Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

5 Kandungan Gizi Tempe yang Harus Anda Ketahui

Rizki Indra
Rizki Indra
04 Aug 2021
Clock Icon
4 menit
Sehatkan tubuh dengan kandungan gizi tempe.

Tempe merupakan makanan yang bagus untuk kesehatan tubuh. Makanan favorit orang Indonesia ini bisa diolah dengan beragam resep dan rasanya selalu enak. Ternyata kandungan gizi tempe pun sangat banyak. Pasti penasaran ya kira-kira apa saja kandungan dalam tempe itu? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

1. Protein


Kandungan gizi tempe yang paling banyak adalah protein. Dari banyaknya kandungan protein pada tempe banyak orang yang mengonsumsinya untuk memenuhi kebutuhan protein nabati untuk tubuh. Tempe ini disebut makanan sumber protein nabati karena memang terbuat dari kacang kedelai. Cocok dimakan untuk menggantikan daging.

banner consideration shipping bg blue

Selain harga murah meriah, tempe seberat 100 gram saja sudah bisa memberikan protein sebanyak 14 gram. Hanya dalam tempe ada beragam jenis asam amino yang bisa menjadi zat pembangun tubuh. Asam amino tersebut tidak ada di sumber protein nabati yang lain.

2. Lemak


Kandungan gizi tempe selanjutnya adalah lemak sehat. Lemak memang dibedakan menjadi lemak baik atau sehat dan lemak jahat. Untuk tempe ini di dalamnya ada lemak tumbuhan yang menyehatkan tubuh. Lemak sehat tersebut ada lemak tak jenuh, asam lemak omega 3 dan 6. Tidak heran dengan mengonsumsi tempe perut terasa kenyang dan tubuh bisa mengendalikan kolesterol jahat.

Lemak yang ada pada tempe memang bagus untuk kesehatan tubuh. Jenis lemak sehat yang terkandung dalam tempe ini justru mencegah tubuh untuk terkena penyakit kolesterol. Lemak sehat pada tempe malah membantu tubuh untuk mengontrol lemak jahat dalam tubuh. Lemak juga biasanya sangat cocok untuk dijadikan sebagai penunda rasa lapar pada perut.

3. Karbohidrat dan Serat


Pada tempe juga ada karbohidrat dimana setiap 100 gram tempe ada 9,1 gram karbohidrat dan 1,4 gram serat. Oleh karena kandungan gizi itulah tempe bisa dijadikan sebagai makanan penunda rasa lapar dan bagus untuk pencernaan.

banner consideration promotion bg blue

Meski kandungan karbohidratnya tidak tinggi seperti pada nasi, namun tempe memiliki karbohidrat yang bisa mengenyangkan dan memberikan tubuh energi. Seratnya pun bisa membantu pencernaan bisa bekerja secara maksimal.

4. Vitamin B


Dari kacang kedelai tempe juga mengandung banyak macam vitamin B. Ada Vitamin B2, B3, B6, dan B9. Vitamin B2 fungsinya untuk memproduksi energi untuk tubuh dan juga untuk memenuhi kebutuhan sel darah merah yang sehat. Vitamin B6 dan B9 sangat penting untuk menjaga kesehatan syaraf pada tubuh. Ragam vitamin B yang dikandung tempe semuanya merupakan vitamin B yang baik untuk kesehatan. Bisa dibilang kandungan vitamin B pada tempe tidak ada pada sumber protein nabati yang lain.

5. Mineral


Dalam tempe juga banyak sekali mineral seperti kalsium, magnesium, kalium, zinc, tembaga, zat besi dan masih banyak lagi. Kandungan mineral pada tempe yang beragam menjadikan tempe ini adalah sumber protein nabati yang sangat sehat. Kandungan mineral yang tinggi adalah mangan dan fosfor. Dengan mengkonsumsi 100 gram tempe maka tubuh sudah mendapat 202 miligram fosfor yang dibutuhkan tubuh.

Itulah berbagai kandungan gizi di dalam tempe. Melihat banyaknya kandungan gizi tempe tak kaget jika tempe masuk dalam salah satu makanan yang menyehatkan dan penuh gizi. Bagi yang tidak bisa makan daging bisa menggantinya dengan tempe yang jauh kandungan gizinya tidak kalah bagus dari daging.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Tempe dikenal bisa mengontrol kolesterol jahat dan menghindarkan tubuh dari beragam jenis penyakit lain yang berbahaya. Cara mengolahnya pun sangat mudah, bisa dijadikan lauk dan diolah menjadi satu dengan bahan sayuran lain. Yuk konsumsi tempe mulai sekarang, makanan sehat dan penuh gizi yang tidak boleh dilewatkan.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.