Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kecantikan

5 Jenis Vitamin yang Bisa Bantu Rawat Kesehatan Kulit

Anisya Fitrianti
Anisya Fitrianti
04 Aug 2021
Clock Icon
5 menit
Vitamin untuk kulit

Merawat kulit tentu jadi hal yang nggak boleh kamu lewatkan setiap harinya. Pasalnya, kulit merupakan organ terbesar pada tubuh yang dimiliki manusia.


Selain harus selalu menggunakan sunscreen, kamu juga perlu membatasi diri dari paparan sinar UV matahari yang berbahaya bagi tubuh. 


Bukan hanya itu, kamu juga perlu memerhatikan asupan vitamin lho. Asupan vitamin dapat membantumu mengurangi bintik-bintik gelap, kemerahan, kerutan, 


Salah satu jenis vitamin yang terkenal baik untuk kesehatan kulit adalah vitamin D. Namun bukan hanya vitamin D saja yang perlu kamu penuhi asupannya, beberapa jenis vitamin lainnya juga bisa menunjang kesehatan kulitmu. 


Dilansir dari WebMD serta Healthline, berikut adalah jenis-jenis vitamin yang baik untuk kesehatan kulit.

banner consideration shipping bg blue


1. Vitamin D


Vitamin D paling mudah didapatkan dengan cara berjemur di bawah sinar matahari pagi. Jenis vitamin yang satu ini berperan penting pada warna kulit manusia serta dapat diproduksi secara alami.


Bahkan melalui penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Drugs and Dermatology, vitamin D dapat mengurangi jumlah peradangan dan iritasi kulit pada orang dengan psoriasis. Menurut The Linus Pauling Institute di Oregon State University, idealnya kamu perlu asupan vitamin D sebanyak 600 IU per hari. Namun kelompok lanjut usia perlu asupan yang lebih tinggi. 


Untuk memenuhi asupan vitamin D, kamu juga bisa mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin D. Misalnya sereal sarapan, jus jeruk, yogurt, ikan salmon, ikan tuna, dan ikan cod. 


2. Vitamin C


Vitamin c merupakan jenis vitamin yang berperan dalam produksi kolagen kulit sehingga dapat membuatnya tetap sehat. Vitamin ini juga merupakan antioksidan kuat yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas. Inilah mengapa vitamin C juga disebut-sebut dapat mengurangi risiko terkena kanker kulit. 


Bila kekurangan vitamin C, kamu bisa mengalami serangkaian gangguan pada kulit. Mulai dari gusi yang mudah memar dan berdarah, serta penyembuhan luka yang lebih lambat. Sebaliknya, bila kamu memenuhi asupan vitamin C untuk tubuh, kulit bisa terhindar dari masalah kerutan hingga kulit kering.

banner consideration promotion bg blue


Secara umum, manusia membutuhkan asupan vitamin C sebesar 1000 mg setiap harinya. Untuk memenuhi asupan tersebut, kamu bisa konsumsi makanan sumber vitamin C seperti jeruk, stroberi, brokoli, dan bayam .


3. Vitamin E


Mirip dengan vitamin C, vitamin E juga dapat berperan sebagai antioksidan pada kulitmu. Vitamin E akan membantu melindungi kulitmu dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. Sehingga kamu terhindar dari masalah kulit seperti bintik hitam dan kerutan.


Setiap harinya, kamu perlu memenuhi asupan vitamin E sebesar 15 mg. Untuk meningkatkan asupan vitamin E, kamu bisa mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin ini. Mulai dari almond, hazelnut, biji bunga matahari atau suplemen vitamin E. 

 

4. Vitamin K


Vitamin K juga tidak kalah penting untuk menjaga kesehatan kulit. Vitamin yang satu ini dapat membantu proses pembekuan darah, membantu tubuh menyembuhkan luka, memar, serta area bekas operasi. Vitamin K juga dapat meredakan masalah kulit lainnya seperti stretch mark, bintik hitam, dan spider veins. 


Untuk memenuhi asupan vitamin yang satu ini kamu perlu mengonsumsi berbagai makanansumber vitamin K. Misalnya, kubis, bayam, kacang hijau, selada dan suplemen vitamin K.


5. Vitamin A 


Lapisan atas dan bawah kulit manusia juga ternyata membutuhkan asupan dari vitamin A. Vitamin A dapat berperan merawat kulit dengan mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari. Kamu bisa menemukan vitamin A dari berbagai sumber makanan yang meliputi sayuran, buah-buahan hingga ikan berlemak seperti salmon dan tuna.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green


Itu tadi jenis-jenis vitamin yang bisa membantu merawat kesehatan kulitmu, Lemonizen. Selain perlu dirawat dari luar, jangan lupa juga untuk merawat kulit dari dalam. Bila perlu, kamu juga bisa berkonsultasi dengan dokter sebelum memutuskan untuk mengonsumsi suplemen vitamin. 

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.