasakan ada kecenderungan untuk memiliki OCD supaya bisa ditangani dengan lebih baik.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.