Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

5 Jenis Olahraga Ringan yang Bisa Kamu Lakukan Saat Puasa

Anisya Fitrianti
Anisya Fitrianti
04 Aug 2021
Clock Icon
4 menit
Olahraga saat puasa

Ketika berpuasa, tubuh harus menahan lapar dan haus selama kurang lebih 12 jam. Tidak jarang, pada awalnya kamu akan merasakan beberapa perubahan pada tubuh seperti pusing atau bahkan lemas. Meski begitu, ternyata di bulan puasa tubuh tetap harus berolahraga lho. 


Menurut studi tahun 2016 yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition and Metabolism, puasa sebelum olahraga di pagi hari dapat meningkatkan oksidasi lemak. Kondisi ini bisa membuat tubuh membakar lebih banyak lemak sehingga penurunan berat badan terjadi lebih mudah. Cocok banget bukan, untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan?

banner consideration shipping bg blue


Namun tidak semua jenis olahraga bisa kamu lakukan ketika berpuasa. Dilansir dari Healthline, kamu perlu memilih olahraga yang ringan agar tubuh tidak kaget saat melakukan olahraga. Nah, supaya tidak bingung berikut ada lima jenis olahraga yang bisa kamu lakukan saat puasa. 


1. Yoga 


Salah satu jenis olahraga yang bisa kamu lakukan saat puasa adalah yoga. Olahraga ini terbilang menenangkan dan dapat melatih pernapasan serta pikiran jadi lebih menenangkan. Di samping itu, yoga dapat membantumu memperbaiki postur tubuh yang kurang baik dan membantu tidurmu lebih nyenyak. 


Untuk melakukannya di rumah pun cukup mudah lho. Kamu hanya perlu memiliki akses jaringan internet kemudian carilah berbagai video panduan yoga di dunia maya. Namun saat memilih panduan yoga, pastikan kamu memilih gerakan yoga dengan intensitas yang rendah ya, Lemonizen. 


2. Bersepeda


Olahraga lainnya yang cocok dilakukan saat puasa adalah bersepeda. Kamu bisa melakukannya di sore hari jelang berbuka puasa agar tubuh tidak cepat lelah dan dehidrasi. Dengan bersepeda, kamu bisa membakar kalori dalam tubuh sekaligus menjaga tubuh tetap bugar. Kamu juga bebas memilih sepeda statis atau sepeda dinamis untuk kamu gunakan saat berolahraga. Keduanya dapat memberikan dampak baik untuk tubuh. banner consideration promotion bg blue


3. Joging


Sebagian Lemonizen mungkin sudah memiliki kebiasaan joging sebelumnya. Nah ketika sudah memasuki bulan puasa, jangan khawatir, Lemonizen tetap bisa joging kok. Cukup lakukan jogging ringan untuk membuat otot tubuh aktif bergerak dan tidak kaku. 


Pilih juga trek joging yang ringan atau tidak terlalu jauh dan pastikan kamu melakukan joging di waktu jelang berbuka puasa. Dengan begitu, cairan tubuh yang hilang selama berolahraga dapat langsung tergantikan saat kamu berbuka puasa. 


4. Bowling


Untuk Lemonizen yang lebih memilih olahraga permainan, bowling bisa jadi pilihan olahraga selama berpuasa lho. Bowling dapat membantu otot-otot tubuh lebih rileks dengan tetap menjaga keseimbangan gerak tubuh. Gerakan bowling juga dapat melatih stamina tubuh selama berpuasa. Selain itu, permainan bowling juga dapat menjadi hal yang menyenangkan saat dilakukan secara berkelompok.


5. Berjalan Kaki


Berjalan kaki setidaknya 30 menit dapat membuat tubuh tetap aktif bergerak dan mencegah kamu dari stres. Selain lebih ringan, berjalan kaki juga dapat membantu kamu dalam menjaga keseimbangan tubuh selama berpuasa lho. Kamu bisa melakukan olahraga ini di pagi hari setelah waktu subuh maupun sore hari jelang berbuka puasa. banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green


Nah itu tadi lima jenis olahraga yang bisa kamu lakukan saat puasa. Meski tidak makan dan minum seharian, ternyata bukan alasan untuk kita bermalas-malasan ya, Lemonizen. Puasa justru baik untuk kesehatan dan dapat membuat tubuh jadi lebih kuat. 


Pastikan juga asupan nutrisi dan makanan saat sahur seimbang sehingga tubuh tidak mudah dehidrasi selama menjalani puasa. Yuk, semangat menjalani puasa di bulan ini dengan tetap berolahraga! 

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.