5 Ide Permainan Kreatif untuk Anak, Moms Bisa Bikin Sendiri di Rumah Lho!

15 Jan 2020 @ 18:55:31
Lemomoms pasti setuju kalau bermain bersama si kecil adalah kegiatan yang menyenangkan. Selain memperkuat ikatan antara anak dan orang tua, main bareng si kecil juga membantu melepas stres dan bisa meningkatkan kreativitas mereka. Nah masalahnya, si kecil mudah merasa bosan dengan mainan yang sudah dia punya dan sering kali minta mainan baru. Padahal, repot juga ya kalau harus beli mainan baru terus.

Nah, dimasa-masa seperti ini kreativitas Lemomoms diuji nih. Supaya si kecil bisa tetap punya banyak permainan menarik dan budget untuk beli mainan baru bisa ditekan, gimana kalau mainan barunya kita bikin sendiri aja? Yuk, ikuti ulasan menarik dari Mama Nilo sekarang~

1. Ajak Si Kecil Main Finger Painting untuk Mengasah Imajinasinya

Finger painting adalah kegiatan membuat lukisan dengan cara menggoreskan adonan warna secara langsung dengan jari dan telapak tangan di atas bidang gambar. Alat yang dibutuhkan sangat sederhana, hanya cat air dan satu bidang gambar bisa berupa buku gambar atau kain polos yang sudah tidak terpakai. 

Saat menggambar, dukung anak berkreasi sesuai imajinasi mereka. Biarkan mereka mencampur warna dan membentuk gambar sesuka hatinya. Selain melatih kreativitas, finger painting juga baik untuk melatih motorik halus serta meningkatkan koordinasi mata dan tangan.

2. Asiknya Kejar-kejaran Main Gelembung Sabun 

Anak-anak pasti suka main air ya kan Lemomoms? Selain menyenangkan, gelembung sabun yang beterbangan ini indah dilihat dan tidak butuh biaya banyak untuk membuatnya. Cukup siapkan air, wadah air, sabun (pilih sabun yang aman untuk anak ya), dan pembuat gelembung yang memiliki gagang. 

Untuk pembuat gelembung, Lemomoms bisa membuatnya sendiri dari kawat atau bahan lainnya. Setelah cairan busa tercampur, masukkan stik pembuat gelembung lalu tiup. Voila! gelembung-gelembung akan muncul dan anak-anak akan senang mengejarnya. 

3. Ajak Si Kecil Jadi Detektif Cilik dengan Main Halang Rintang dari Benang 

Kalau si kecil suka menonton film detektif, pasti ia sudah tak asing dengan permainan ini. Permainan kreatif ini terinspirasi dari sensor inframerah yang biasanya digunakan di museum untuk melindungi barang yang spesial. 

Siapkan benang yang tebal seperti benang rajut atau tali kur, lalu ikat saling menyilang di kaki meja atau bagian lain di rumah. Aturan mainnya, anak harus melintasi rintangan dari benang tanpa menyentuh benangnya. Lemomoms juga bisa bermain peran menjadi detektif dan tersangka dalam permainan ini. Nggak kalah seru kan, Lemomoms?

4. Bikin Mobil-mobilan dari Kardus Bekas

Ada banyak kreasi yang bisa diciptakan dari kardus bekas. Misalnya, anak-anak bisa diajarkan membuat rumah-rumahan dari kotak kue yang sudah tidak terpakai. Caranya pun sangat mudah, siapkan kotak kardus bekas, gunting, lem dan spidol, lalu gunting kardus sesuai bentuk yang diinginkan. Bisa juga membuat mobil-mobilan dari kardus bekas yang ada di rumah. Selain meningkatkan kreativitas, permainan ini juga dapat mengajarkan anak untuk melatih kesabaran, gigih, dan melatih kemampuan gunting tempel.

5. Main Bowling dengan Botol Plastik Bekas

Ini permainan paling gampang bikinnya. Lemomos masih menyimpan botol plastik bekas di rumah? Manfaatkan saja botol tersebut untuk membuat set permainan bowling sederhana. Caranya, tata botol plastik sesuai keinginan, bisa mendatar, bersusun, atau membentuk pola tertentu. Lalu siapkan minimal satu bola plastik untuk dimainkan. 

Jika set sudah siap ditata, pemain berdiri di jarak yang ditentukan, lalu gulingkan bola menuju susunan botol plastik. Semakin banyak bowling plastik yang digulingkan, poin yang didapat juga semakin tinggi. Kamu juga bisa membuat permainan ini jadi lebih edukatif dengan menghias botol-botol plastik tersebut dengan gambar binatang, buah, angka atau huruf. Selain melatih kecerdasan dan ketangkasan, permainan ini juga baik untuk melatih koordinasi mata dan tangan si kecil.

Nah, gimana Lemomoms? Udah punya inspirasi buat ngajakin si kecil main permainan terbaru kan? Share ke sosial media Lemonilo yaa kamu dan si kecil bikin mainan baru apa aja pekan ini~

Artikel Terkait

Mengapa Ada 5 E-Number di Komposisi Lemonilo Chimi Keripik Ubi?
Jangan bingung dan khawatir saat menemukan 5 E-Number yang ada di komposisi Lemonilo Chimi Keripik Ubi, ini penjelasanny..
Shella Rafiqah Ully
15 Februari 2020
Ternyata Garam Bisa Menjadi Pengawet Alami lho, Ini Faktanya!
Nggak perlu pakai pengawet buatan untuk mengawetkan masakan, karena kamu bisa pakai garam sebagai pengawet alami..
Shella Rafiqah Ully
13 Februari 2020
Stop Bullying, Ini 6 Hal yang Orang Tua Harus Lakukan Saat Anak Menjadi Korban Bullying!
Apa yang orang tua bisa lakukan saat mendapati kenyataan bahwa si kecil adalah korban bullying? Lemonilo bantu menjawabn..
Shella Rafiqah Ully
12 Februari 2020