5 Jenis Penyakit Ginjal, Kenali Gejala dan Cara Mengatasinya

01 Jul 2020 @ 16:46:25
Ginjal merupakan sepasang organ yang memiliki bentuk seperti kacang dan berada di area punggung bawah. Ketika ginjal mengalami gangguan, aka nada banyak komplikasi yang terjadi. Mulai dari penumpukan limbah dan racun, anemia bahkan gangguan elektrolit. Itulah mengapa penting sekali menjaga kesehatan ginjal agar terhindari dari berbagai penyakit ginjal yang berbahaya bagi tubuh. 

Penyakit ginjal sendiri adalah istilah yang menggambarkan setiap gangguan yang terjadi pada ginjal. Dengan adanya penyakit ini maka akan mengganggu fungsi organ ginjal untuk membersihkan dan menyaring limbah atau racun dari darah. Penyakit ginjal memiliki beberapa jenis yang umum terjadi, yaitu:

1. Gagal Ginjal 



Hal ini terjadi karena adanya kerusakan pada organ ginjal. Kerusakan yang terjadi pada kondisi ini menyebabkan penurunan fungsi ginjal secara bertahap selama lebih dari 3 bulan. Gagal ginjal kronis biasanya sering disebabkan oleh diabetes tipe 1 dan 2, hipertensi, penyakit autoimun, atau penyakit infeksi pada ginjal.

2. Gagal Ginjal Akut



Gagal ginjal akut menyebabkan terjadinya penurunan fungsi ginjal secara tiba-tiba. Gagal ginjal akut ini sering disebabkan oleh kekurangan cairan dan darah, cedera pada ginjal, atau sumbatan yang menyebabkan kembalinya cairan ke ginjal.

3. Batu Ginjal



Penyakit batu ginjal ini disebabkan oleh adanya penumpukan zat dan mineral yang kemudian membentuk batu di ginjal. Pada kondisi ini sering dipicu oleh penyakit asam urat atau infeksi saluran kemih.

4. Penyakit Ginjal Polikistik



Jenis penyakit pada ginjal yang satu ini bisa disebut juga polikistik. Penyakit ini menyebabkan terbentuknya kista-kista (kantong-kantong berisi cairan) di ginjal, dan penyebabnya adalah kelainan pada genetik.

5. Infeksi Ginjal



Infeksi pada organ ginjal disebabkan oleh bakteri, virus, atau jamur. Penyakit ini juga dapat terjadi akibat penyebaran infeksi pada saluran kemih ke ginjal.

Gejala Penyakit Ginjal



Seperti berbagai jenis penyakit lain pada umumnya, penyakit pada ginjal juga memiliki gejala yang bisa dirasakan oleh para penderitanya. Ada beberapa gejala penyakit pada ginjal diantaranya adalah seperti adanya penurunan volume urine. Kemudian perubahan warna pada urine, termasuk urine keruh atau bercampur darah. 

Terjadi pembengkakan pada tungkai disertai dengan muncul nyeri pada punggung bagian bawah, nyeri nya dapat menjalar ke perut bawah atau selangkangan. Muncul nyeri saat buang air kecil, muncul kram kram otot dan kedutan, Mual, muntah, dan kehilangan nafsu makan bahkan sering merasa kelelahan dan sesak napas. Adanya rasa gatal pada kulit yang tidak diketahui dari mana penyebab pastinya, kemudian adanya tekanan darah yang naik, serta anemia.

Secara umum, ada beberapa pilihan pengobatan yang dapat dilakukan, yaitu dengan beberapa cara berikut:  
  1. Obat-obatan akan diberikan kepada penderita adalah resep yang telah ditulis oleh dokter sesuai dengan penyebab dari penyakit pada ginjal. 
  2. Perubahan gaya hidup. Perubahan pada gaya hidup bisa dilakukan dengan mengurangi asupan garam, gula dan makanan yang tinggi kolesterol. Melakukan kontrol diabetes dan hipertensi secara teratur.
  3. Mengkonsumsi air putih secara rutin per hari minimal 2 sampai 3 liter
  4. Membatasi konsumsi alkohol dan berhenti merokok bagi perokok aktif
  5. Memperbanyak mengkonsumsi buah, sayur dan biji-biji utuh
  6. Rutin berolahraga agar berat badan anda tetap stabil 
Demikianlah penjelasan mengenai jenis penyakit ginjal serta gejala dan cara penyembuhannya. Jika anda merasakan gejala-gejala seperti yang disebutkan diatas, maka anda harus waspada dan segera memeriksakan diri ke dokter. Ini bertujuan agar anda bisa segera mengatasi hal tersebut sedini mungkin, sehingga tidak menjadi penyakit yang kompleks dan membahayakan tubuh. 

Artikel Terkait

Inilah 7 Manfaat Daun Sirih, Cegah dan Sembuhkan Pneumonia
Tahukah kamu? Ternyata ada banyak sekali manfaat daun sirih, termasuk untuk penyakit pneumonia..
Rizki Indra
17 September 2020
Ngobrol Bareng Raffi Ahmad, Daniel Mananta Bongkar Rahasia Gaya Hidup Sehat
Setiap hari Daniel bangun pukul 4 pagi dan menyempatkan waktu 1-1,5 jam untuk olahraga lari..
Shella Rafiqah Ully
16 September 2020
Benarkah Mandi di Malam Hari Berbahaya Bagi Kesehatan?
Mitosnya mandi malam di hari bisa menyebabkan rematik dan masuk angin, benarkah?..
dr. Alvin Wijaya
08 September 2020