5 Jenis Penyakit Ginjal, Kenali Gejala dan Cara Mengatasinya

01 Jul 2020 @ 16:44:25
Ginjal merupakan sepasang organ yang memiliki bentuk seperti kacang dan berada di area punggung bawah. Ketika ginjal mengalami gangguan, aka nada banyak komplikasi yang terjadi. Mulai dari penumpukan limbah dan racun, anemia bahkan gangguan elektrolit. Itulah mengapa penting sekali menjaga kesehatan ginjal agar terhindari dari berbagai penyakit ginjal yang berbahaya bagi tubuh. 

Penyakit ginjal sendiri adalah istilah yang menggambarkan setiap gangguan yang terjadi pada ginjal. Dengan adanya penyakit ini maka akan mengganggu fungsi organ ginjal untuk membersihkan dan menyaring limbah atau racun dari darah. Penyakit ginjal memiliki beberapa jenis yang umum terjadi, yaitu:

1. Gagal Ginjal 



Hal ini terjadi karena adanya kerusakan pada organ ginjal. Kerusakan yang terjadi pada kondisi ini menyebabkan penurunan fungsi ginjal secara bertahap selama lebih dari 3 bulan. Gagal ginjal kronis biasanya sering disebabkan oleh diabetes tipe 1 dan 2, hipertensi, penyakit autoimun, atau penyakit infeksi pada ginjal.

2. Gagal Ginjal Akut



Gagal ginjal akut menyebabkan terjadinya penurunan fungsi ginjal secara tiba-tiba. Gagal ginjal akut ini sering disebabkan oleh kekurangan cairan dan darah, cedera pada ginjal, atau sumbatan yang menyebabkan kembalinya cairan ke ginjal.

3. Batu Ginjal



Penyakit batu ginjal ini disebabkan oleh adanya penumpukan zat dan mineral yang kemudian membentuk batu di ginjal. Pada kondisi ini sering dipicu oleh penyakit asam urat atau infeksi saluran kemih.

4. Penyakit Ginjal Polikistik



Jenis penyakit pada ginjal yang satu ini bisa disebut juga polikistik. Penyakit ini menyebabkan terbentuknya kista-kista (kantong-kantong berisi cairan) di ginjal, dan penyebabnya adalah kelainan pada genetik.

5. Infeksi Ginjal